Brilio.net - Akhir tahun merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Biasanya, menjelang akhir tahun yang berbarengan dengan libur Natal dan Tahun Baru menjadi waktu yang pas untuk berlibur bersama teman ataupun keluarga. Tidak sedikit masyarakat yang sudah merencanakan berlibur di dalam maupun di luar negeri sejak jauh-jauh hari.

Namun, munculnya pandemi Covid-19 sejak awal tahun 2020 ini membuat perubahan tren berlibur. Dari yang awalnya masyarakat memilih untuk staycation, kini mereka sudah mulai berani berlibur dengan suasana alam terbuka.

Bagi kamu yang memiliki rencana untuk berlibur, banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi di dalam negeri. Salah satunya adalah Pulau Belitung. Di pulau ini, kamu akan menemukan banyak tempat wisata yang menarik.

Jelang akhir tahun, daerah yang dikenal karena film Laskar Pelangi ini akan menyambut wisatawan dengan berbagai destinasi menarik. Wakil Bupati Bangka Belitung, Isyak Meirobie mengatakan pihaknya optimis dengan meningkatnya kunjungan wisatawan saat libur Natal dan Tahun Baru.

"Per 1 Juli kita sudah melakukan simulasi. Dari simulasi itu kita sudah yakin bahwa wisatawan yang datang ke Belitung akan merasa aman dan nyaman," ujarnya saat ditemui Brilio.net dalam acara Press Tour Belitung 2020, Selasa (17/11).

Loading...

Lantas apa saja yah destinasi wisata di Belitung yang menarik untuk dikunjungi? Berikut ulasannya.

1. Pantai Batu Bedil

destinasi wisata di belitung © 2020 brilio.net

foto: Instgaram/@dulloh_48

Pantai Batu Bedil jadi salah satu destinasi menarik yang bisa wisatawan kunjungi saat berwisata ke Belitung. Pantai ini menjadi salah satu geosite dalam Geopark Belitung. Pantai ini memiliki keunikan yang cukup berbeda dari geosite lainnya karena saat angin kencang, pantai ini mengeluarkan bunyi seperti tembakan.

Selain melihat keunikan dari suara yang muncul dari pantai itu, wisatawan juga bisa menikmati keseruan bermain pantai di pantai pasir putih yang membentang luas. Pantai ini sendiri berada di Pantai Batu Bedil terletak di Desa Sungai Padang, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

2. Pulau Seliu

destinasi wisata di belitung © 2020 brilio.net

foto: Instgaram/@pulauseliu

Banyak hal menarik yang bisa kamu dapatkan saat berkunjung ke Pulau Seliu. Pulau yang berada di Selatan Pulau Belitung itu menyuguhkan pantai yang indah. Pulau ini memang tidak banyak orang yang tahu, tak heran bila pulau ini masih sangat bersih. Selain itu, kamu juga bisa menikmati sunset di Pulau Seliu yang begitu menawan.

Selain menikmati alamnya, kamu juga bisa melihat banyak hewan yang mendiami pulau ini seperti monyet. Kawanan monyet-monyet itu tinggal di sebuah hutan kecil di tengah pulau. Terkadang, mereka datang ke pantai. Kalau kamu tertarik untuk snorkling, tempat ini juga sangat tepat karena ombak di Pulau Seliu tidak terlalu kencang.

3. Pantai Teluk Gembira

destinasi wisata di belitung © 2020 brilio.net

foto: Instgaram/@terasbelitong

Pantai Teluk Gembira memiliki keindahan alam yang luar biasa. Wisatawan akan disuguhkan dengan pemadangan laut biru dengan hamparan pasir putih yang begitu indah. Terdapat batu-batu granit yang menjadi ciri khas pantai di Belitung.

Menariknya, pantai yang berada di sekitar teluk ini memiliki bentuk melengkung yang terdiri dari beberapa pohon cemara laut. Tentu itu yang menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung ke pantai ini. Pantai Teluk Gembira terletak di Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung. Dari Tanjung Pandan, dapat ditempuh dengan jarak sekitar 65 km dan bisa menghabiskan waktu sekitar 1.5 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

4. Pulau Lengkuas

destinasi wisata di belitung © 2020 brilio.net

foto: Dok. Pribadi/Syifa Fauziah

Kalau bicara soal Belitung, pasti sudah tidak asing dengan Pulau Lengkuas. Di Pulau Lengkuas kamu bisa melihat salah satu cagar budaya yakni mercusuar. Mercusuar ini dibangun pada abad ke-19 tahun 1862 yang merupakan petunjuk arah untuk memasuki perairan Pulau Belitung.

Staff Dinas Pariwisata Kepulauan Belitung, Alex Suryadi mengatakan mercusuar ini dijadikan sebagai ikon Kepulauan Belitung dan menajadi daya tarik wisatawan yang penasaran melihat indahnya Pulau Belitung dari atas mercusuar.

"Keberadaan turis meningkat secara signifikan sejak adanya Mercusuar ini," ucapnya.

Selain mercusuar, di Pulau Lengkuas kamu juga bisa berfoto di batu-batu granit besar yang menjadi ciri khas Pulau Belitung.

5. Danau Open Pit

destinasi wisata di belitung © 2020 brilio.net

foto: Instgaram/@dirumahaja_id

Di Kepulauan Belitung memang terkenal dengan kawasan galian tambang timah. Beberapa danau bekas galian yang berupa kawah itu memiliki warna yang menarik sehingga kerap dijadikan destinasi wisata. Salah satunya adalah Danau Open Pit ini.

Danau ini merupakan salah satu kawasan bekas galian tambang timah di daerah Belitung Timur yang memiliki kawah besar berwarna hijau dan gua bekas penambangan. Danau Open Pit juga masuk dalam bagian Geopark Belitung. Alex mengatakan ini merupakan salah satu kawasan objek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

"Keunikannya karena kolam timahnya terdiri dari beberapa susun. Jadi buat spot foto sangat bagus sekali," pungkasnya.

RECOMMENDED BY EDITOR