Brilio.net - Banyuwangi merupakan salah satu daerah di Indonesia bagian timur yang memiliki keindahan yang luar biasa, baik alam maupun budayanya. Tak heran, saat ini destinasi alam di Banyuwangi memang sedang menjadi primadona wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Saat ini juga pemerintah setempat terus mempromosikan destinasi wisata yang ada di Banyuwangi. Plt Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, M.Y. Bramuda mengatakan, destinasi wisata Banyuwangi ternyata bukan hanya Kawah Ijen, tapi masih banyak desniasi wisata lainnya yang tentu saja akan memberikan pengalaman berbeda bagi wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi.

"Kalau kita mau eksplor Banyuwangi itu tidak hanya Kawah Ijen, meskipun yang kita unggulkan pertama memang kawah ijen, yang kedua itu ada G-Land, yang ketiga itu Taman Nasional Sukamade. Tiga-tiganya unik dan berkelas dunia," ujarnya saat ditemui brilio.net belum lama ini.

Nah, bagi kamu yang penasaran keindahan apa saja yang bisa dinikmati wisawatan saat berkunjung ketiga destinasi wisata kelas dunia itu, berikut penjelasannya.

1. Kawah Ijen

Wisata Banyuwangi © 2017 brilio.net

Kalau bicara mengenai Kawah Ijen pasti semua orang sudah kenal dengan fenomena alam blue fire-nya. Kalau biasanya kebanyakan berwisata di siang hati, berbeda dengan Kawah Ijen yang wisatanya dilakukan pada tengah malam hingga menjelang subuh.

"Orang jam 12 malam harus berangkat untuk menyaksikan keajaiban yang dimiliki oleh keagungan Tuhan yang diberi nama blue fire. Dia kan muncul pada jam 2 sampai jam 4 pagi. Karena pada saat malam itu terjadi pijaran hawa belerang yang panas dengan hawa dingin sehingga muncul api biru. Inilah yang ditunggu-tunggu oleh wisatawan sehingga harus rela bangun malam untuk jam 12 malam naik dan sampai subuh, setelah itu baru liat sunrise di gunung itu," tambahnya.

Selain menikmati blue fire, wisatawan juga bisa pegang kawah tersebut. Belerangnya pun bisa dimainin sambil dibentuk boneka.

"Nanti di sana dibantu pemandu untuk ambil belerang, kemudian bisa dicetak dan dibawa pulang urnuk oleh-oleh," katanya.

Bahkan wisatawan bisa turun ke titik kawah gunungnya dan sangat aman. Kalau sulfur nya tidak naik, wisatawan bisa memegang kawahnya.

2. G-Land

Wisata Banyuwangi © 2017 brilio.net

Bila senang dengan olahraga air seperti surfing, Banyuwangi juga memiliki spot terbaik yang diberi nama G-Land atau terkenal dengan Plenglung di Taman Alaspurwo. Bramuda mengatakan nama G-Land ini dibuat oleh para surfer dunia, karena ketika dilihat dari atas seperti hutuf G, itu sebabnya disebut dengan G-Land.

"Jadi kalau pesurfer dunia pasti ke sana, karena tempat ini memiliki ombak 7 hingga 10 meter, nomor dua tertinggi setelah Hawai. Jadi pecinta surfing akan kesana," ucapnya.

Nah bagi yang tidak suka dengan surfing, wisatawan bisa menikmati alam karena di sana ada padang savana seperti Afrika Van Java.

"Wisatawan bisa liat banteng, lihat rusa, lihat merak langsung live," katanya.

3. Pantai Sukamade

Wisata Banyuwangi © 2017 brilio.net

Salah satu daya tarik lain yang bisa wisatawan nikmati di Banyuwangi adalah berkunjung ke Pantai Sukamade. Karena di pantai ini setiap malamnya selalu kedatangan penyu yang ingin bertelur.

"Tiap malam pasti (penyu) bertelur. Kalau dimana-mana ada musimnya bertelur, tapi ini setiap hari akan muncul. Makanya banyak wisatawan datang ke sana untuk melihat langsung penyu besar itu bertelur dan ke darat, itu bisa di abadikan langsung saat bertelur," jelasnya.

"Pantai Sukamade merupakan salah satu daratan yang sering didatangi oleh 7 dari 11 jenis penyu. Saya kira menarik untuk bisa dinikmati," lanjutnya.

Nah, kapan kamu liburan ke Banyuwangi?