Brilio.net - Akhir tahun menjadi waktu yang tepat untuk menikmati kebersamaan bersama keluarga. Biasanya hal yang umum dilakukan masyarakat saat berlibur adalah dengan mengunjungi destinasi wisata menarik.

Sayangnya tahun ini masyarakat masih enggan untuk pergi berlibur jauh, karena pandemi Covid-19 yang belum juga mereda. Oleh sebab itu, berlibur di dalam kota bisa jadi alternatif untuk mengisi libur akhir tahun.

Bagi kamu warga Jakarta, tak perlu bingung untuk menikmati liburan. Ada banyak destinasi menarik salah satunya adalah dengan berwisata religi.

Berikut destinasi wisata religi yang bisa jadi pilihan untuk menghabiskan libur akhir tahun seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (12/12). 

1. Masjid Istiqlal

Loading...

wisata religi di Jakarta © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@masjidistiqlal.official

Salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara ini memang sejak lama dijadikan sebagai destinasi wisata religi. Wisatawan yang datang bisa berkeliling ke area masjid dengan melihat arsitektur dan juga sejarah dari masjid ini.

Masjid Istiqlal memiliki potensi menjadi wisata religi tingkat global. Guru besar UIN Syarif Hidayatullah bahwa pada 2021 mendatang, Istiqlal akan memperkenalkan konsep New Istiqlal 2021.

"Saya memiliki visi agar Masjid Istiqlal bertransformasi menjadi kiblat Islam moderat masa depan, oleh karena itu perlu mengenal pentingnya pemahaman dunia digital agar makin dikenal secara global sebagai ikon wisata religi, kaum milenial harus cinta Masjid Istiqlal," ujarnya dalam Webinar, kemarin.

Sementara itu, Asdep Pengembangan SDM Pariwisata dan Hubungan Antarlembaga Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Rinto Taufik Simbolon, mengatakan langkah Masjid Istiqlal untuk lebih memanfaatkan media online dan media sosial sebagai sarana promosi wisata religi adalah hal tepat.

"Potensi promosi wisata adalah millennial travelers dan diaspora Indonesia di luar negeri. Oleh karena itu sarana memperkenalkan kepada milenial dan diaspora adalah dengan memanfaatkan promosi digital," ucapnya.

2. Gereja Katedral

wisata religi di Jakarta © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@gregorius.aditya.pn

Setelah puas berkeliling di Masjid Istiqlal, kamu bisa bergeser ke Gereja Katedral yang berada di seberang Masjid Istiqlal. Memiliki bangunan dengan gaya neo-gotik Eropa membuat bangunan ini menarik untuk dikunjungi. Selain itu juga sejarahnya menarik untuk dibahas. 

3. Masjid Lautze

wisata religi di Jakarta © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@dedy4954

Masjid yang beberapa tahun lalu sempat viral karena memiliki bangunan yang unik. Masjid yang berada di Jalan Lautze, Karanganyar, Sawah Besar, Jakarta Pusat ini memiliki bangunan yang berbeda dengan masjid pada umumnya.

Masjid Lautze berada di sebuah bangunan ruko berlantai empat. Selain itu, masjid ini didesain seperti klenteng dengan ornamen yang masih khas sejak berdirinya masjid ini yakni sejak awal tahun 1990-an.

4. Kelenteng Sin Tek Bi

wisata religi di Jakarta © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@andreas_hie

Kelenteng Sin Tek Bio atau Klenteng Kwan Im Bio berada di tengah Pasar Baru. Kelenteng ini menjadi satu-satunya klenteng tertua di kawasan itu. Di tempat ini pengunjung akan menemukan banyak sekali simbol dan patung Sun Go kong dan Dewi Kwan Im, lilin-lilin berukuran besar yang terus menyala menghangatkan suasana dalam kelenteng.

5. Sikh Temple

wisata religi di Jakarta © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@_andreasnova

Sikh Temple atau Kuil Sikh merupakan tempat ibadah beraliran ‘Sikh’ yang berkembang pesat di India Utara. Uniknya, setiap hari kuil ini menyediakan makanan gratis untuk umum. Pengunjung bisa mencicipi makanan khas India dan teh tarik secara cuma-cuma jika datang di pagi hari.

Syarat untuk memasuki kuil ini, pengunjung wajib menggunakan penutup kepala. Pihak kuil pun menyediakan penutup kepala bagi yang tidak membawanya.

RECOMMENDED BY EDITOR