Brilio.net - Kota Semarang dikenal dengan kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya, Medan, dan Bandung. Selain kota metropolitan, Semarang juga mempunyai banyak pabrik sehingga cuacanya terkesan panas. Namun di balik semua itu, Semarang ternyata memiliki banyak wisata menarik untuk dikunjungi ketika liburan. Mulai dari bangunan, alam, hingga wisata yang bisa dibilang hampir sama dengan wisata terkenal di Amerika, yaitu Grand Canyon.

Bagi kamu yang mungkin sengaja berlibur lama ke Semarang, nggak ada salahnya mencoba 45 objek wisata ini setelah bersilaturahmi dengan keluarga. Dijamin deh, objek wisata ini hits, keren, dan menjadi tujuan wisata kebanyakan orang.

Di mana saja tempat wisata semarang yang hits itu? Yuk, langsung simak rangkumannya di bawah ini, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber.

1. Wisata Lembah Kalipancur.

foto tempat wisata semarang edit instagram --foto: Instagram/@baren_s

Loading...

Wisata ini termasuk dalam kawasan desa wisata dan menjadi salah satu wisata hits dan populer di Semarang. Suasananya di sore hari sangat romantis dan cocok bagi kamu yang lagi kasmaran. Cocok juga dijadikan wisata edukasi dengan atmosfer pedesaan. Selain itu di tempat ini juga terdapat berbagai fasilitas seperti kolam renang, kandang rusa, sepeda air dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa memancing dan langsung menikmati masakan ikan tawar. Wisata ini terletak di Jl Raya Kalipancur, Manyaran, Ngaliyan, Kalipancur, Ngaliyan.

2. Jembatan Harapan.

foto tempat wisata semarang edit instagram

foto: Instragram/@wisatasemarang 

Objek wisata unggulan di Puri Maerokoco atau yang sering disebut Taman Mini Jawa Tengah Indah ini bisa dikunjungi setiap hari dari pagi hingga sore hari. Atau kamu bisa juga menghabiskan akhir pekanmu di atas jembatan dengan 2 gazebo yang hits ini dengan saudara maupun rekanmu dengan menikmati berbagai menu hidangan unggulan yang harganya pas di kantong. Tak hanya itu, di sini juga menjadi spot foto yang menarik dengan antusias dari para wisatawan yang datang.

3. Hutan Pinus Kragilan Magelang.

foto tempat wisata semarang edit instagram

foto: Instagram/@explorejatengjogja 

Objek wisata yang satu ini berada di sekitar Semarang tepatnya di Pogalan, Pakis, Jawa Tengah. Dijamin di tempat ini udaranya segar dan pemandangannya mengasyikkan. Buka setiap hari dari pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB, di sini juga tersedia fasilitas kereta gantung dan suasana payung warna-warni yang indah di atas kepala yang di ikat di pohon yang bisa dijadikan sebagai spot foto yang keren.

4. Waduk Pendidikan Diponegoro.

foto tempat wisata semarang edit instagram -foto: Instagram/@adityayugo 

Nah, kalau ini letaknya nggak jauh dari Stadion Universitas Diponegoro. Waduk yang cukup populer di Semarang ini dilengkapi dengan gardu pandang. Tempat ini bisa dijadikan salah satu tempat wisata dan menjadi tempat edukasi yang penting untuk penelitian.

5. Waduk Jatibarang.

foto tempat wisata semarang edit instagram

foto: Instagram/@waduk_jatibarang 

Tempat ini juga nggak kalah eksotis. Cocok buat foto rame-rame sama keluarga atau sahabat-sahabatmu. Waduk yang selesai dibangun tahun 2014 ini menjadi salah satu waduk yang hits di kalangan wisatawan lokal. Ketika kamu sudah sampai di waduk ini jangan langsung pulang, karena masih banyak wisata lainnya yang tidak kalah keren di sekitar waduk ini.

6. Hutan Wisata Pengaron.

foto tempat wisata semarang edit instagram

foto: Instagram/@sucksides

Wisata alam ini menggaransi kamu langsung terbuai embusan angin dan nyanyian alam. Terletak di Desa Susukan, Susukan, Ungaran Timur, Siroto, Susukan, di hutan wisata ini kamu juga bisa melakukan outbond, olahraga, mau pun latihan SAR dan Pramuka. Di akhir pekan pun kamu akan banyak menemukan banyak tenda yang terpasang di sepanjang jalan hutan.

7. Mangrove EduPark Pantai Maron.

foto tempat wisata semarang edit instagram

foto: Instagram/@photosemarang

Semarang memiliki hutan mangrove yang cocok untuk menjadi wisata kamu bersama keluarga. Bisa jadi spot foto yang keren dan tentunya Instagramable. Kamu bisa berjalan di jembatan bambu yang sudah disediakan, bisa juga naik ke spot gazebo tinggi untuk melihat secara keseluruhan wisata yang satu ini. Selain menjadi tempat wisata, memang mangrove ini berfungsi mencegah abrasi.

8. Pantai Baruna.

foto tempat wisata semarang edit instagram

foto: Instagram/@oichaaaakk 

Cocok untuk menjadi destinasi bagi kamu yang suka angin laut. Pantai ini merangkum suasana alam yang indah dengan desiran angin yang sejuk. Hanya dengan Rp 3 ribu saja kamu sudah bisa menikmati indahnya Pantai Baruna. Terdapat hamparan padang ilalang, rerumputan dan pepohonan yang bisa kamu jadikan spot foto. 

9. Kolam Renang Tirto Argo Siwarak.

tempat wisata semarang1 instagram

foto: Instagram/@met_mamed

Wisata kolam renang yang satu ini termasuk keren dan hits karena dikelilingi dengan sumber mata air. Dibangun sejak tahun 1968, di kolam renang ini juga terdapat banyak fasilitas permainan seru dan menyenangkan. Sangat cocok untuk liburan bersama keluarga terutama dengan adik kecilmu.

10. Kawasan Wisata Umbul Sidomukti.

foto tempat wisata semarang edit instagram

foto: Instagram/@/umbul.sidomukti

Nah, ini salah satu wisata alam yang patut kamu datangi ketika berlibur ke Semarang. Merupakan salah satu wisata alam pegunungan, di kawasan ini terdapat kolam yang jernih. Di sini kamu juga bisa mencoba wahana yang menantang adrenalinmu berjalan di ketinggian, yakni spot outbond.

11. Lawang Sewu.

tempat wisata semarang1 instagram

foto: merdeka.com

Lawang Sewu merupakan salah satu landmark terpopuler di Semarang. Dinamakan Lawang Sewu karena bangunan ini dulunya adalah bekas kantor administrasi NIS (Nederlandsch–Indische Spoorweg), sebuah perusahaan kereta api swasta pada masa Hindia Belanda dan unik karena memiliki pintu yang sangat banyak. Selain fungsi vital Lawang Sewu sebagai sebuah kantor administrasi, terdapat beberapa ruangan yang memiliki fungsi khusus. Penjara bawah tanah dan ruang penyiksaan pernah menjadi saksi bisu kekejaman penjajah Belanda sebelum Indonesia mengikrarkan kemerdekaan.

Karena bangunannya yang kuno nan megah, ditambah adanya ruangan-ruangan tambahan seperti di atas, tak jarang masyarakat menganggap Lawang Sewu penuh dengan kesan mistis. Namun demikian, pengunjung dari dalam maupun luar Semarang seperti tak pernah ada habisnya datang mengunjungi tempat bersejarah ini di berbagai kesempatan.

12. Museum Kereta Ambarawa.

tempat wisata semarang1 instagram

foto: wikipedia.org

Masih bertemakan kereta api, Museum Kereta Api Ambarawa merupakan salah satu destinasi wisata edukasi dan sejarah di Semarang. Dulunya, stasiun ini merupakan tempat singgah dari kereta uap yang mengangkut para tentara Belanda ke Semarang. Sejak 8 April 1976, tempat ini beralih fungsi menjadi sebuah museum dengan koleksi awal 21 lokomotif.

