Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Jalan-Jalan
Dwiyana Pangesthi (brl/vin)

15 Agustus 2019 08:03

21 Museum di Jogja ini punya spot Instagramable, nggak bosenin

Bisa jadi alternatif untuk liburan di akhir pekan..

21 Museum di Jogja ini punya spot Instagramable, nggak bosenin

View Image



Brilio.net - Jogja sebagai provinsi bergelar Istimewa ini juga terkenal dengan sebutan Kota Pelajar. Banyak pelajar dari berbagai daerah datang untuk menimba ilmu di Yogyakarta. Banyak destinasi wisata yang dapat kamu jelajahi untuk sekadar menghabiskan waktu saat libur atau sembari mencari inspirasi.

Banyaknya destinasi wisata yang disuguhkan Jogja seperti wisata gunung, pantai, dan tempat rekreasi lainnya. Nggak heran kalau Jogja membuat siapapun betah untuk berlama-lama. Ternyata nggak hanya itu saja, Jogja juga memiliki puluhan museum yang dapat kamu kunjungi untuk menambah pengetahuan mengenai budaya dan sejarah. Jadi kamu nggak hanya dapat ilmu sejarah dan budaya dari materi kampus, bahkan bisa mencarinya sendiri diberbagai museum yang ada di Yogyakarta.

Dengan mudah kamu akan menemukan banyak museum dengan berbagai macam koleksi di dalamnya. Selain menambah pengetahuan dengan melakukan kunjungan wisata ke museum, kamu juga dapat bersantai menikmati suasana museum yang tenang. Kesan kuno dan membosankan nggak bakal kamu temui saat berkunjung di museum yang ada di Yogyakarta.

Beberapa museum banyak memiliki spot Instagramable yang bisa digunakan untuk mengabadikan momen atau bergaya ala Outfit Of The Day (OOTD). Pastinya spot foto ini nggak akan terlihat kuno dan jadul. Nah beberapa museum di Jogja ini cocok untuk kamu kunjungi dan memiliki daya untuk mempercantik Instagram. Yuk kita simak 21 museum di Jogja yang populer dan Instagramable sebagaimana brilio.net himpun dari berbagai sumber, Rabu (14/8).

1. Museum Ulen Sentalu.

Loading...

Museum Instagramable © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@nontiara

Museum Ulen Sentalu terletak 25 kilometer dari Kota Jogja atau tepatnya berada kawasan Kaliurang, Kabupaten Sleman. Di museum ini banyak menyimpan koleksi bersejarah dari Kesultanan Mataram dan penerusnya. Kamu juga bisa mendapatkan informasi mengenai beberapa jenis batik yang memiliki arti dan makna di setiap coraknya. Bahkan kamu juga bisa belajar bagaimana sejarah dan cara membatik.

Jika puas berkeliling melihat koleksi, pengunjung dapat menikmati pemandangan yang asri dan udara sejuk di sekeliling museum. Letak museum sendiri tepat berada di bawah lereng Gunung Merapi. Ada beberapa spot foto yang Instagramable seperti replika relief salah satu Candi Borobudur yang sengaja diletakkan miring dan banguan-bangunan unik lainnya. Harga tiket masuk untuk museum sebesar Rp 30 ribu untuk dewasa dan Rp 15 ribu untuk anak-anak.

2. Museum Affandi.

Museum Instagramable © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@yenyenn_

Siapa sih yang nggak mengenal sosok maestro seni lukis Indonesia, Affandi? Sesuai namanya museum ini menyimpan koleksi-koleksi lukisan  keren Affandi. Di museum ini ada 4 galeri yang memajang karya lukisan Affandi di sepanjang hidupnya. Nggak cuma mengagumi lukisannya saja, pengunjung juga bisa berfoto di berbagai sudut yang Instagramable.

Deretan lukisan atau patung bisa jadi background foto. Letaknya berada di tepi Sungai Gajah Wong atau Jalan Laksda Adisucipto Nomor 167, Yogyakarta. Cukup dengan membayar tiket Rp 20 ribu, kamu juga akan mendapatkan bonus minuman dingin.

3. Museum Gunung Merapi.

Museum Instagramable © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@julio_ventino

Kamu yang ingin memperdalam dan mencari tahu tentang Gunung Merapi bisa langsung datang ke Museum Gunung Merapi. Letaknya berada di Jalan Kaliurang kilometer 22, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Di museum yang berbentuk unik dan memiliki dua lantai ini sangat menarik dikunjungi. Dari sini pengunjung dapat menyaksikan pemandangan megahnya Gunung Merapi dari dekat ataupun dapat masuk menikmati film pendek berjudul Mahaguru Merapi di dalam teater mini.

Selain melihat benda-benda sisa letusan dan foto-foto Gunung Merapi dari tahun ke tahun banyak juga alat peraga mulai dari display letusan dan erupsi Merapi. Sembari menyusuri tiap sudut museum, terdapat juga spot epik yang Instagramable yang bisa kamu gunakan untuk foto. Harga tiketnya cuma Rp 3 ribu dan untuk menonton film Rp 5 ribu.

4. Museum Sonobudoyo.

Museum Instagramable © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@devikaefer

Museum ini berlokasi tepat berada di nol kilometer Yogyakarta atau di Jalan Pangurakan Nomor 6, Ngupasan, Gondomanan. Museum ini memiliki koleksi tentang kebudayaan Jawa terlengkap setelah Museum Nasional Indonesia yang ada di Jakarta. Ada lebih dari 40 ribu benda bersejarah dan penting. Mulai dari kategori filologi, seni rupa, arkeologi, hingga historika. Di waktu tertentu, kamu juga dapat menonton pagelaran wayang. Jalan menyusuri ruangan museum terdapat bangunan berbentuk gapura ala kerajaan kuno yang cantik dan Instagramable. Harga tiket museum ini hanya Rp 3 ribu untuk dewasa dan Rp 2.500 untuk anak-anak.

5. Museum Jogja Kembali.

Museum Instagramable © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@ndaridarmodjo

Museum Jogja Kembali atau dikenal dengan Monjali ini menyimpan informasi sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Museum ini merupakan simbol kembalinya pemerintahan Republik Indonesia setelah kekalahan Belanda. Selain koleksinya yang lengkap, bentuk bangunannya yang unik, yakni kerucut. Bentuk bangunan tersebut menjadi daya tarik. Letaknya berada di jalan Lingkar Utara, Yogyakarta.

Banyak replika, foto, dokumen maupun senjata yang digunakan pada perang kemerdekaan. Di luar museum terdapat pula area yang menarik yaitu taman lampion yang dapat kamu nikmati pada malam hari. Cukup dengan Rp 10 ribu, kamu bisa masuk ke wisata edukasi ini.

6.  Museum TNI AU Dirgantara Mandala.

Museum Instagramable © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@diankatrok

Berbagai macam pesawat dapat kamu lihat di Museum TNI AU Dirgantara Mandala. Museum ini berada di kompleks pangkalan udara Adi Sucipto, Yogyakarta. Di museum ini terbagi menjadi 6 gedung, 28 diorama dan 36 pesawat. Kamu dapat sekadar melihat atau menaiki beberapa pesawat yang ada. Sejumlah foto tokoh-tokoh penting serta diorama peristiwa sejarah juga terpajang rapi. Hanya dengan Rp 3 ribu per orang, kamu juga bisa hunting foto dengan suasana ala TNI AU yang Instagramable.

7. Museum Biologi UGM.

Museum Instagramable © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@alfathbagas_

Museum Biologi UGM yang berlokasi di Jalan Suktan Agung Nomor 22 Yogyakarta, sangat bagus untuk wisata media pembelajaran. Museum Biologi UGM bisa jadi saran untuk belajar tentang flora dan fauna yang ada. Berbagai flora dan fauna yang diawetkan dapat ditemukan di Museum Biologi UGM. Tak hanya flora dan fauna Indonesia saja, ada juga beberapa koleksi dari luar negeri. Museum ini buka dari Senin sampai Jumat karena Sabtu dan Minggu tutup.

8. Museum Benteng Vredeburg.

Museum Instagramable © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@wisatajogja_

Benteng Vredeburg pertama kali dibangun pada tahun 1760 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I. Museum tersebut menjadi tempat belajar soal peristiwa sejarah yang terjadi di Yogyakarta. Museum tersebut tersedia koleksi adegan peristiwa sejarah dalam bentuk diorama. Museum dengan gaya arsitektur Belanda ini memiliki 4 ruang diorama. Setiap ruang diorama mengambarkan peristiwa berbeda seperti Perang Diponegoro, Proklamasi Kemerdekaan, Perjanjian Renville dan Peristiwa pada masa Orde Baru.

Selain itu letaknya yang strategis di kawasan jantung Kota Jogja, Museum Benteng Vredeburg selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Bangunan kuno khas Belanda jadi spot Instagenic yang jadi buruan anak-anak hits.

9. Museum Bahari.

Museum Instagramable © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@zukhrofarizkia

Banyak wawasan dan pengetahuan mengenai kemaritiman atau kelautan di museum Bahari. Letaknya berada di daerah Wirobrajan, Jalan R.E. Martadinata Nomor 69, Yogyakarta, Museum Bahari yang didesain menyerupai kapal ini memiliki koleksi antara lain senjata meriam, bom laut, hingga torpedo teropong radio komunikasi. Ada juga peralatan audio visual untuk pemutaran film yang berkaitan dengan laut. Selain tiketnya yang murah banget, yakni cuma seribu, kamu juga bisa foto di museum yang Instagramable baik di dalam atau luar kapal.

10. De Mata Trick Eye Museum.

Museum Instagramable © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@annecayer

Museum kali ini unik dan kekinian. De Mata Trick Eye Museum adalah tempat yang asyik dan favorit untuk anak zaman sekarang. Tersedia berbagai macam mural dan gambar tiga dimensi untuk bergaya. Tempat yang populer dan Instagramable ini lokasinya berada di XT Square Jogja. Banyak bisa berfoto di beberapa spot bertema seperti alam, hewan, olahraga dan banyak lainnya. Untuk dapat bergaya dan berfoto di museum ini kamu harus mengeluarkan uang tiket sebesar Rp 30 ribu.

11. Museum Tembi.

Museum Instagramable © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@iketutwuri

Museum Tembi berada di Jalan Parangtritis kilometer 8,4, Bantul Yogyakarta. Tempat ini dibangun untuk memamerkan budaya Jawa. Museum Tembi juga dikenal orang dengan sebutan Rumah Budaya Tembi.

Museum Tembi ini kerap dijadikan spot untuk banyak pertunjukan seperti wayang, tari, dan pelatihan pranata adicara. Dalam museumnya banyak koleksi peralatan dapur tradisional, gamelan, tempat tidur, hingga bebagai macam batik. Bangunannya yang etnik ini juga dilengkapi dengan fasilitas penginapan dan kolam renang.

Untuk masuk ke Museum Tembi tidak dipungut biaya alias gratis. Kamu juga bisa berfoto-foto di sekitar museum yang memiliki pemandangan pedesaan. Buat kamu yang butuh suasana segar bisa mampir ke Museum Tembi. Spotnya Instragramable pastinya!

12. Museum Sasmitaloka.

Museum Instagramable © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@md_fza

Museum Sasmitaloka Panglima Besar Jenderal Sudirman berada di Jalan Bintaran Wetan Nomor 3, Yogyakarta. Tempat ini dulunya merupakan kediaman resmi Jenderal Sudirman, setelah dilantik menjadi panglima. Banyak barang digelar di ruangan pameran yang semuanya pernah digunakan Jenderal Sudirman. Kamu bisa menyusuri setiap ruang rumah yang ada seperti, tempat tidur Jenderal Sudirman, ruang tamunya, ruang tidur putra-putrinya, ruang sertifikat dan banyak lainnya. Karena tempat ini ditujukan untuk mengingat perjuangan Jenderal Sudirman, pengunjung dibebaskan dari tiket masuk. Kamu bisa berfoto dimegahnya museum yang instagramable ini.

13. Museum Perjuangan Yogyakarta.

Museum Instagramable © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@widarkohartono

Setiap bangunan di museum ini memiliki makna tersendiri seperti di bagian depan pintu masuk berjumlah 17, kemudian daun pintu masuk memiliki 8 buah. Jendela pada sekeliling dinding luar museum juga berjumlah 45 buah. Selain itu, museum ini juga dilengkapi relief dan beberapa patung kepala pahlawan nasional seperti Pangeran Diponegoro dan R.A. Kartini. Museum ini berada di Jalan Kolonel Sugiono Nomor 24 Yogyakarta.

14. Museum Kereta Keraton.

Museum Instagramable © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@debbysilvianisinaga

Museum Kereta Keraton terletak di bagian barat Keraton Yogyakarta. Kamu bisa melihat berbagai koleksi kereta milik Keraton. Berbagai macam kereta kuda dari abad-abad lampau terawat di museum, bahkan ada juga yang buatan Eropa.

Dengan harga tiket Rp 5 ribu, kamu bisa berfoto di antara kereta kuno. Selain antik, bangunan etnik ini mampu memberikan sensasi berada di masa lampau. Pada momen tertentu seperti tanggal 1 Suro sering diadakan ritual pemandian kereta-kereta pusaka. Salah satu kereta yang tertua adalah Kereta Kanjeng Nyai Jimat.

15. Museum Puro Pakualaman.

Museum Instagramable © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@ayolho

Setelah masuk ke area Pakualaman, siapa sih yang nggak ingin berfoto di tempat Instagramable bernama Museum Puro Pakualaman? Di museum yang klasik, kamu akan mendapatkan banyak foto epic. Museum yang diresmikan pada 29 Januari ini terletak sekitar 2 kilometer dari Malioboro. Sebelum masuk museum, kamu akan menjumpai Gerbang Regol Wiwara Kusuma yang megah. Koleksi yang ada di Museum Puro Pakualaman merupakan peninggalan Raja Pakualaman.

16. Museum Candi Prambanan

Museum Instagramable © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@bachrulal

Candi Prabanan memang menjadi salah satu destinasi wisata Jogja yang terkenal. Di area candi, kamu dapat melihat koleksi peninggalan sejarah Indonesia. Bangunanya bergaya tadisional Jawa berbentuk pendopo. Selain mengunjungi museum, bisa pula arena berlatih musik gamelan sembari menikmati kesejukan taman-taman di sekitar museum Candi Prambanan. Kamu bisa mendapatkan foto Instagenic dari sudut lain Candi Prambanan.

17. Museum Keraton Ngayogyakarta.

Museum Instagramable © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@astuty_sfr

Masih berada di kompleks keraton sebelah barat. Museum Keraton Yogyakarta ini berisi barang-barang jejak Sultan Hamengkubuwono IX dan benda-benda keraton lainnya. Begitu juga dengan adat istiadat yang kental menjadi daya tarik bagi wisatawan. Selain banyak para abdi dalem yang berjaga di museum, kamu juga bisa menyaksikan beberapa pagelaran seni di museum.

Bangunan-bangunan seni di Keraton Yogyakarta juga menjadi salah satu bagian memikat yang nggak bisa dilewatkan untuk berfoto. Harga tiket masuk museum sebesar Rp 7 ribu.

18. Museum Wayang Kekayon.

Museum Instagramable © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@museumwayangkekayon

Jika kamu berjalan-jalan melintasi Jalan Raya Yogya-Wonosari kilometer 7, jangan lupa mampir di Museum Wayang Kekayon. Museum tersebut memiliki koleksi wayang dari abad ke-6 hingga abad ke-20. Beberapa di antaranya ada yang terbuat dari kayu, kulit, kain, hingga kertas. Selain itu, terdapat juga bangunan pendapa yang lebih kecil dengan arsitektur Jawa. Pengunjung dikenakan biaya masuk Rp 7 ribu per orang. Terjangkau banget, kan?

19. Museum History of Java.

Museum Instagramable © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@olivialembono

Sudah berkunjung ke museum dengan bentuk yang Instagramable bernama Museum History of Java? Banyak sekali pengetahuan sejarah yang belum kita tahu. Tidak hanya itu, museum ini memiliki banyak fasilitas canggih. Mungkin bagi sebagian orang yang belum berkunjung mengira bahwa museum ini sama seperti museum yang lain. Tapi ada sisi unik dari Museum History of Java.

Museum ini dilengkapi dengan Augmented Reality teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata. Teknologi tersebut mampu memproyeksikan benda-benda maya dalam waktu nyata. Bukan hanya itu, museum ini juga terdapat ruang audio visual, area selfie dan masih banyak lagi. Museum ini dibanderol Rp 30 ribu per orangnya.

20. Museum Sandi.

Museum Instagramable © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@freddywally

Musem Sandi yang berlokasi dekat dengan Tugu Jogja ini merupakan museum pertama dan satu-satunya yang ada di Indonesia. Kamu bisa menemukan aneka koleksi mesin sandi buatan Indonesia dan luar negeri. Tak hanya itu, aneka dokumentasi persandian dalam bentuk gambar dan diorama serta sepeda kurir pengantar sandi rahasia jadi koleksinya.

Museum Sandi jadi tempat untuk belajar tentang sejarah ilmu persandian tanpa di pungut biaya. Bangunannya yang terdiri dua lantai ini memiliki tangga yang sangat bagus untuk spot OOTD.

21. Museum Dewantara Kirti Griya.

Museum Instagramable © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@nverad

Museum Dewantara Kirti Griya Jogja ini berisikan karya-karya dan rekaman perjuangan Ki Hajar Dewantara dari muda hingga wafat. Museum terkenal di Jogja ini menceritakan biografi sosoknya mulai dari foto-foto, lukisan dan benda peninggalan ki hajar dewantara. Museum ini termasuk kategori museum pendidikan dan ilmu pengetahuan. Fasilitas lainnya yang ada pada museum ini antara lain berupa pendopo dan perpustakaan.

Pengunjung dapat melihat dengan jelas kehidupan sehari-hari Ki Hajar Dewantara semasa hidupnya. Museum ini menyimpan lebih dari 3.000 buah koleksi meliputi perabot rumah tangga, naskah, buku, foto, majalah, surat dan lainnya. Lokasi museum ini di Jalan Taman Siswa Nomor 25, Yogyakarta. Harga tiket masuknya cuma Rp 2 ribu per orang.

RECOMMENDED BY EDITOR

Pilih Reaksi Kamu



Tags

Museum Wisata Jogja Instagram Jalan-jalan Pariwisata Indonesia
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE