Brilio.net - Siapa sih yang nggak tahu Karimunjawa? Destinasi wisata yang berada di Jepara, Jawa Tengah ini menawarkan berbagai keseruan main air, bahkan ada tempat untuk wisatawan berenang bersama hiu, lho.

Karimunjawa jadi salah satu destinasi wisata yang paling diminati wisatawan. Karimunjawa merupakan kepulauan di Laut Jawa yang dikembangkan menjadi pesona wisata taman laut yang mulai banyak digemari wisatawan lokal maupun mancanegara. Banyak tempat wisata keren dan indah di Karimunjawa.

Tidak hanya alam ternyata wisata di Karimunjawa terdapat berbagai destinasi lainnya seperti hutan mangrove, kebun kupu-kupu, hingga kampung bugis. Kamu nggak akan kecewa apabila wisata ke Karimunjawa.

Penasaran di mana saja wisata keren Karimunjawa? Yuk langsung simak rangkuman brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (9/11).

1. Pantai Annora.

tempat wisata karimunjawa instagram

foto: Instagram/@aqibiribhan

Wisata Karimunjawa yang kamu bisa temui salah satunya adalah Pantai Annora yang terletak di Dusun Cikmas. Pantai in selain memiliki air yang jernih dan pasir yang bersih, memiliki ciri khas terdapat banyak ayunan. Terkadang orang menyebut wisata ini dengan nama Pantai Ayunan Annora.

2. Bukit Annora.

tempat wisata karimunjawa instagram

foto: Instagram/@annisaqo

Tidak hanya pantai, kamu juga bisa mendaki bukit yang indah di Annora, Karimunjawa. Di situ kamu bisa melihat pemandangan sekitar pantai yang indah dengan semilir angin yang sepoi-sepoi. Lebih indah lagi kalau kamu datang ke tempat wisata Karimunjawa ini ketika pagi hari ketika matahari terbit.

3. Pulau Menjangan Besar.

tempat wisata karimunjawa instagram

foto: Instagram/@abuyahya96

Wisata alam Karimunjawa ini tidak hanya indah tetapi juga unik, di sini adalah tempat penangkaran hiu. Bahkan kamu juga bisa berenang bersama hiu tersebut. Selain hiu kamu juga bisa bertemu dengan penyu dan binatang laut lainnya. Di pikiran kita pasti terlintas kata perasaan seram ketika mebayangkan berenang bersama hiu, kamu tidak usah khawatir hiu di sini sudah jinak dan tidak buas lagi.

4. Pantai Legon Lele.

tempat wisata karimunjawa instagram

foto: Instagram/@luanitataboada

Wisata alam Karimunjawa yang satu ini sangatlah indah dan bersih, meskipun begitu pantai ini jarang dikunjungi oleh wisatawan dan pengunjung. Menjadi salah satu wisata yang masih tersembunyi di Karimunjawa.

5. Bukit Love Karimunjawa.

tempat wisata karimunjawa instagram

foto: Instagram/@ayurifkie

Salah satu tempat wisata keren yang ada di Karimunjawa ini bisa kamu kunjungi dengan pasanganmu. Selain menyuguhkan keindahan alam yang indah, sama seperti namanya tempat ini terdapat patung bertuliskan 'Cinta'. Kamu bisa jadikan patung itu menjadi salah satu spot foto terindahmu bersama orang yang kamu sayang.

6. Pantai Ujung Gelam.

tempat wisata karimunjawa instagram

foto: Instagram/@alfin.candra

Wisata alam yang ada di Karimunjawa jawa ini menjadi salah satu pantai yang terkenal dan paling keren. Pantai ini paling cocok didatangi sambil melihat matahari terbenam. Tak hanya itu saja, kamu bisa berfoto di atas batu-batu karang yang bejejer seolah berada dekat dengan matahari. Pantai ini memiliki keindahan pasir putih berstektur lembut layaknya lembutnya tepung terigu.

7. Pulau Cemara Besar.

tempat wisata karimunjawa instagram

foto: Instagram/@fahtina

Keindahan pantai yang luar biasa terpancar dari pulau ini. Kamu bisa Snorkeling di wisata air Pulau Cemara Besar. Air yang sangat jernih dan pemandangan laut yang menakjubkan. Pulau Cemara ini sangat cocok untuk kamu jadikan sebagai pilihan tempat wisatamu ketika di Karimunjawa.

8. Pulau Cemara Kecil.

tempat wisata karimunjawa instagram

foto: Instagram/@caesadhanisa

Tidak kalah dari sebelumnya Pulau Cemara Kecil ini juga menjadi salah satu tepat wisata yang keren di Karimunjawa. Suasana pantainya masih sangat alami dan indah. Menyuguhkan pantai yang jernih dan pasir putih kamu bisa melakukan kegiatan snorkling dan berkumpul bersama teman maupun kerabat di pinggir pantai sambil menikmati bekal makanan yang dibawa. Seperti namanya, pulau ini didominasi oleh pohon cemara.

9. Bukit Joko Tuwo.

tempat wisata karimunjawa instagram

foto: Instgram/@fzainaa

Salah satubukit yang menghadap ke kota Karimunjawa. Di sini kamu bisa melihat dengan jelas bentuk utuh dari pulau-pulau yang ada di Karimunjawa. Pesona alam yang sangat indah seakan hamparan langit bisa menyatu dengan pantai. Selain pemanadangan yang indah, tempat ini menyuguhkan berbagai daya tarik yang lainnya seperti Tasbih Raksasa, Kerangka Ikan Joko Tuo, dan Area olahraga alam.

10. Pulau Geleang.

tempat wisata karimunjawa instagram

foto: Instagram/@fiiand

Tidak ada salahnya ketika kamu pergi berlibur ke Karimunjawa mengunjungi pulau yang satu ini. Wsaiata keren dan indah yang ada di Karimunjawa. Kamu bisa berenang di air yang biru dan jernih. Pulau yang memiliki ukuran kecil dibanding pulau yang lainnya ini bernuansa unik dan menakjubkan. Menjadi salah satu destinasi yang kerap dikunjungi para wisatawan.

11. Pulau Tengah.

tempat wisata karimunjawa instagram

foto: Instagram/@ mega_rahmi

Cocok untuk kamu pecinta wisata pantai yang ini. Di sini tidak hanya bisa bermain air, kamu juga bisa memancing iakn sendiri bahkan terkadang kamu bisa mendapatkan cumi. Pulau ini sudah tertata rapi dan indah, sudah terdapat dermaga kecil yang terbuat dari kayu jadi kamu bisa berjalan di dermaga sambil berfoto dan seolah berjalan di tengah pantai.

12. Pulau Sintok.

tempat wisata karimunjawa instagram

foto: Instagram/@kundilandi

Salah satu wisata alam yang keren di Karimunjawa, tidak hanya pantai yang indah tapi juga menyuguhkan pemandangan bawah laut yang keren. Kamu bisa melakukan snorkling bersama teman-teman dan juga kerabatmu. Pulau ini memiliki luas 21 hektar dan terletak di sebelah timur pulau Karimunjawa.

13. Makam Sunan Nyamplungan.

tempat wisata karimunjawa instagram

foto: Instagram/@sukahepi

Karimunjawa memang terkenal dengan wisata alam terutama pantai yang keren dan indah, namun dibalik keindahan semua itu terdapat tempat wisata religi juga di sana. Makam sunan Nyamplungan yang dikenal sebagai makam Syekh Amir Hasan putra dari Sunan Muria, ia adalah sosok penting di Karimunjawa. Nama nyamplung sendiri karena di dekat makam terdapat pohon nyamplung.

14. Spot Maer Nyamplungan.

tempat wisata karimunjawa instagram

foto: Instagram/@adestherr

Salah satu wisata keren yang ada di Karimunjawa bisa kamu kunjungi bersama teman maupun kerabat. Kamu bisa bermain air sekaligus snorkling bersama ikan dan terumbu karang di dalamnya yang sangat keren. Tempat ini memang menjadi salah satu tempat favorit untuk snorkling wisatawan Karimunjawa.

15. Pantai Batu Putih.

tempat wisata karimunjawa instagram

foto: Instagram/@luciasetyo

Pantai Batu Putih adalah salah satu wisata keren yang ada di Karimunjawa. Pantai ini terletak berkisar 15 km dengan kota Karimunjawa. Wisata alam Pantai Batu Putih ini menyuguhkan nuansa yang indah dengan air biru yang jernih. Kamu bisa berjalan bersama teman dan kaerabat di dermaga yang sudah dibangun dari kayu di pantai ini. Terdpat bongkahan batu besar ketika airnya sedikit surut batu itu akan nampak putih bersih.

16. Alun-alun.

tempat wisata karimunjawa instagram

foto: Instagram/@cornelius.prasetyo

Kamu yang kelelahan setelah beraktivitas seharian setelah bermain di pantai, tidak ada salahnya datang ke Alun-alun yang ada di Karimunjawa. Di sini kamu akan disguhkan makanan lezat tangkapan ikan yang diolah menjadi berbagai menu makanan yang lezat dan beraneka macam. Alun-alun ini akan ramai pengunjung ketika malam hari. Kamu bisa bercengkrama bersama kerabat dan saudara di atas tikar di bawah bintang yang gemerlap.

17. Pantai Barakuda.

tempat wisata karimunjawa instagram

foto: wikipedia.org

Tempat wisata yang menyuguhkan nuansa pantai yang indah dan keren ini patut kamu coba datangi. Pantai yang terletak di Desa Kemajon ini menyuguhkan keindahan air yang jernih dan pasir putih yang lembut. Di sepanjang pantai terdapat pohon kelapa yang berderet menambah kecantikan pantai ini.

18. Hutan Mangrove.

tempat wisata karimunjawa instagram

foto: Instagram/@fery_gepenk

Di Karimunjawa tidak hanya terdapat pantai yang indah, kamu juga akan menemui wisata keren hutan mangrove. Terdapat jalanan yang terbuat dari kayu sepanjang 2 km yang bisa kamu gunakan untuk berjalan menikmati kawasan hutan. Jika kamu sedang beruntung, kamu akan menemui berbagai spesies binatang yang hidup di hutan mangrove tersebut.

19. Pantai Nirwana.

tempat wisata karimunjawa instagram

foto: Instagram/@masayu_robiah

Tempat wisata alam yang ada di Karimunjawa ini sangat keren, pantai nirwana merupakan pantai terpanjang yang ada di Karimunjawa dan terletak di sebelah timur Pulau Karimunjawa. Memiliki ciri khas banyak pohon kelapa yang tumbuh disepanjang pantai. Kamu bisa berlibur di pantai yang indah ini, cocok sekali membuat pikiranmu menjadi fresh kembali.

20. Bakololo.

tempat wisata karimunjawa instagram

foto: Instagram/@jackarimun

Salah satu wisata di Karimunjawa ini tidak hanya keren tapi juga menyuguhkan sebuah tempat duduk kano di tengah air. Kamu bisa bersantai melepas penat di tengah air yang tenang dan menikmati pemandangan yang sangat memesona.

21. Karimunjawa Butterfly Park.

tempat wisata karimunjawa instagram

foto: Instagram/@tamankupukupu

Selain menyuguhkan wisata alam yang keren, Karimunjawa juga menawarkan wisata buatan yang tak kalah keren untuk dikunjungi, yaitu Karimunjawa Buterfly Park. Di wisata ini terdapat banyak kupu-kupu yang cantik, cocok untuk kamu penyuka hewan. Selain kupu-kup juga terdapat wahana lain yang tak kalah keren seperti bioskop 3D Cinema, 3D Art Gallery, dan masih banyak lagi.

22. Pulau Gosong.

tempat wisata karimunjawa instagram

foto: Instagram/@pramudyapram

Pantai yang satu ini memiliki keunikan yang sangat keren, terapat endapan pasir di tengah lautan. Pulau ini dijuluki dengan pulau timbul tenggelam karena hanya akan muncul kepermukaan ketika pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB sore. Selebihnya pulau ini akan tertutup.

23. Kampung Bugis Karimunjawa.

tempat wisata karimunjawa instagram

foto: Instagram/@kampungbugiskarimunjawa

Selain wisata alam, kamu juga bisa berwisata dengan berkunjung ke tempat penduduk sekitar. Di pulau Kemujan, kamu bisa bertemu dengan banyak orang bugis di sana. Kamu juga bisa belajar banyak mengenai budaya bugis pada mereka.

24. Pantai Ujung Batu Lawang.

tempat wisata karimunjawa instagram

foto: wikipedia.org

Wisata alam yang keren yang terdapat di Karimunjawa ini menyuguhkan pantai yang memiliki nuansa indah dan memesona. Kamu bisa berkunjung bersama keluraga, pantai ini ramai dikunjungi oleh wisatawan. Pantai yang terletak di paling ujung utara Pulau Kemujan, Karimunjawa sangat cocok untuk wisata alammu.

25. Dermaga Mrican.

tempat wisata karimunjawa instagram

foto: pinterest.com

Dermaga ini sangat cocok kamu nikmati di sore hari ketika melihat matahari terbenam. Dermaga ini juga menjadi tempat bersandarnya kapal-kapal nelayan pencari ikan di laut lepas. Banyak warga yang membeli hasil tangkapan mereka.