Saat ini, pengunjung dapat melakukan perjalanan menggunakan kereta uap kuno berusia ratusan tahun atau kereta diesel yang sedikit lebih modern. Terdapat dua rute perjalanan yang dapat kamu pilih, yang pertama rute Ambarawa menuju Tuntang menyajikan pemandangan gunung dan juga Rawa Pening. Sementara rute kedua yang melintasi Ambarawa dan Bedono bakal menyajikan lintasan berbukit dengan latar gunung Ungaran dan Merbabu.

13. Kelenteng Sam Poo Kong.

tempat wisata semarang1 instagram

foto: liputan6.com

Bergeser dari bangunan khas kolonial Belanda, destinasi berikutnya merupakan bukti peninggalan dan perkembangan budaya Tiongkok di Indonesia.  Lokasi Kelenteng Sam Poo Kong berdiri dipercaya sebagai tempat singgah pertama dari Laksamana Tiongkok muslim bernama Laksanama Cheng Ho. Dibangun pada tahun 1724, bangunan kelenteng ini bertujuan sebagai tempat pemujaan terhadap sang Laksamana yang dianggap oleh para keturunan Tiongkok sebagai leluhur asli mereka.

Kompleks bangunan seluas 3,7 hektar ini didominasi warna merah dengan sejumlah lampion bergantungan di beberapa sisi kelenteng. Meski memiliki fungsi sebagai tempat peribadatan, Kelenteng Sam Poo Kong selalu menyambut para tamu yang ingin tahu sejarah kaum peranakan. Kamu pun dapat berburu gambar di seputar kelenteng atau mencoba pakaian khas Tiongkok yang disewakan di sana. Tentunya dengan tetap menjaga kesopanan, mengingat fungsi utama kelenteng sebagai tempat ibadah.

14. Kota Lama.

tempat wisata semarang1 instagram

foto: Instagram/@ervin.wicka

Nggak cuma Jakarta saja lho, yang memiliki kawasan Kota Lama. Di Semarang juga ada kawasan Kota Lama yang menyajikan megahnya bangunan-bangunan lama khas Belanda. Bagi kamu yang sempat nonton film Ayat-ayat Cinta, kawasan Kota Lama ini juga tak ketinggalan dijadikan sebagai salah satu tempat syutingnya. Nah, di kawasan ini pun kamu bebas selfie dan hunting foto bersama sahabat-sahabatmu. Asyik, kan?

15. Taman Srigunting.

tempat wisata semarang1 instagram

foto: kharisrosyiddin.files.wordpress.com -

Masih di kawasan kota lama Semarang, Taman Srigunting dulunya sebuah panggung parade yang biasa dijadikan sebagai tempat pertunjukan. Namun sekarang beralih fungsi menjadi sebuah ruang terbuka. Kamu bisa duduk-duduk di sana sambil beristirahat setelah berkeliling Kota Lama.

16. Vihara Buddhagaya Watugong.

tempat wisata semarang1 instagram

foto: roeman-art.blogspot.co.id

Di Vihara Buddhagaya Watugong terdapat dua bangunan utama yang paling terkenal, yaitu Pagoda Avalokitesvara dan Vihara Dhammasala. Vihara Buddhagaya Watugong terletak di jalan raya Pudak Payung Watugong.

17. Kompleks Pecinan.

tempat wisata semarang1 instagram

foto: hellosemarang.com

Kompleks Pecinan atau warga lokal menyebutnya kawasan Gang Baru ini menyajikan pemandangan dan suasana khas Tionghoa di tengah Kota Semarang. Selain suasana khas seperti di China, di Kompleks Pecinan ini kamu juga bisa melihat beberapa klenteng tua. Masing-masing klenteng memiliki nilai historisnya sendiri. Selain berwisata, kamu juga bisa belajar sejarah dan beribadah jika kamu umat Konghucu.

