Brilio.net - Memasuki tahun baru 2020, kita kembali dihadapkan pada rutinitas kerja. Tentu saja, segala aktivitas tahun ini mesti lebih baik dibanding tahun lalu. Resolusi positif harus ditanamkan untuk mencapai target yang ingin kamu raih tahun ini.

Tapi tak jarang rutinitas lambat laun membawa titik jenuh. Nah kalau sudah begitu, nggak ada salahnya kamu mengagendakan untuk membuat rencana liburan sejak jauh hari. Sangat mungkin liburan bias menjadi solusi bagi kamu untuk mengatasi kejenuhan.

Ya nggak perlu libur hingga berhari-hari. Cukup 1-2 hari di sela rutinitas kerja. Sangat mungkin dilakukan saat weekend. Berikut lima rekomendasi liburan pasca tahun baru yang bisa kamu rencanakan.

1. Beraktivitas di pantai

Rekomendasi Liburan © 2020 brilio.netPantai di Pulau Lengkuas (light house) Belitung

Loading...

Liburan ke pantai mungkin terdengar sangat mainstream dan erat dengan aktivitas seperti berjalan-jalan di pasir pantai atau sekadar bermain ombak. Padahal saat ini banyak pantai yang terus dikembangkan menjadi area wisata hiburan yang menyenangkan.

Banyak aktivitas yang bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan kepenatan. Wahana hiburan pemacu adrenalin seperti banana boat, jet sky, hingga aktivitas menantang semacam berenang bersama ikan hiu juga sudah bisa kamu temukan di berbagai kawasan pantai wisata.

Selain itu, aktivitas menarik seperti snorkeling maupun diving juga sudah jamak ditemukan. Jika kamu penyuka olahraga, jangan lewatkan kesempatan untuk belajar surfing di pantai-pantai Indonesia. Kawasan pantai di Bali, Yogyakarta, Padang, maupun sekitar Pangandaran terkenal dengan ombaknya yang diburu para peselancar. 

2. Mendaki Gunung

Rekomendasi Liburan © 2020 brilio.netGunung Api Purba di Desa Nglanggeran, Yogyakarta

Mendaki gunung saat ini menjadi destinasi liburan yang cukup populer di kalangan anak muda maupun eksekutif muda. Kegiatan olahraga dan petualangan ini menjadi aktivitas liburan yang bisa membawa kamu melupakan sejenak rutinitas di kantor.

Jika tidak memiliki waktu atau pengalaman naik gunung sebelumnya, kamu bisa mencoba memilih gunung-gunung yang terkenal ramah untuk para pendaki pemula. Sebut saja Gunung Gede-Pangrango di Jawa Barat, Gunung Merbabu di Jawa Tengah, Gunung Agung di Bali, atau Gunung Api Purba Nglanggeran di Yogyakarta.

Gunung-gunung tersebut dapat didaki 2 hari pergi pulang. Jika ingin mendaki ke gunung yang jauh dari tempat tinggal, kamu bisa melihat lihat promo tiket pesawat 2020 untuk menekan biaya perjalanan. 

3. Camping

Rekomendasi Liburan © 2020 brilio.netSalah satu kawasan hutan tropis yang sering dijadikan lokasi camping

Salah satu detox tubuh yang paling ampuh adalah kembali ke alam. Ada banyak kawasan camping di Indonesia yang bisa menjadi rujukan untuk “pindah kehidupan” 1-2 hari saja. Di sekitar Jawa Tengah, Kawasan Pegunungan Dieng bisa menjadi rujukan untuk berkemah dengan kesejukan udaranya.

Area di seputar Danau Cebong yang ada di kaki Bukit Sikunir merupakan tempat favorit untuk mendirikan tenda. Kamu juga bisa terbang ke Palangkaraya untuk merasakan bermalam di area rehabilitasi Orang Utan, tepatnya di Bumi Perkemahan Nyaru. Kawasan Situ Gunung di Jawa Barat juga bisa dijadikan pilihan bertenda yang menyenangkan. 

4. Wisata Alam

Rekomendasi Liburan © 2020 brilio.netSalah satu spot arung jeram di Bali  

Jika kamu tidak memiliki waktu untuk menyiapkan berbagai peralatan, masih banyak cara untuk menikmati panorama alam. Salah satunya dengan berkunjung ke tempat-tempat wisata alam. Indonesia dianugerahi panorama yang luar biasa. Di setiap daerah dari Sabang hingga Merauke kamu bisa menemukan tempat-tempat wisata alam yang sangat menarik dan telah tertata sebagai objek wisata alam.

Selain menikmati keindahan panorama, kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas menarik seperti flying fox, paralayang seperti di kawasan Parangtritis Yogyakarta, panjat tebing di Tebing Parang Jawa Barat, Bungee Jumping di Kuta Bali, berpetualang di Pulau Komodo, atau sekadar menikmati panorama dan kearifan lokal di Raja Ampat Papua. 

5. Staycation

Rekomendasi Liburan © 2020 brilio.netHotel di Bali cocok untuk staycation

Bagi kamu yang tidak ingin hiburan yang aneh-aneh dan sederhana, staycation bisa jadi konsep liburan yang tepat. Liburan ini secara umum membawa anda “pindah tempat tinggal” untuk beberapa hari saja. Sederhananya, kamu tinggal memilih penginapan seperti hotel, villa, atau guest house untuk ditinggali selama waktu liburan.

Secara umum kamu juga akan melakukan hampir seluruh kegiatan liburan di penginapan. Kebanyakan tempat bermalam menyediakan berbagai fasilitas pendukung seperti kolam renang, gym, wifi, dan berbagai hal lain yang membuat kamu mungkin melakukan berbagai  aktivitas rekreasi di dalam kawasan penginapan. Konsep staycation ini termasuk jenis liburan yang hemat karena kamu tidak perlu pergi ke mana-mana namun mendapatkan suasana baru.

RECOMMENDED BY EDITOR