Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Jalan-Jalan
Dwiyana Pangesthi (brl/pep)

21 Agustus 2019 10:02

25 Tempat wisata gratis di Bali, hemat dan indah

Jalan-jalan ke Bali nggak harus keluar banyak biaya..

25 Tempat wisata gratis di Bali, hemat dan indah

View Image



Brilio.net - Sudah tidak diragukan lagi keindahan alam Bali memang dapat memikat siapapun untuk datang mengunjungi. Tak hanya kental dengan wisata budaya, Bali juga terkenal dengan keindahan paintai, pemandangan pegunungan, dan persawahan yang asri. Nggak heran jika banyak wisatawan domestik maupun mancanegara rela mengeluarkan biaya yang lebih untuk berkunjung ke Pulau Dewata ini. Keramahan masyarakat Bali juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri.

Bahkan, banyak dari pelancong yang memilih wisata dengan konsep backpacker karena praktis dan lebih hemat. Sehingga, mereka bisa berlama-lama di Bali.

Apalagi, di Bali juga banyak tempat wisata yang murah bahkan gratis. Meski gratis, tetap saja menawarkan pemandangan indah.

Nah, mana saja tempat wisata yang gratis itu? Berikut 25 daftarnya yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (20/8).

1. Lotus Lagon.

Loading...

 Tempat wisata gratis di Bali © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@palomapg1385

Lotus Lagon merupakan kolam teratai indah di Candidasa. Spot terindah Candidasa ini adalah danau luas yang dipenuhi bunga-bunga teratai berwarna merah jambu dengan sebuah taman yang dihiasi patung-patung khas Bali. Tepat di dekat Lotus Lagon juga terdapat pura yang telah berdiri sejak abad ke-11 yang bisa kamu kunjungi. Lokasi tempat ini ada di Candidasa, Karangasem, Bali. Pastinya selain gratis kamu bisa menikmati pemandangan indah dan bak berada di kerajaan.

2. Pantai Tegal Wangi.

 Tempat wisata gratis di Bali © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@bangekasiregar

Pantai Tegal Wangi memiliki keunikan tersendiri yang nggak boleh kamu lewatkan. Banyak cekungan di karang yang tersebar di tepi pantai ini, sehingga memungkinkan kamu berendam di dalamnya. Kamu akan merasakan berendam bak di jacuzzi pribadi. Kamu juga akan tersihir pemandangan lautnya yang romantis. Pantai ini berada di Jalan Pura Tegalwangi, Badung, Jimbaran.

3. Ladang bunga Marigold.

 Tempat wisata gratis di Bali © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@bendesamasinn

Ladang bunga Marigold berlokasi di Desa Temukus, Bali Timur atau sepanjang jalan antara Bedugul dan Kintamani menuju wisata Pura Besakih. Banyak warga desa tersebut menanam bunga, jadi kamu dengan mudah menemukan kebun bunga di sini. Bunga Marigold merupakan bunga khusus yang digunakan dalam setiap ritual di Bali. Kamu bisa berfoto di tengah hamparan Marigold ini. Pastikan kamu mengunjungi tempat ini sebelum musim panen atau sebelum hari raya keagamaan.

4. Air terjun di Desa Musi.

 Tempat wisata gratis di Bali © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@lidya_arizona

Desa Musi, Gerokgak, Buleleng, Bali memang belum terlalu dikenal kalangan luar. Kamu bisa mendapatkan pengalaman yang menakjubkan dengan berwisata di alam ala Desa Musi di Bali ini. Di sini terdapat sebuah air terjun yang berada di antara tebing dan bebatuan yang mengalir ke sebuah kolam alami. Karena lokasinya yang sangat tersembunyi setiba di Desa Musi, kamu dapat menanyakan arah menuju air terjun itu ke penduduk.

5. Laut Rusak-Pasah Uwug.

 Tempat wisata gratis di Bali © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@explorenusapenida

Pasah Uwut juga dikenal dengan Laut Rusak adalah salah satu tempat unik yang ada di Nusa Penida. Hal pertama yang akan kamu lihat di Laut Rusak adalah sebuah lengkungan di sebuah batu besar yang merupakan fenomena geologis. Ada yang bilang, lengkungan atau lubang di tebing batu ini dulunya adalah sebuah gua. Kamu bisa sekadar berenang di kolam alami yang cantik ini atau berfoto di atas lengkungan tebing ini.

6. Angel's Billabong.

 Tempat wisata gratis di Bali © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@94laurenwood

Angel's Billabong merupakan infinity pool alami yang ada di Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, Nusa Penida. Yang membuat kolam ini lebih menarik yaitu airnya yang sejernih kristal, bahkan kamu dapat melihat secara jelas dasarnya. Tempat ini nyaman banget untuk berenang.

7. Waterblow Nusa Dua.

 Tempat wisata gratis di Bali © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@vvvetro

Di kawasan Nusa Dua, Badung, Bali terdapat tebing karang tersembunyi, di mana kamu dapat menyaksikan langsung semburan air laut yang menakjubkan. Pemandangan ini lama terbentuk dari gelombang ombak Samudera Hindia berkecepatan tinggi yang menghantam celah sempit daintara tebing karang. Jika kamu tak ingin basah sebaiknya menjaga jarak agar kamu tak terkena semburan airnya.

8. Pantai Yeh Leh.

 Tempat wisata gratis di Bali © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@b4rli

Pantai Yeh Leh adalah pantai tersembunyi di Bali, dikenal sebagai pantai berbatu misterius. Di pantai ini kamu tidak akan menemukan pasir seperti di pantai biasa, tapi justru akan menemukan ribuan bebatuan memenuhi pantai. Kamu dapat menikmati terbenamnya matahari yang menyinari setiap batu yang berderet di pantai. Pantai ini terletak di Jembrana, atau setelah jalan tol Denpasar-Gilimanuk.

9. Tegallalang.

 Tempat wisata gratis di Bali © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@soontheroad

Kamu bisa menikmati dan menyeksikan pemandangan sawah yang terhampar hijau dan asri. Kemegahan hamparan Tegallalang akan membuatmu terpesona dengan keindahannya. Tegallalang adalah salah satu dari tiga tanah berundak yang terkenal di Ubud. Tempat ini sangat cocok untuk seniman atau pencinta alam. Kamu juga dengnudah dapat menemukan gallery seni maupun kafe di sekitarnya.

10. Pemandian air panas Banjar.

 Tempat wisata gratis di Bali © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@alisekolosova

Pemandian air panas Banjar mengandung sulfur dengan panas 37 derajat Celcius. Kolam ini dipercaya berkhasiat menyembuhkan penyakit kulit. Lokasinya yang asri dan dikelilingi pohon-pohon, membuat tubuhmu nyaman dan rileks berendam di kolam ini. Untuk menghindari keramaian, kamu bisa datang sebelum pukul 10.00 waktu setempat. Pemandian ini berada di Jalan Banjar, area Pantai Lovina.

11. Danau Tamblingan.

bali Instagram

foto: Instagram/@kayvanhuisseling

Danau Tamblingan yang artinya penyembuhan spiritual adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi kalau kamu menyukai ketenangan dengan pemandangan yang indah. Banyak hal yang bisa dilihat dan dilakukan di Danau Tamblingan, antara lain menghirup udara segar dan berjalan kaki melewati hutan hujan yang kaya akan flora dan fauna. Kamu juga bisa menyewa perahu untuk memancing atau sekadar untuk menyusuri danau yang indah ini. Lokasinya berada di Desa Mundak, Keamatan Banjar, Bali.

12. Giant Bayan Tree.

bali Instagram

foto: Instagram/@janinasell

Pohon Bayan raksasa ini dipercaya sudah ada sejak 700 tahun lalu. Akar dari pohon bertinggi 85 meter ini bahkan sudah menjadi labirin yang bisa kamu eksplorasi dan lalui. Menurut legenda, pohon ini digunakan untuk bersembunyi penduduk lokal dari serdadu Belanda. Pengunjung yang suka berpetualang seru dapat memanjat hingga setinggi mungkin dengan berpegangan di akar-akar gantungnya. Giant Bayan Tree ini berasa di Mundak, Banjar Buleleng.

13. Taman Festival Bali.

 Tempat wisata gratis di Bali © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@qian_jack_daniell

Jika kamu menggemari wisata horor dan misteri dapat juga merasakan sensasi berwisata di spot paling menyeramkan di Bali ini. Taman Festival adalah taman hiburan luas di Sanur yang pembangunannya terbengkalai. Kini bangunanyanya dengan atap yang hilang ini penuh corat-coret. Tempat ini bisa bikin bulu kudukmu berdiri. Taman Festival terletak di sepanjang Jalan Pantai Padang Galak di Sanur

14. Anand Ashram, Ubud.

 Tempat wisata gratis di Bali © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@pat.martinezs

Kalau kamu memerlukan keheningan di bentangan alam yang masih alami, bisa menemukan salah satunya di Anand Ashram yang terletak di Ubud. Kicauan burung dan aliran air yang menghiasai suasana membuat banyak pengunjung dapat melakukan yoga dan meditasi atau sekadar menenangkan diri. Dijamin di tempat ini kamu akan betah seharian menikmati suasanya. Lokasinya di Jalan Sri Wedari Km.3 Ubud, Bali.

15. Pantai Kelen.

 Tempat wisata gratis di Bali © 2019 brilio.net

foto: Instagram@bucek

Pantai Kelen adalah tempat terbaik untuk menyaksikan sunset dengan aksen foto pesawat yang sedang landas menuju matahari. Lokasiya belakang Bandara Internasional Ngurah Rai, cocok untuk bersantai di sore hari. Tempat wisata gratis yang tak banyak orang tahu ini menyimpan ornamen laut unik dan jarang dijumpai. Di sini kamu juga bisa menyaksikan burung besi yang terbang dan turun menapaki bandara. Lokasi Pantai Kelen di Kabupaten Badung, Kuta.

16. Pantai Suluban.

 Tempat wisata gratis di Bali © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@danielweldy

Di Pantai Suluban terdapat area yang memiliki keindahan memesona yaitu Gua Suluban. Gua Suluban juga tembus mengarah ke pemandangan laut yang memberikan efek mistis. Berlokasi persis di bawah Uluwatu, gua ini merupakan jalan menuju pantai dekat Pura Uluwatu, pura yang menakjubkan yang juga harus kamu kunjungi.

17. Kampung perajin Desa Celuk.

 Tempat wisata gratis di Bali © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@balikami

Prapen, salah satu workshop dan toko perhiasan paling terkenal di desa ini dimiliki anak-cucu perajin perak ternama. Terletak di desa yang tersohor akan kerajinan peraknya, Prapen memproduksi berbagai perhiasan perak menggunakan teknik rahasia yang dipelajari secara turun-temurun selama berabad-abad. Di sini kamu dapat melihat dan belajar langsung cara membuat perhiasan perak. Lokasinya di Jalan Jagaraya, Celuk, Gianyar.