18. Gereja Blenduk.

tempat wisata semarang1 instagram

foto: Instagram/@abdi.limam

Gereja ini juga menjadi landmark di Kota Lama karena memiliki gaya bangunan Neo-Klasik yang begitu unik. Gereja Blenduk atau Gereja Protestan Indonesia Barat Immanuel ini merupakan gereja Kristen tertua di Jawa Tengah yang dibangun oleh orang Belanda yang tinggal di Semarang pada tahun 1753. Kamu boleh berfoto dengan latar gereja nan megah ini, namun wisatawan tidak diperkenankan masuk ke dalamnya.

19. Kawasan Simpang Lima.

tempat wisata semarang1 instagram

foto: Instagram/@tomycodet

Salah satu landmark Kota Semarang adalah kawasan Simpang Lima. Lapangan ini memang terletak di jantung kota. Disebut Simpang Lima karena berada di tengah-tengah persimpangan Jalan Pandanaran, Jalan Gajah Mada, Jalan Ahmad Yani, Jalan Ahmad Dahlan, dan Jalan Pahlawan.

20. Tugu Muda.

tempat wisata semarang1 instagram

foto: Instagram/@exploresemarang

Nah, kalau Tugu Muda adalah tempat nongkrongnya anak muda mau pun keluarga masyarakat Semarang. Kawasan ini juga menjadi salah satu ikon Kota Semarang yang bisa menjadi destinasi wisatamu. Tugu Muda tepat berapa di depan Lawang Sewu, kamu bisa berfoto sepuasnya di sini. Tapi ingat, jangan sampai mengganggu lalu lintas ya, Sobat Brilio!

21. Jalan Pahlawan.

tempat wisata semarang1 instagram

foto: Instagram/@ist_lty

Kamu bisa menghabiskan malam atau pun sekadar mencari makan sambil berinteraksi dengan warga Semarang di sepanjang Jalan Pahlawan ini. Jalan Pahlawan memang selalu ramai oleh para wisatawan maupun masyarakat Semarang setiap malam. Aneka jajanan kaki lima seperti wedang ronde, jagung bakar, maupun lesehan ada di kawasan ini.

22. Taman Tabanas.

tempat wisata semarang1 instagram

foto: Instagram/@tiketiana

Jika kamu ingin mencari sensasi menikmati Semarang dari atas, pergilah ke Taman Tabanas di malam hari. Taman Tabanas adalah bukit bintangnya Semarang. Dari spot itu kamu bisa menikmati kerlap-kerlip lampu Kota Semarang yang sangat terlihat memesona.

23. Pelabuhan Tanjung Mas.

tempat wisata semarang1 instagram

foto: Instagram/@habibiahmade

Pelabuhan Tanjung Mas ini berada tidak jauh dari pusat kota dan hanya butuh setengah jam saja untuk sampai sana dari kawasan Tugu Muda. Di pelabuhan ini kamu bisa menikmati suasana pantai gratis ditambah dengan pemandangan kapal-kapal besar yang sedang berlabuh.

24. Kampung Pelangi.

tempat wisata semarang1 instagram

foto: Instagram/@putriismaulidia

Dulunya tempat ini merupakan salah satu kampung kumuh yang tak tertata di Kota Semarang. Kawasan yang terletak di Kelurahan Randusari ini dulu bernama Kampung Gunung Brintik, dengan rumah-rumah yang kurang lebih berjumlah 325. Namun kini, kampung tersebut telah merubah segalanya. Mulai dari nama, rupa, dan juga pesonanya. Kampung Pelangi namanya, kampung unik nan asri yang kini dipenuhi dengan warna-warni.

Kampung Pelangi Semarang memang bukanlah kampung pertama yang berkonsep penuh warna, karena sebelumnya lebih dulu ada di Malang, Balikpapan, dan Yogyakarta. Meski demikian, tempat seperti ini merupakan kawasan yang baru di Kota Semarang, sehingga menarik para wisatawan untuk berkunjung. Kampung yang penuh warna, sehingga membuat para wisatawan dengan mudah untuk mencari spot foto yang Instagramable.

25. Kampung Tematik (Jawi).

tempat wisata semarang1 instagram

foto: Instagram/@kampungjawi

Di zaman yang terus berkembang seperti sekarang ini, membuat tradisi-tradisi leluhur kita lambat laun mulai lenyap. Tradisi dan budaya Jawa pun turut terkikis dalam kehidupan yang serba teknologi ini. Nah, atas dasar tersebut, kawasan yang berada Kelurahan Sukorejo Semarang ini mempertahankan budaya Jawa.

Masyarakat setempat dengan konsisten merawat budaya Jawa, mulai dari Bahasa Jawa, kesenian, musik, tari-tarian, hingga gending Jawa. Kawasan yang bernama Kampung Jawi ini menjadi salah satu kampung unik yang tumbuh di tengah sibuknya Metropolitan Semarang.

Saat menjelajahi Kampung Jawi, pengunjung akan disuguhkan dengan iringan musik khas gamelan, tek-tek, karawitan, dan jathilan yang bersumber dari sanggar-sanggar yang berada di Kampung Jawi. Selain itu, terdapat lukisan-lukisan mural bertemakan kebudayaan Jawa yang menghiasi dinding-dinding di sepanjang kampungan, yang tentunya Instagramable buat Sobat Brilio untuk berfoto ria.

26. Kampung Batik.

tempat wisata semarang2 instagram

foto: Instagram/@tiaranrj

Semarang merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki ragam budaya dan sejarah panjang. Namun nyatanya sebagian generasi zaman now kurang paham dengan history dari Semarang ini.

Tapi tenang, sekarang kamu bisa mulai mempelajari beberapa sejarah Semarang di Kampung Batik yang berada di Kelurahan Rejomulyo. Di kawasan tersebut, terdapat lukisan mural sepanjang 46 meter yang menceritakan sejarah berdirinya Kota Semarang.

Selain bisa belajar sejarah, kamu juga bisa berbelanja barang-barang bertemakan batik. Mulai dari kain, baju, tas, sepatu, hingga aksesori motif batik Semarang. Namanya juga Kampung Batik, pasti jadi surganya batik!

27. Old City 3D Trick Art Museum.

tempat wisata semarang2 instagram

foto: Instagram/@pipiueo

Di salah satu sudut Semarang, tepatnya Kota Lama, terdapat destinasi wisata baru yang kekinian banget. Tempat tersebut adalah Old City 3D Trick Art Museum. Ruangan di dalam bangunan ini, terdapat 108 foto gambar tiga dimensi (3D) yang bisa menjadi background foto yang unik dan tentunya Instagramable banget.

Gambar-gambarnya pun terdiri dari berbagai tema, mulai dari icon dunia, kartun, film hingga tema Wisata Semarangan. Koleksi foto tiga dimensi di Old City 3D Trick Art Museum tersebut akan diganti tiap 2-3 bulan sekali. Jadi pastinya nggak akan membuat pengunjung bosan untuk kembali berkunjung. Adanya Old City 3D Trick Art Museum ini tentunya membuat Semarang semakin beragam akan destinasi wisatanya.

28. Contemporary Art Gallery.

tempat wisata semarang2 instagram

foto: Instagram/@semarang_gallery

Sebelumnya, tempat ini merupakan bangunan tua yang tak terawat di kawasan Kota Lama Semarang. Hingga kemudian pada tahun 2007, seorang kolektor seni bernama Chris Dharmawan melakukan pemugaran dan resmi memperkenalkannya dengan nama Contemporary Art Gallery atau Semarang Gallery.

Di tempat ini, kamu bisa berwisata sekaligus melihat galeri-galeri yang syarat akan nilai seni. Menurut sang pemilik, tujuan didirikannya Contemporary Art Gallery ini adalah untuk menjadi media yang memperkenalkan karya-karya perupa kontemporer Asia, khususnya perupa-perupa Indonesia.

29. Taman KB.

tempat wisata semarang2 instagram

foto: Instagram/@wisatasemarang

Taman ini dibangun untuk menambah keasrian dan kesejukan sebagai paru-paru kota Semarang. Sesuai nama daerahnya Jl Menteri Supeno, taman ini dahulunya diberi nama Taman Menteri Supeno. Kamu bisa menjadikan taman ini sebagai salah satu alternatif untuk melepaskan penat dan rasa lelahmu.

Sesuai dengan namanya yang sekarang, di taman ini terdapat patung seorang Ibu dan dua anaknya yang melambangkan keluarga berencana. Selain menjadi salah satu maskot unggulan kota Semarang, di sini kamu juga bisa menemukan tempat bermain, lampu taman yang indah ketika malam hari, dan juga lahan untuk berolahraga.

30. Mangrove Tapak.

tempat wisata semarang2 instagram

foto: Instagram/@destirmnd

Terletak di Tugurejo, Tugu, Semarang, Mangrove Tapak adalah hutan bakau yang tumbuh di lahan rawa. Wisata ini menjadi salah satu surga yang tersembunyi di Semarang, di mana Semarang menjadi salah satu kota metropolitan ke-5 di Indonesia.

31. Water Blaster.

tempat wisata semarang2 instagram

foto: Instagram/@waterblasterid

Water Blaster adalah salah satu waterpark yang harus kamu kunjungi ketika berada di Semarang. Di sini terdapat lebih dari 20 wahana air yang bisa membuatmu bisa melepas penat dan seru-seruan bersama keluarga maupun sahabat. Terdapat di Tegalkangkung, Tembalang, wahana air ini buka setiap hari selain hari Senin. Hari Selasa sampai Sabtu buka pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.30 WIB, dan khusus hari Minggu buka dari pukul 07.00 sampai 17.30 WIB. Kamu pun hanya perlu merogoh uang Rp 60 ribu untuk hari Selasa hingga Jumat, dan Rp 80 ribu untuk Sabtu dan Minggu. Selain berenang dan bermain air, kamu pun juga bisa menikmati berbagai menu pilihan yang sudah tersaji di Food Court utama di dalam area Water Blaster.

32. Goa Kreo.

tempat wisata semarang2 instagram

foto: Instagram/@puput_1504

Wisata yang satu ini terletak di  Jl Raya Goa Kreo, Kandri, Gn Pati, Semarang. Goa ini terbentuk dari alam yang terletak di tengah Waduk Jatibarang yang membendung Kali Kreo. Kamu bisa melihat patung kera dekat dengan jembatan, karena tempat ini dipercaya kera sebagi penunggunya. Jadi kamu juga jangan kaget ketika di perjalanan menemui kera-kera asli. Selain terdapat jembatan yang tentunya kamu bisa jadikan menjadi salah satu spot foto yang keren, di sini kamu juga bisa sekaligus menikmati air terjun, goa, panggung hiburan, rumah makan khas Semarang, dan beristirahat di Gazebo. Jalan menuju goa terdapat anak tangga yang sangat tinggi. Selain itu kamu juga bisa berfoto di balon udara.

33. Pantai Marina.

tempat wisata semarang2 instagram

foto: Instagram/@liburansemarang

Salah satu wisata alam yang ada di Semarang ini menyuguhkan pantai terdapat di Jalan Yos Sudarso. Pantai ini dibuka untuk umum dan kamu bisa berlibur di tempat ini hanya dengan Rp 5 ribu saja. Selain bisa bermain air, kamu juga memancing dan bisa berkeliling dengan perahu kalau ingin melihat sekitar. Pada hari libur, banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai ini.

34. Brown Canyon.

tempat wisata semarang2 instagram

foto: Instagram/@vikricsr

Kamu sering mendengar wisata indah Grand Canyon yang terletak di Amerika? Sekarang kamu tidak usah jauh-jauh menuju Amerika, pasalnya Indonesia juga memiliki wisata alam yang tidak kalah indah dan hitsnya dengan Grand Canyon. Sebuah bukit yang terletak di Rowosari, Tembalang, bekas penambangan di Semarang menjadikan bukit-bukit yang menjulang tinggi dengan tumbuhan hijau di atasnya membuat tempat ini dijuluki Brown Canyon. Tidak sedikit pula pengunjung yang sengaja datang ke sini untuk berwisata, ditambah berbagai fotografer yang sengaja datang untuk mengambil foto keindahan alam buatan Semarang Brown Canyon ini.  

35. Museum Rekor Indonesia.

tempat wisata semarang2 instagram

foto: wikipedia.org

Setelah berwisata ke pantai dan wisata alam lainnya, jangan lupa untuk mampir wisata ke museum ini. Kamu bisa menemukan Museum Rekor Indonesia (MURI) di Jalan Perintis Kemerdekaan 275, Srondol. Kamu bisa melihat berbagai koleksi dan dokumentasi yang pernah memecahkan rekor MURI di museum ini. Museum ini berdiri tahun 1990 dan sudah mencatat lebih dari 1.200 rekor.

36. Kebun Durian dan Wisata Edukasi Watu Simbar.

tempat wisata semarang2 instagram

foto: Instagram/@trisia1122

Nah, kali ini buat kamu yang suka dengan buah lezat dan identik dengan baunya yang sangat khas, apalagi kalau bukan durian. Kamu jangan ragu berkunjung di Kebun Durian yang terletak di Kelurahan Pakintelan, Gunungpati ini. Selain bisa berlibur dan berwisata, di sini juga menyuguhkan edukasi mengenai berbagai tanaman dan buah yang langsung berhadapan dengan alam. Tidak perlu cemas, kamu bisa menikmati lebih dari 50 jenis durian langsung dari pohonnya. Tentu memiliki sensasi tersendiri dan mantap sekali bukan? Apalagi ditambah dengan suasana alam yang sejuk dan rindang bisa menyegarkan kembali pikiranmu kembali dari segala penat yang ada.

37. Gunung Telomoyo.

tempat wisata semarang2 instagram

foto: Instagram/@exploregunung_

Keindahan gunung selalu menyuguhkan tempat wisata alam yang menarik untuk dinikmati. Selain rute perjalanan yang mengasyikkan, ketika sudah sampai ke lokasi kamu juga akan merasa puas dengan pemandangan yang ada. Salah satunya di puncak Gunung Telomoyo, kamu bisa mencapai puncaknya dengan sepeda motor dan mobil hanya dengan waktu kurang lebih 30 menit dari pintu pos. Tidak perlu takut, jalannya sudah beraspal dan mudah untuk dilalui. Di puncak terdapat stasiun pemancar, antena dan juga tower yang masih beroperasi hingga saat ini. Tapi ingat ya guys, sebelum kamu berjalan menuju puncak Telomoyo pastikan dulu bensin kamu jangan sampai kehabisan karena akan sulit menemukan penjual bensin eceran di sepanjang jalan menuju puncak Gunung Telomoyo ini.

38. Bukit Gombel.

tempat wisata semarang2 instagram

foto: Instagram/@galih.pujianto

Selain gunung, Semarang juga memiliki wisata hits dataran tinggi. Bukit yang terletak di Ngesrep, Banyumanik ini unik, sebab tidak ada yang pernah tahu mengenai asal-usul nama 'Gombel' itu sendiri. Namun ketika kamu berkunjung ke bukit ini di malam hari, kamu bisa melihat pemandangan lampu kota yang sangat indah dan tentunya juga menjadi momen suasana romantis.

39. Setiya Aji Flower Farm.

tempat wisata semarang2 instagram

foto: Instagram/@setiya_aji_flower_farm

Nah, tempat wisata ini cocok untuk kamu yang suka foto bersama cantiknya bunga-bunga yang tentunya bakal membuat fotomu menjadi lebih Instagramable. Setiya Aji Flower Farm ini terletak di Jalan Kendalisodo, Bandungan, Piyato. Kamu lebih baik datang ke sini ketika pagi hari agar udaranya masih segar dan jangan lupa mengajak pasangan atau kerabat lainnya. Berbagai bunga yang cantik menjadi tempat yang pas untuk berfoto prewedding ataupun cocok untuk kamu kunjungi saat momen bulan madu. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang Rp 7.500 dan tempat ini buka setiap hari dari pukul 07.00 WIB hingga 18.00 WIB. Tapi ingat ya guys, sebagai pengunjung yang sopan, jangan sampai ketika kamu keasyikan berfoto justru malah merusak bunga.

40. Umbul Songo Kopeng.

tempat wisata semarang2 instagram

foto: Instagram/@hanawyh

Di sini kamu bisa menikmati wisata air terjun. Suasana yang sejuk ditambah dengan terkena percikan air dijamin bisa melepas penatmu setelah banyak melakukan aktivitas. Kamu akan disuguhkan pemandangan yang hijau pohon pinus dan ketenangan alam. Wisata alam ini tepatnya terletak di Dukuh, Kopeng, Getasan.

41. Masjid Agung.

tempat wisata semarang2 instagram

foto: Instagram/@ra_ira_ra

Masjid yang terletak di Jl Gajah Raya, Sambirejo, Gayamsari memiliki keindahan yang luar biasa. Selain tempatnya yang indah, menjadikan Masjid Agung ini menjadi objek wisata religi, sebab masih aktif digunakan untuk kegiatan keagamaan. Masjid ini memiliki keindahan yang hampir mirip dengan Masjidil Haram, Mekkah. Dengan perpaduan arsitektur antara Jawa, Roma dan Arab, masjid ini memiliki 6 payung yang bisa membuka dan menutup sendiri. Payung akan dibuka khususnya ketika waktu Salat Jumat berlangsung. Selain itu terdapat menara yang bertuliskan lafaz Asmaul Husna.

42. Watu Gunung.

tempat wisata semarang2 instagram

foto: Instagram/@dika.ermwn

Watu Gunung ini menjadi salah satu wisata alam yang keren dan hits untuk bermain air sekaligus berenang. Wisata ini terletak di lereng Gunung Ungaran, tepatnya di Lerep Satu, Lerep. Mengusung konsep kolam renang dengan batu-batu yang berjejer rapi, di sekeliling tempat ini berderet gazebo yang bisa kamu pakai untuk bercengkerama dengan teman maupun kerabatmu.

43. Pantai Tirang.

tempat wisata semarang2 instagram

foto: Instagram/@hendrarprihadi

Pantai dengan pasir putih ini bisa kamu kunjungi hanya dengan Rp 2 ribu saja. Cukup murah bukan, untuk bisa menikmati pemandangan alam yang alami? Buka setiap hari 24 jam, Pantai Tirang  ini terletak di Tambakrejo, Kecamatan Tugu. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menikmati suasana sunset yang indah di pantai ini.

44. Air Terjun Semirang.

tempat wisata semarang2 instagram

foto: Instagram/@fatchulnisa

Wisata air terjun ini terletak cukup tersembunyi di tengah hutan. Kamu bisa mencapai ke wisata Air Terjun Semirang ini dengan mudah, tetapi membutuhkan stamina yang fit karena lokasinya yang berada di lereng pegunungan yang mengharuskan kamu untuk berjalan kaki sampai lokasi air terjun. Tapi tidak perlu cemas, kamu akan puas dan lelahmu akan segera terobati setelah melihat indahnya air terjun yang terletak di Dusun Gintungan, Desa Gogik, Kecamatan Ungaran Barat ini.

45. Desa Wisata Kandri.

tempat wisata semarang2 instagram

foto: Instagram/@wisatasemarang

Desa ini memiliki keindahan alam dan keaslian budayanya, seperti kesenian wayang kulit, wayang suket, ketoprak, jathilan, dan kesenian lesung. Selain itu kamu juga bisa melihatt Kirab Sesaji Rewanda setiap tahunnya. Desa ini memang mengembangkan potensi sumber daya manusia digabungkan dengan alam. Kamu bisa berlibur dengan berfoto di berbagai spot persawahan dan terdapat spot gubuk uwit juga.  

RECOMMENDED BY EDITOR