Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Jalan-Jalan
Dwiyana Pangesthi (brl/guf)

24 Agustus 2019 13:01

20 Tempat wisata Pacitan yang hits, indah dan nyaman

Pacitan merupakan salah satu destinasi yang memiliki banyak wisata alam..

20 Tempat wisata Pacitan yang hits, indah dan nyaman

View Image



Brilio.net - Pacitan merupakan sebuah kota yang terletak di Jawa Timur, lokasinya berada di barat daya Surabaya dan juga berbatasan langsung dengan Jawa Tengah. Pacitan dikenal memiliki destinasi wisata dengan keindahan yang memesona. Seperti wisata goa-goa karst, air terjun dan pantainya yang berada di sepanjang pantai selatan yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Bentang alam ini menjadikan Pacitan sebagai salah satu destinasi yang memiliki banyak wisata alam.

Jika kamu berencana liburan menikmati alam secara bebas, kota ini adalah salah satu pilihan yang tepat. Di sana banyak destinasi wisata yang dapat kamu kunjungi. Salah satu destinasi wisata pantai yang terkenal adalah Pantai Klayar. Keindahan pantai ini tak kalah dengan pantai yang ada di Bali.

Nggak hanya itu, kota ini juga mendapat julukan Kota 1001 Gua. Di mana terdapat salah satu goa yang terindah se-Asia Tenggara dan tentunya masih banyak lagi goa-goa yang indah lainnya. Memang tempat wisata Pacitan tidak kalah dengan wisata di kota besar lainnya.

Berikut 20 tempat wisata Pacitan yang hits, indah dan nyaman, brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (24/8).

1. Pantai Taman.

Loading...

Wisata Pacitan © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@Pacitan_paradise

Di Pantai Taman kamu dapat menikmati wahana yang menantang adrenalin, permainan flying fox. Flying fox di sini merupakan terpanjang di Indonesia sepanjang 450 meter dengan ketinggian 74 meter. Wahana ini meluncur dari puncak bukit dan mendarat di Pantai Taman. Gimana berani mencoba? Tenang, keselamatan di tempat ini sangat diperhatikan. Selain itu banyak aktivitas yang dapat kamu lakukan seperti menikmati permainan outbond atau melihat penangkaran penyu.

2. Pantai Klayar.

Wisata Pacitan © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@acep_edward

Pantai Klayar merupakan salah satu pantai ter-hits dan nyaman yang selalu ramai dikunjungi. Pantainya yang luas dan batu-batu karang yang banyak dengan betuk unik menjadi daya tarik pantai ini. Lokasinya ada di Kecamatan Donorojo, sekitar 45 km dari Kota Pacitan. Di pantai ini juga terdapat "seruling laut" keunikan yang tidak dapat ditemukan di pantai lain. Seruling laut merupakan batu karang besar yang memiliki celah. Setiap kali ombak besar datang membawa air laut yang masuk, kemudian air akan menyembur keluar dan menimbulkan bunyi seperti siul pada seruling.

3. Gua Gong.

Wisata Pacitan © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@Pacitantrip

Gua tercantik se-Asia Tenggara ini berada di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Pacitan. Kamu akan terkagum-kagum dengan keindahan gua yang juga ditambahi penerangan lampu berwarna-warni sehingga menambah pesona stalagtit gua ini semakin keren. Kamu dapat menyusuri goa sambil menyusuti jalan setapak yang panjangnya kurang lebih 300 meter. masuk ke dalam gua terdapat tujuh ruang dan empat sendang. Oranamen tertentu di dalam goa ini dapat menghasilkan bunyi, sehingga gua ini dinamakan Gua Gong.

4. Pantai Banyu Tibo.

Wisata Pacitan © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@pantaibanyutiboPacitan

Pantai ini merupakan pantai yang indah dan berlokasi di Desa Widoro, Kecamatan Wonorojo, dan masih segaris dengan Pantai Klayar. Dinamakan Pantai Banyu Tibo karena tepat dipinggir pantai terdapat air terjun di mana airnya langsung terjun dan mengalir ke pantai selatan. Dalam Bahasa Jawa arti Banyu Tibo adalah air yang jatuh atau air terjun. Unik sekali setelah puas bermain dipantai kamu dapat bilas dengan air tawar di air terjun ini. kamu juga bisa sekedar duduk-duduk di atas batu karang.

5. Pantai Srau.

Wisata Pacitan © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@taskokene

Meski pantai ini tak se-terkenal Pantai Klayar namun keindahan pantai ini bisa bikin kamu nyaman seharian menikmati suasananya. Pantai Srau berada di Desa Candi, Kecamatan Pingkuku, sekitar 25 km dari Pacitan. Saat kamu mengunjungi pantai ini, tak hanya disuguhi oleh satu pantai saja, melinkan tiga pantai dengan ciri khas berbeda. Pantai pertama berpasir putih dan halus, pantai kedua pasirnya lebih kasar dan dan dikelilingi batu karang. Sedangkan pantai ketiga agak berbeda dengan kedua pantai itu yaitu tanpa hamparan pasir dengan, berupa batu karang yang bisa kamu gunakan untuk duduk sembari menikmati pemandangan.

6. Pantai Buyutan.

Wisata Pacitan © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@pantaibuyutan

Pantai ini berada di Kecamatan Donorojo, Pacitan. Perjalanan yang dapat ditempuh sekitar 1,5 jam perjalanan dari pusat Kota Pacitan. pantai buyutan ini memiliki pantai yang panjang dengan keindahan pasir putihnya. Di sekitar pantai terdapat batu karang yang saat sedang pasang hanya terlihat bagian atasnya saja. Di pantai ini juga ada watu nerada yang menjadi salah satu daya tarik utama, bentuk batu karang yang mirip tokoh wayang Betara Narada.

7. Sungai Maron.

Wisata Pacitan © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@fallonasiscylpriscilla

Di Kota Pacitan juga memiliki sungai-sungai besar dan populer untuk tempat wisata menikmati pemandangan sekitar yang menawan. Sungai ini sangat penting dan menjadi sumber mata air dan habitat alami ikan tawar yang dimanfaatkan warga di dua desa yaitu Desa Dersono dan Desa Sendang. Nggak heran jika sungai ini selalu dijaga sehingga selalu bersi dan asri. Sungai Maron memiliki kedalaman sekitar 20 meter. Wisatawan dapat melakukan aktivitas seperti menyusuri sungai dengan dengan perahu yang disewakan pengelola.

8. Pantai Watu Karung.

Wisata Pacitan © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@milamonaa

Lokasi pantai ini berada di Desa Widoro, Kecamatan Donorejo, memang agak tersembunyi. Namun setelah kamu tiba di sana, rasa itu akan terbayarkan dengan pemandangan pulau karang air laut yang kehijauan serta pantainya yang benar-benar bersih dan pasir putih yang lembut. Pantai ini memiliki ombak yang cukup kuat, cocok bagi para penggemar selancar. Kamu juga bisa bersantai di pantai yang indah ini dengan menikmati aneka sajian kuliner yang lengkap dan enak.

9. Pantai Kasap.

Wisata Pacitan © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@wonderfuljogja

Pantai Kasap ini sering disebut sebagai miniaturnya Raja Ampat. Pantai yang terlketak di Dusun Ketro, Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku, Pacitan, memang memiliki keindahan yang memesona dengan air lautnya berwarna biru. Kamu dapat menikmati pemandangan pantai ini dari atas bukit yang ada di samping pantai dan melihat gugusan-gugusan pulau kecil yang berwarna hijau bak di Raja Ampat. Pemandangan semakin mirip karena di pantai ini terdapat spot gardu pandang kayu mirip dengan yang di Raja Ampat.

10. Gua Tabuhan.

Wisata Pacitan © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@jatimfolk

Gua Tayang sangat hits ini juga menarik untuk dikunjungi. Di goa ini kamu bisa menikmati alunan musik gamelan. Karena warge setempat membentuk kelompok musik live gamelan yang akan mengiringi sepanjang perjalanan saat kamu berpetualang di gua ini. Bukan menggunakan alat gamelan pada umumnya, mereka menggunakan media batuan stalagmit untuk bermain musik seperti halnya gamelan. Gua ini letaknya di Kecamatan Punung dan tidak terlalu jauh dari Gua Gong. Kamu bisa menyusuri gua yang memiliki kedalaman sekitar 100 meter dan memiliki dua ruangan.

11.Pantai Wawaran.

Wisata Pacitan © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@seputarPacitan

Pantai ini merupakan perikanan di Pacitan. Walaupun menjadi tempat pusat aktivitas jual beli ikan, namun pantai ini nggak boleh kamu lewatkan. Pantai Wawaran ini memiliki pasir putih dan air lautnya pun biru. Pasti keindahannya juga menjadi daya tarik tersendiri. Ditambah jika kamu berlibut ke sini tisdak akan dikenakan biaya sepeserpun alias gratis. Spot yang indah dan nyaman untuk berfoto-foto juga loh.

12. Pantai Kunir.

Wisata Pacitan © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@supersulis

Lokasi pantai yang berada di desa Pager Kidul, Kecamatan Sudimoro memang memiliki akses yang lumayan sulit. Jika kamu memang suka berpetualang mencari tempat yang tergolong sepi dan privat Pantai Kunir bisa jadi pilihan yang pas. Pantai ini memiliki panorama yang sangat indah dan ombak yang sedang. Kamu bisa melakukan akivitas seperti bermain-main dengan air laut maupun menikmati keheningan pantai dan merupakan tempat yang nyaman untuk mencari inspirasi.

13. Pantai Karang Bolong.

Wisata Pacitan © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@Pacitantrip

Pantai Karang Bolong masih berada di sekitar Pantai Klayar, lokasinya sama dengan Klayar. Bahkan jalur retribusinya masih sama dengan Pantai Klayar. Jika kalian ingin mencri suasana yang berbeda dan tidak terlalu ramai kamu bisa mengunjungi Pantai Karang Bolong ini. Meski nggak setenar Pantai Klayar, namun suasananya tak kalah eksotik. Di pantai ini terdapat batu karang yang berlubang sehingga karena faktor geologis.

14. Pantai Pindakan.

Wisata Pacitan © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@singgihcandraa

Pantai Pindakan terkenal dengan keindahan alam dan kesejukannya. Lokasi pantai ini berada di Dusun Godek Kulon, Desa Jetak, Kecamatan Tulakan, 50 km dari Kota Pacitan. Kamu bisa melewati Jalur Lintas Selatan, karena pantai ini berada 2 km dari jalur tersebut. Hal yang sangat unik dan yang membedakan pantai ini dengan pantai-pantai lain yang berada di Pacitan adalah rincian dari material pantainya 70 persen yaitu bebatuan alam dan sisanya merupakan pasir putih, sehingga di sana terdapat banyak batuan-batuan alam dalam berbagai variasi bentuk maupun ukuran.

15. Pantai Kali Uluh.

Wisata Pacitan © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@purwantoquick

Lokasinya di Desa Klesem, Kecamatan Kebonagung, Pacitan. Pantai ini masih asri karena belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Selain itu suasananya sangat nyaman karena tidak telalu banyak orang yang berlalu-lalang. Di tempat ini kamu bisa melakukan kegiatan dengan teman-teman seperti berkemah dengan pemandangan pantai yang asik atau sekadar bermain bola voli di atas pasir pantai. Di sekitar pantai juga terdapat banyak pepohonan yang rindang cocok untuk makan bersama ala piknik-piknik.

16. Grojogan Dhuwur.

Wisata Pacitan © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@hafizh_naufalr

Grojogan Dguwur berada di Dusun Barong Kiulon, Desa Candi, Kecamatan Pringkuku. Kamu akan mendapatkan keindahan alam yang memukau. Bahkan keindahan alam ini sulit untuk dilupakan. pemandangan berupa pepohonan hijau diantara genmercik air terjun yang berjatuhan serta terlihat kolam raksasa dengan warna matural bitu yang jernih bisa menjadi obat kepenatan. Kamu bisa berenang di grojogan yang memiliki tiga aliran yang menyegarkan ini.

17. Sungai Cokel.

Wisata Pacitan © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@visiteastjava

Sungai Cokel terletak di Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku, sekitar 25 km dari kota Pacitan. Sungai yang biru ditambah ratusan pohon kelapa di kanan kirinya membuat daya tarik tersendiri di sungai yang terletak persis di dekat Pantai Watukatung ini. Ada dua cara untuk menikmati Sungai Cokel ini yang pertama dengan berjalan dan menikmati keindahan sungai dan panorama alam khas Pacitan yang berbukit. Yang kedua dengan meikmati dia atas air dengan mendayun sebuah papan Stand-Up Paddle Board. Tempat wisata yang menarik kan?

18. Curug Gringsing.

Wisata Pacitan © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@mbolangjatim

Jurug Gringsing atau banyak yang menyebutnya sebagai Air Terjun Gringsing ini merupakan destinasi wisata yang terdapat di Dusun Krajan, Desa Ploso Kecamatan Tegalombo. Tak hanya jadi wisata hits bagi para wisatawan, Jurug Gringsing ini juga menjadi salah satu lahan penghasilan masyarakat sekitar. Lokasinya masih sangat asri, deburan air dipadu dengan indahnya alam yang hijau. Sangat rekomended untuk “kabur” menyenangkan dari berbagai tuntutan pekerjaan. Jadi, setelah jelajah pantai di Pacitan, kamu bisa jalan-jalan ke Jurug Gringsing.

19. Hutan Pinus Gemaharjo.

Wisata Pacitan © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@diiyah_ridho_

Selain terkenal dengan wisata pantai dan goanya, Kabupaten Pacitan juga memiliki wisata hutan pinus, yang kalah menariknya dari dua wisata alam tersebut. Wisata hutan pinus yang paling hits di Pacitan adalah Hutan Pinus Gemaharjo. Wisata Hutan Pinus Gemaharjo ini berada di dataran tinggi yang memiliki pamandangan indah dan udara yang sejuk. Di Hutan Pinus Gemaharjo ini, juga banyak sekali obyek-obyek fotonya yang keren dan kekinian banget, contohnya saja seperti hammock, gardu pandang yang berada diatas pohon, dan masih banyak lagi. Hutan Pinus Gemaharjo lokasinya berada di Desa Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur.

20. Air Terjun Mini, Pantai Ngandul.

Wisata Pacitan © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@jarambahnusantara

Kamu mungkin sudah mengenal keindahan Pantai Buyutan di Pacitan. Tapi mungkin hanya sedikit yang mengetahui ada air terjun tersembunyi yang tak boleh dilewatkan bila berkunjung ke pantai ini. Letaknya memang sedikit tersembunyi, tapi pamornya sudah membuat wisatawan lokal yang mengetahuinya terkagum-kagum.

Penampakannya memang tak bisa dikatakan pantai, tapi lebih menyerupai tebing yang menghadap ke laut. Istimewanya, tebing tersebut memiliki aliran sungai yang langsung bermuara ke laut, yang pada akhirnya menghasilkan fenomena air terjun mini. Lokasinya Di desa Widoro, Donorojo, Pacitan.

RECOMMENDED BY EDITOR

Pilih Reaksi Kamu



Tags

Jalan-jalan Liburan Pariwisata Indonesia Travelling Jawa Timur Wisata Jawa Timur
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE