Brilio.net - Packing dengan benar memang terlihat susah, tapi sangat sepadan dan akan berpengaruh terhadap perjalananmu. Cara packing yang minimalis akan mempermudahmu untuk bergerak, dan membuatmu lebih nyaman. Kamu juga akan menghemat banyak uang untuk ekstra bagasi saat check in pesawat di bandara.

Dengan packing dengan baik dan benar, kamu juga akan belajar bagaimana mengatur hidupmu. Tidak hanya berhenti di bagaimana cara kamu packing, namun kamu juga belajar untuk banyak hal seperti, pengaturan waktu, eksekusi yang tepat, dan lain-lain. Tapi, kebanyakan orang masih kesulitan untuk packing. Banyak yang masih membawa semua kebutuhannya yang sangat banyak itu sehingga membuat tas menjadi berat.

Lalu bagaimana cara packing yang baik dan benar untuk kamu para backpacker pemula? Berikut empat tips yang sudah brilio.net rangkum dari indietraveller.co, Minggu (7/4) yang ampuh untuk kamu para backpacker pemula.

1. Memilih tas yang tepat.

tips packing istimewa

Loading...

foto: indietraveller.co

Cara terbaik untuk menghindari over-packing adalah dengan memilih tas yang kecil. Dengan memilih tas yang kecil, akan mendorong dirimu untuk memprioritas sesuatu. Backpack bisa sangat menjadi serba guna dan mendorong mobilitasmu untuk menjadi lebih mudah. Kamu bisa menjijingnya dan bisa menggendongnya.

2. Bawa yang harus kamu bawa, bukan yang 'bagus'untuk dibawa.

tips packing istimewa

foto: indietraveller.co

Pikirkan baik-baik barang yang akan kamu bawa. Kemudian pilih dengan seksama apakah kamu memang memerlukan barang itu. Mungkin memang membawa barang 'lebih' akan memberimu rasa lebih nyaman dan aman. Namun kenyataannya itu hanya akan merepotkanmu. Kamu hanya akan menjadi keberatan dengan barang bawaanmu. Jadi, pilihlah barang yang benar-benar berguna untukmu, tentuka prioritasmu.

3. Jangan membawa baju untuk lebih dari seminggu.

tips packing istimewa

foto: indietraveller.co

Hal ini juga termasuk sebagai memprioritaskan sesuatu. Bawalah baju-baju yang serba guna. Baju yang harus kamu bawa tentu baju yang memang bisa digunakan dalam berbagai kondisi, sehingga kamu tidak harus membawa baju banyak-banyak. Selain itu, laundry sudah ada dimana-mana sehingga kamu tidak perlu repot-repot untuk mencuci baju-bajumu.

4. Bawa barang yang bisa digunakan dalam berbagai kondisi.

tips packing istimewa

foto: indietraveller.co

Fokus pada barang yang memiliki kegunaan lebih dari satu. Hal itu akan berdampak pada berapa jumlah barang yang akan kamu bawa. Kamu bisa menyewa banyak barang di destinasimu, secara lokal. Kamu harus mengingat hal-hal ini: kamu bisa menyewa kendaraan dimanapun, toko alat-alatpun ada dimana-mana. Jadi, kamu juga bisa membeli alat yang bisa digunakan lebih dari satu kali dan untuk keperluan yang bermacam-macam setelah sampai di destinasimu. kamu tidak harus membawanya dari rumah.

(mgg/aldorino mahendra)

RECOMMENDED BY EDITOR