Brilio.net - Persebaran pandemi Covid-19 sempat memukul sektor pariwisata. Penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) membuat destinasi pariwisata tutup. Namun begitu diberlakukan PSBB transisi, industri pariwisata sejumlah daerah di Indonesia mulai bergeliat dengan membuka tujuan wisata, kecuali DKI Jakarta yang kembali menerapkan PSBB total jilid kedua mulai hari ini.    

Di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) sektor pariwisata berupaya bangkit meski dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Hal ini pun memberikan semangat baru bagi masyarakat yang sudah lebih dari enam bulan tak bisa jalan-jalan.    

Mau tahu apa saja destinasi wisata yang bisa dikunjungi pada masa AKB ini? Yuk, simak daftar berikut ini.

1. Sumatra Barat

Travel Normal Baru © 2020 brilio.netTraveloka.com

Loading...

Sumatera Barat dikenal sebagai salah satu wilayah yang menawarkan berbagai destinasi wisata menarik mulai dari wilayah pantai hingga pegunungan. Nah, sejumlah area wisata Sumatera Barat yang telah dibuka antara lain Hotel Emersia, Gudang Ransum, Istano Pagaruyung, RM Aroma, dan Taman Wisata Kandi. Sebenarnya ada beberapa titik wisata yang telah dibuka untuk umum namun masih tidak terkenal di kalangan wisatawan umum. Daerah yang sebenarnya agak aman adalah daerah yang cukup jauh dari pusat kota Sumatra Barat. 

2. Nusa Tenggara Barat (NTB)

Travel Normal Baru © 2020 brilio.netGeopark Rinjani-Lombok yang menjadi laboratorium gunung api dunia di Gili Trawangan. (yans_brilio)

Sudah bukan rahasia lagi jika Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadi salah satu destinasi wisata favorit masyarakat. Maklum, wilayah ini menawarkan sejumlah keindahan alam yang dapat memanjakan mata. Untuk mengupayakan kembalinya geliat sektor pariwisata, pemerintah provinsi NTB juga telah membuka sejumlah daerah di antaranya Gili Indah, Gili Meno, Gili Air, Gili Trawangan dan sejumlah kawasan di Kabupaten Lombok Utara. Namun pemerintah setempat menerapkan pembatasan jumlah wisatawan yang hadir. Wisatawan wajib menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

3. Bali

Travel Normal Baru © 2020 brilio.netSalah satu restoran di Bali yang berada di tepi pantai (yans_brilio). 

Pulau Bali kembali menyambut wisatawan dengan dibukanya kembali sektor pariwisata sejak 31 Juli 2020. Nah dalam menyambut wisatawan Nusantara, Pulau Dewata ini mewajibkan para pelancong untuk menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Tujuannya agar tercipta rasa bersih, aman, dan nyaman. Dengan begitu, kamu tak perlu khawatir untuk kembali menikmati wisata di Pulau Seribu Pura ini.

4. Yogyakarta

Travel Normal Baru © 2020 brilio.netKawasan Malioboro yang menjadi salah satu tempat favorit wisatawan (yans_brilio). 

Yogyakarta adalah salah satu destinasi wisata favorit di Pulau Jawa. Berbagai destinasi yang ditawarkan mulai dari wisata budaya hingga panorama alam memang sangat menyejukkan mata. Karena itu pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta juga telah membuka sejumlah objek wisata strategis seperti Candi Prambanan, Gua Kalisuci, Pantai Ngedan, dan lain-lain. Sama seperti daerah lain, pihak pengelola pariwisata di Yogyakarta juga mewajibkan pengunjung untuk menjalankan protokol kesehatan.  

Nah, itulah berbagai daerah di Tanah Air yang bisa kamu kunjungi pada masa AKB saat ini. Untuk memudahkan bepergian, kamu bisa memesan moda transportasi darat, seperti shuttle, salah satunya Cititrans yang telah menerapkan protokol kesehatan dengan ketat bagi para penumpangnya.

Jika armada shuttle berisi maksimal 12 orang maka pada era AKB ini kapasitasnya telah dikurangi agar setiap penumpang dapat tetap saling menjaga jarak. Selain itu, setiap pengemudi dan penumpang tentunya diwajibkan selalu memakai masker dan diperiksa terlebih dulu suhu tubuhnya sebelum berangkat.

Siap bepergian dengan aman dan nyaman di era AKB? Ingat ya, untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dan mengecek syarat atau regulasi di daerah asal maupun tujuan bepergian kamu. Yuk, segera cek harga tiket travel di aplikasi kamu, seperti Traveloka. Kamu bisa memesan untuk bepergian sekarang maupun di kemudian hari!

RECOMMENDED BY EDITOR