19. Pantai Geger.

 Tempat wisata gratis di Bali © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@photographybysunnyday

Berada di kawasan Nusa Dua yang elit, meskipun beberapa bagiannya tersentuh oleh pembangunan pariwisata, namun sisi lain dari Pantai Geger tetap dibiarkan seperti adanya. Bahkan, beberapa spot dari surga yang tersembunyi jadi tempat favorit para pecinta pantai yang hendak menjauh dari keramaian. Kamu juga bisa menikmati pertanian rumput laut dan mengamati para petani yang beraktivitas melakukan pekerjaan

20. Pura Taman Saraswati.

 Tempat wisata gratis di Bali © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@avianneflu

Di siang hari, keindahan Pura Taman Saraswati sudah mengundang banyak decak kagum, namun di malam hari suasananya jauh lebih magis. Dikenal sebagai Ubud Water Palace oleh wisatawan asing, di sini kamu akan menjumpai sebuah kolam teratai besar yang terbelah oleh sebuah jembatan menuju gapura utama. Keindahan arsitektur tempat ini sangat menakjubkan. Pura ini berlokasi di Jalan Raya Ubud, Gianyar, Bali.

21. Pantai Sanur.

 Tempat wisata gratis di Bali © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@r_djangkaru

Banyak pantai yang bisa kamu kunjungi di Bali, salah satunya Pantai Sanur yang ada di Denpasar, yang menyuguhi pemandangan berwarna-warni dari perahu-perahu layar milik nelayan. Kapal-kapal nelayan ini menghiasai pantai di siang hari, karena biasanya para nelayan melaut di malam hari dan menjual tangkapannya di pasar ikan pada pagi hari. Kalau kamu ingin berselancar atau bersnorkeling di sekitar lepas Pantai Sanur, perahu-perahu jukung ini juga dapat di sewa lho.

22. Danau Batur.

 Tempat wisata gratis di Bali © 2019 brilio.net

foto:Instagram/@finabungaaa

Danau Batur merupakan danau kawah yang berada di salah satu gunung berapi aktif di Bali yaitu, Gunung Batur. Pemandangannya yang indah, alami dan airnya yang jernih ini cocok kamu kunjungi sebagai salah satu tempat gratis yang cantik.

23. Pantai Nyang Nyang.

 Tempat wisata gratis di Bali © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@hendrie.tio

Pantai dengan pasir lembut berwarna putih bersih ini lokasinya cukup terpencil karena dikelilingi tebing menjulang tinggi yang tertutup tumbuhan hijau. Jadi, kalau kamu hobi menjelajah dan ingin mencari ketenangan, maka pantai terpencil di selatan Bali ini adalah tempatnya. Untuk menuju tempat ini juga diperlukan usaha yang ekstra, seperti melintasi sebuah padang hingga menuruni sekitar 500 buah anak tangga menuju langsung ke pantai. Lokasi Pantai Nyang-nyang ini berada di Jalan Raya Uluwatu, Uluwatu, Bali.

24. Campuhan Ridge Walk.

 Tempat wisata gratis di Bali © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@campuhantrek

Campuhan Ridge Walk merupakan sebuah jalur pendek melintasi persawahan, gubuk-gubuk tradisional, dan vila-vila indah dengan suasana yang amat romantis. Hal menarik lainnya dari Cempuhan Ridge Walk adalah lokasinya berada di kawasan suci Pura Gunung Lembah, Ubud, Bali. Tempat ini tidak terlalu populer karena berada di belakang sebuah hotel. Tempatnya masih alami dan terjaga keasriannya. Aktivitas yang bisa kamu lakukan yaitu jogging maupun treking di Bukit Cempuhan.

25. Desa Pinggan.

bali Instagram

foto: Instagram/@yukarirantisarii

Di Desa Pinggan ini kamu dapat memikmati panorama Gunung Batur yang megah. Dari sini pemandangan terlihat elok dan anggun. Di tempat yang suasananya sunyi dan nyaman ini, kamu juga dapat melihat matahari terbit dan terbenam, dan itu merupakan momen paling oke dalam menikmti keindahan Gunung Batur. Dari Ubud kamu dapat menempuh jarak 45 km menuju Desa Pinggan.

RECOMMENDED BY EDITOR

Pilih Reaksi Kamu



Tags

Bali Pariwisata Indonesia Jalan-jalan Travelling Traveling
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE