Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Jalan-Jalan
Dwiyana Pangesthi (brl/pep)

07 Agustus 2019 05:29

25 Wisata Semarang dengan tarif di bawah Rp 20 ribu

Pilihan jenis wisata di Semarang juga lengkap..

25 Wisata Semarang dengan tarif di bawah Rp 20 ribu

View Image



Brilio.net - Sebagai Kota Lumpia dan sekaligus Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah, Semarang menjadi salah satu kota yang ramai. Kota ini juga dikenal dengan kawasan industrinya yang banyak. Meskipun sebagai kota industri, namun Semarang memiliki banyak tempat wisata. Mulai dari wisata air, museum, taman rekreasi bahkan wisata religi dapat kamu temui di Semarang.

Munculnya destinasi wisata baru yang keren dan murah, serta akomodasi seperti penginapan dan transportasi yang mendukung, membuat Semarang selalu dilirik wisatawan untuk dijadikan tempat wisata favorit di Jawa Tengah.

Kalau kamu sedang mencari referensi tempat wisata di Semarang, bisa memilih tempat wisata yang kamu sukai sesaui hobi dan kebutuhan kamu. Jadi kamu bisa menghilangkan kejenuhan dari lelahnya rutinitas dengan berwisata ke destinasi yang ada di Semarang.

Tenang beberapa wisata ini dengan tarif di bawah Rp 20 ribu seperti brilio.net kutip dari berbagai sumber, Kamis (6/8). Liburan asyik dan nggak akan bikin kantong kamu jebol.

1. Klenteng Sam Po Kong.

Loading...

Wisata Semarang © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@toniktriananto

Sam Po Kong adalah salah satu tepat wisata yang paling hits dan terkenal di Semarang. Tempat peribadatan masyarakat Konghucu ini selalu ramai setiap harinya. Bangunannya yang megah serta arsitekturnya yang unik memberikan nuansa bak berada di negeri China. Dalam kompleks ini juga terdapat patung Laksamana Cheng Ho berdiri di depan klenteng. Dengan tiket masuk sebesar Rp 5.000 untuk umum, kamu sudah dapat mengelilingi dan berfoto di spot-spot yang kece ini. Lokasi klenteng ini berada di Jalan Simongan Raya No.129 Semarang.

2. Lawang Sewu.

Wisata Semarang © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@cellacea

Siapa yang tak kenal Lawang Sewu. Gedung berarsitektur khas Belanda ini berada tepat di jantung Kota Semarang. Tepatnya di depan bundaran Tugu Muda, Jalan Pemuda, Semarang. Orang mengenal tempat wisata ini karena pintunya yang sangat banyak sehingga menyebutnya dengan Lawang Sewu (seribu pintu). Dulunya tempat ini merupakan kantor kereta api, namun sekarang difungsikan sebagai wisata budaya yang memiliki banyak sejarah.

Kamu bisa mengunjunginya pada siang hari maupun malam hari. Tempat ini juga cocok bagi kamu yang ingin menikmati sensasi wisata malam dengan menyusuri bangunan bawah tanah Lawang Sewu. Cukup membayar tiket Rp 10.000 saja untuk masuk ke Lawang Sewu.

3. Puri Maerokoco.

Wisata Semarang © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@jatengkitaid

Tak jauh dari pusat kota, mengarah ke Jalan Yos Sudarso, Semarang kamu bisa menemukan wisata keluarga Puri Maerokoco. Bisa dikatakan Puri Maerokoco ini adah taman mininya Jawa Tengah. Tempat wisata edukasi ini memiliki anjungan dengan 35 rumah adat dari berbagai kota maupun kabupaten yang ada di Jawa Tengah. Yang lebih menariknya lagi terdapat hutan mangrove yang menjadi spot paling epik dan favorit para penggunjung. Dengan tiket Rp 15.000 kamu sudah dapat menikmati tempat kece ini.

4. Goa Kreo.

Wisata Semarang © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@purwaningsihj

Kali ini tempat wisata alam yang super murah cukup membayar tiket masuk Rp 4.000. Goa yang terbentuk secara alami ini terdapat di daerah Waduk Jatibarang, Gunungpati, Semarang. Kamu akan menjumpai banyak monyet ekor panjang di sana. Selain goa, terdapat juga air terjun, fasilitas seperti gazebo, rumah makan dan juga panggung hiburan. Jika puas menyusuri goa kamu dapat menikmati pemandangan dari atas jembatan waduk Jatibarang.

5. Masjid Agung Jawa Tengah.

Wisata Semarang © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@zleepyid

Wisata religi ini berada di Jalan Gajah Raya, Gayamsari. Masjid ini menjadi salah satu tempat tujuan wisata religi di Semarang untuk kaum muslim. Bangunannya yang megah dan memiliki enam payung raksasa seperti masjid Nabawi di Madinah, akan bikin kamu takjub memandanginya. Kamu juga bisa naik ke menara yang ada di masjid ini. Cukup dengan Rp 7.000 kamu bisa melihat indahnya kota Semarang dari ketinggian 99 meter.

6. Pagoda Avalokitesvara.

Wisata Semarang © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@kartu_halo

Tempat wisata gratis ini adalah Pagoda yang memiliki tinggi sekitar 45 meter dan dibangun pada tahun 1955. Bangunan ini terdiri dari tujuh tingkat. Sama halnya dengan Sam Po Kong, desain bangunannya yang didominasi warna kuning dan merah ini sangat menarik dikunjungi. Kamu bisa mengunjunginya di Jalan Perintis Kemerdekaan, Pundakpayung, Banyumanik, Semarang.

7. Wisata Eling Bening.

Wisata Semarang © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@eling_bening

Wisata Eling Bening menawarkan view indah dan memesona yaitu hamparan luas rawa pening serta pegunungan yang mengelilingi rawa. Lokasinya yang berada di perbukitan Jalan Lingkar Ambarawa, Kabupaten Semarang ini sayang untuk dilewatkan.

Kamu bisa menikmati pemandangan sambil menyantap makanan yang ada di restoran Eling Bening. Bagi kamu yang hobi berenang, bisa juga juga berenang di kolam outdoor sambil menikmati keindahan yang ada. Tempat ini bisa dibilang lengkap, ada juga camping ground, children play ground dan lain-lain. Tempat wisata ini mematok harga tiket masuk Rp 15.000 per orang dan tiket dapat ditukar dengan minuman.

8. Umbul Sidomukti.

Wisata Semarang © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@semarang_sekitar

Jika kamu ingin menikmati pemandangan Kota Semarang dari atas kaki Gunung Ungaran, bisa nih ke Umbul Sidomukti. Dari Kota Semarang kamu bisa mencapainya sekitar satu jam perjalanan hingga sampai ke Umbul Sidomukti yang terletak di Bandungan. Tiket masuk ke lokasi wisata ini Rp 5.000 untuk hari biasa dan Rp 10.000 untuk akhir pekan. Di sini kamu dapat menikmati kopi, berlesehan di pondok lesehan maupun berenang di kolam renang alam yang lantai dan dindingnya terbuat dari batu alam. Serukan pastinya.

9. Dusun Semilir Eko Park.

Wisata Semarang © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@exploreyogyajateng

Destinasi wisata Dusun Semilir Eko Park ini tergolong baru di Semarang. Tempat wisata ini memang tergolong memiliki konsep yang unik yang menggabungkan antara wisata alam, wisata pedesaan, kuliner dan juga edukasi. Wisata paket lengkap dan bagus ini hanya menarik Rp 5.000 untuk tiket masuk. Kamu bisa merasakan kenyamanan dan bersantai sembari hunting foto di spot-spot yang instagramable banget.

10. Curug Lawe.

Wisata Semarang © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@wisatausa

Lokasi Curug Lawe berada di Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Utara, Semarang. Untuk mencapai tempat yang indah ini kamu harus berjalan sekitar 15-20 menit melewati kawasan perkebunan PT Cengkih Zanzibar. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter. Harga tiket masuknya pun murah hanya Rp 4.000 per orang.

11. Candi Gedong Songo.

Wisata Semarang © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@irmansyach_

Seperti namanya kompleks candi yang terdiri dari 9 candi ini dinamakan Candi Gedong Songo. Di sekitar candi ini kamu bisa menikmati kegiatan berkuda atau mandi air panas yang mengandung belerang. Lokasinya berada di ketinggian sekitar 1.200 mdpl di lereng gunung Ungaran,kabupaten Semarang. Pemandangannya yang masih alami ini bisa dijadikan tempat refresing kamu dan juga tiketnya hanya Rp 10 ribu.

12. Setiya Aji Flower Farm.

Wisata Semarang © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@setiya_aji_flower_farm

Kalau kamu sedang mencari tempat romantis bersama pasanganmu, Setiya Aji Flower Farm ini cocok jadi pilihan wisata kamu. Kebun bunga ini berada di Jalan Kendalisodo, Dusun Ngasem Lor, Desa Njetis, Bandungan, Kabupaten Semarang. Dengan hamparan pemandangan bunga krisan, kamu bisa berfoto romantis bersama teman dekat, sahabat maupun keluarga. Di sini kamu dapat membeli bunga krisan dengan harga Rp 5.000 per batang dan untuk tiket masuknya hanya sekitar Rp 7.500 per orang.

13. Pantai Marina.

Wisata Semarang © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@setyototoque

Puas menikmati suasana pegunungan kamu bisa bersantai di Pantai Marina, ikon wisata pantai di Semarang. Berada di Jalan Yos Sudarso, Semarang. Kamu bisa menikmati suasana matahari terbenam sambil berolahraga seperti lari maupun bersepeda. Suasanya yang sejuk membuat pantai ini banyak dikunjungi wisatawan.

14. Wisata Lereng Kelir.

Wisata Semarang © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@wisatalerengkelir

Wisata ini berada di Desa Brongkol, Kecamatan Jambu, Ambarawa. Wisata dengan panorama gunung ini sangat indah apalagi untuk menikmati sunrise dipagi hari. Harga tiket wisata kelir ini hanya Rp 5.000 untuk hari biasa dan Rp 7.000 untuk weekend. Kamu bisa berfoto di gardu pandang, ataupun ber-camping di sekitaran lokasi ini.

15. Museum Ambarawa.

Wisata Semarang © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@muhammadrasyid96

Dengan harga tiket masuk Rp 5.000 untuk anak dan Rp 10.000 untuk dewasa, kamu bisa berkunjung ke lokasi Museum Kereta Api yang terletak di Jalan Stasiun No 1 Ambarawa. Di Museum Ambarawa ini juga terdapat kereta api uap kono yang bisa dinaiki oleh para wisatawan dengan tarif tersendiri.

16. Pantai Maron.

Wisata Semarang © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@lilafitrotun

Pantai yang berada di wilayah Semarang Barat ini dekat dengan Bandar Udara Ahmad Yani Semarang. Harga tiket yang ditawarkan untuk masuk ke pantai ini hanya Rp 3.000. Jadi selain hati senang, wisata ini juga ramah di kantong.

17. Banjir Kanal Barat.

Wisata Semarang © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@ers_luv

Banjir Kanal Barat difungsikan sebagai pencegah banjir. Suasananya yang sejuk dengan hiasan lampu dan bangunan disekitar lokasi membuat tempat ini cantik. Selain gratis dan dekat dengan kota, tempat ini selalu ramai dengan anak muda yang bersantai-santai di sore hari.

19. Museum Ronggowarsito.

Wisata Semarang © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@kartikarani_k

Museum Ronggowarsito terletak di sekitar bundaran Kalibanteng, Semarang. Museum ini bisa dijadikan wisata keluarga yang nggak harus merogoh kocek dalam-dalam. Harga tiket masuk hanya sebesar Rp 4.000 untuk dewasa dan Rp 2.000 untuk anak-anak. Di kompleks museum ini memiliki empat bangunan yang masing-masing memiliki koleksi sejarah yang berbeda-beda.

20. Simpang Lima.

Wisata Semarang © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@wisatasemarang

Simpang Lima Semarang memang sangat terkenal karena menjadi ikon Kota Semarang. Di kawasan alun-alun ini kamu bisa bersantai menikmati pemandangan kota yang berada di persipangan lima jalan. Selain menikmati suasana dengan berkeliling menggunakan becak di sekitar alun-alun, kamu juga bisa mencicipi wisata kuliner di kawasan ini.

21. Taman Srigunting.

Wisata Semarang © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@lindawatitjandra

Kalau kamu berjalan-jalan di Kota Lama Semarang, bisa nih mampir ke taman Srigunting yang cakep ini. Bisa sekedar nongkrong asik menikmati asrinya taman sambil mencicipi jajanan enak. Selain tempat ini gratis, bagi kamu pecinta barang kuno bisa nih hunting karena didekat taman kamu juga akan menemukan lapak para pedagang yang menjual barang kuno. Serta bisa berfoto dengan background Gereja Bleduk.

22. Brown Canyon.

Wisata Semarang © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@ws_tama

Waduk Brown Canyon ini memiliki keunikan tersendiri. Semula tempat yang berlokasi di Rowosari, Tembalang, Semarang ini merupakan area galian C yang sudah berlangsung selama 1 dekade. Kini kawasan ini mirip dengan Grand Canyon yang berada di Amazon, Amerika.

23. Kampung Pelangi Semarang.

Wisata Semarang © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@mt_sode

Kampung Pelang ini letaknya tak jauh dari Lawng Sewu maupun Simpang Lima. Dulunya Kampung Wonosari ini adalah tempat kumuh dengan aliran sungai di sekitarnya. Namun saat ini kampung ini disulap menjadi cantik dengan dominasi warna pelangi. Tak heran banyak wisatawan datang berkunjung untuk foto di tempat Instagramable ini. Harga tiket masuk kampung ini hanya Rp 3.000 per orang.

24. Kota Lama Semarang.

Wisata Semarang © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@wisatakotalama

Tak lengkap rasanya jika kamu belum menyusuri Kota Lama Semarang. Dalam kawasan Kota Lama banyak ikon-ikon Kota Semarang yang terkenal seperti, pabrik rokok, Gereja Bleduk, stasiun dan banyak bangunana bergaya arsitektur eropa abad 17. Lokasinya yang strategis membuatmu dengan mudah bisa menemukan kawasan ini.

25. Rawa Pening.

Wisata Semarang © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@tjiptotjupu

Keindahan wisata Rawa Pening bisa kamu nikmati saat pagi hari. Dengan tarif masuk Rp 3.000, kamu bisa menikmati pemandangan yang super cantik ini. Bahkah bisa juga menyewa perahu untuk mengelilingi rawa.

RECOMMENDED BY EDITOR

Pilih Reaksi Kamu



Tags

Wisata Semarang Pariwisata Semarang Pariwisata Indonesia
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE