Brilio.net - Sudah bukan rahasia lagi kalau Malang menjadi salah satu kota wisata populer di Indonesia. Ada begitu banyak spot wisata yang hits dengan keindahannya. Cuaca di Malang juga terkesan dingin, cocok buat kamu yang ingin refreshing sambil ngadem dan bersantai.

Selain menyuguhkan pesona yang indah, Malang juga dikenal dengan nuansa estetik dan Instagenic untuk berfoto. Sangat cocok dijadikan dokumentasi di Intagrammu pastinya. Namun jangan salah, dari sekian banyak wisata indah dan terkenal di Malang, ada sederet wisata gratis yang nggak kalah hits dan Instagramable.

Pastinya wisata gratis ini juga sangat cocok dijadikan tempat bersantai dan bagi yang ingin sejenak menjauh dari keriuhan kota. Penasaran bukan di mana saja wisata Malang yang gratis tapi hits dan Instagramable? Simak rangkuman brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (26/6).

1. Selfie seru-seruan di Kampung Jodipan & Tridi.

wisata gratis Malang instagram

foto: Instagram/@montsechandia

Kampung Jodipan dan Tridi ini sayang kalau nggak masuk dalam itinerary wisatamu. Selain gratis, di kampung ini kamu akan melihat deretan rumah yang keren dan penuh warna-warni. Apalagi bagi kamu yang memang suka dengan fotografi, kampung ini bakal jadi foto Instagramable abis.

2. Taman Trunojoyo.

wisata gratis Malang instagram

foto: Instagram/@mfikri14

Di sini kamu akan disuguhkan nuansa alam yang rindang dan masih asri. Penuh dengan pepohonan yang dingin dan angin sepoi-sepoi yang menyejukkan. Taman ini sangat cocok kamu jadikan tempat santai bareng keluarga. Taman Tarunojoyo juga menyuguhkan fasilitas bermain untuk anak seperti jungkat-jungkit dan ayunan.

3. Coban Kedung.

wisata gratis Malang instagram

foto: Instagram/@explorebatumalang

Coban Kedung terletak cukup tersembunyi dari hiruk pikuk kota Malang. Letaknya di desa Bantur, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Setelah sampai di wisata ini, kamu akan langsung melihat indahnya panorama air terjun dengan alam yang masih terjaga. Kamu bakal dibuat puas dengan udara yang dingin dan sejuk saat terkena percikan airnya.

4. Pemandian Sumber Sirah.

wisata gratis Malang instagram

foto: Instagram/@yudiisrr

Seakan belum puas bermain air terjun, kamu bisa datang ke spot wisata pemandian Sumber Sirah ini. Di sini kamu bisa berendam sekaligus berselfie ria di dalam air. Kamu juga bisa mencoba keseruan river tubing. Kamu bakal terpesona dengan nuansa kolam dikelilingi pepohonan alami.

5. Pantai Sipelot.

wisata gratis Malang instagram

foto: Instagram/@titimijasikap

Pantai ini berada tersembunyi dari tengah kota. Lokasinya berada di ujung timur Malang. Tak perlu cemas, Pantai Sipelot ini bakal membuatmu takjub dengan pemandangannya. Di sini kamu bisa melihat hamparan pantai yang indah dengan pasir putihnya.

6. Coban Supit Urang.

wisata gratis Malang instagram

foto: Instagram/@yoiki_malang

Satu lagi wisata Malang tersembunyi namun indah, Coban Supit Urang. Namun, lokasinya sedikit susah dijangkau. Meski demikian ketika kamu tiba di lokasi ini sebanding dengan tenaga yang kamu keluarkan. Pesona alamnya bakal membuat kamu takjub.

7. Watu Talang.

wisata gratis Malang instagram

foto: Instagram/@nurardianto_ptwr28

Setelah kamu selesai di Coban Supit Urang, tak ada salahnya kalau mampir ke Watu Talang. Tempat wisata ini sangat pas dijadikan bagi kamu yang memiliki jiwa petualangan. Pasalnya untuk mencapai ke Watu Talang, kamu perlu melewati jalan yang cukup terjal dan menanjak. Saat sampai di atas, kamu bisa melihat hamparan pohon hijau nan lebat dan indah.

8. Museum Bentoel Malang.

wisata gratis Malang instagram

foto: Instagram/@malangchannel

Wisata ini cocok buat kamu yang ingin belajar mengenai perjalanan kerja keras pendiri rokok PT Bentoel. Kamu bisa melihat mulai berdirinya perusahaan ini dari awal hingga sesukses sekarang ini. Di museum ini juga menyediakan banyak spot foto menarik.

9. Alun-alun Kota Malang.

wisata gratis Malang instagram

foto: Instagram/@alunalun.malang

Kurang rasanya kalau kamu datang ke Malang tapi nggak mampir ke alun-alun ini. Banyak hal yang bisa kamu eksplore di sini. Alun-alun Malang menyediakan fasilitas bermain gratis bagi anak-anak. Selain itu kamu juga bakal ketemu spot foto 3D dan 4D yang Instagramable abis.

10. Taman Balai kota Malang.

wisata gratis Malang instagram

foto: Instagram/@eshaharwin

Taman ini terletak di Jalan Tugu nomor 1 Malang. Taman ini sering juga disebut sebagai Alun-alun Tugu Balaikota Malang. Taman ini memiliki penataan yang rapi dan super cantik. Terdapat air mancur dipenuhi dengan lampu hias menambah keidahan taman pada malam hari.

11. Taman Rekreasi Kota (Tarekot) Malang.

wisata gratis Malang instagram

foto: Instagram/@tia.timur

Taman ini terletak di Jalan Mojopahit No.1, Kiduldalem, Kecamatan Klojen, Malang. Taman ini dekat dengan Alun-alun Tugu Malang. Semua fasilitas yang ada di taman ini gratis alias nggak dipungut biaya sama sekali. Namun bagi kamu yang ingin mencoba berenang di sini, tentu saja ada banderolnya.

12. Heritage Kayoetangan Malang.

wisata gratis Malang instagram

foto: Instagram/@malangholidaily

Wisata ini pas buat kamu yang suka dengan seni dan nuansa kuno zaman dulu. Heritage Kayoetangan Malang ini dipenuhi dengan ornamen-ornamen jadul dan rumah-rumah zaman dulu yang tertata rapi. Jangan salah, tempat ini sangat hits di mata traveler Malang.

13. Candi Jago.

wisata gratis Malang instagram

foto: Instagram/@rizkiakbar_lbz

Bagi kamu yang senang dengan sejarah Indonesia, nggak ada salahnya kamu berkunjung ke Candi Jago. Wisata ini terletak di Jalan Wisnuwardhana, Tumpang, Malang. Candi ini berdiri sejak masa Kerajaan Singasari, yaitu pada abad ke-13 silam. Di sekitar candi terdapat hamparan taman yang sangat indah.

14. Taman kunang-kunang.

wisata gratis Malang instagram

foto: Instagram/@namialust

Konon katanya taman ini terinspirasi dari binatang kunang-kunang yang indah saat menyala di kegelapan. Di sini ada begitu banyak spot foto yang cocok dijadikan tempat selfie bersama teman maupun keluarga. Tempat ini juga memberikan kesan tenang, jadi kamu bisa bersantai bersama keluarga.

15. Candi Badut.

wisata gratis Malang instagram

foto: Instagram/@astri.dr

Candi Badut terletak di Jalan Raya Candi, Dusun Karang Besuki, Malang. Candi Badut ini sudah dibangun sejak ratusan tahun yang lalu. Meskipun begitu, Candi Badut ini masih terlihat asri dan terawat hingga kini. Kamu bisa mengunjungi wisata ini bersama keluarga maupun teman ke sini.

16. Taman Slamet.

wisata gratis Malang instagram

foto: Instagram/@fitriyginting

Taman Slamet terletak di kawasan Klojen, Malang. Taman ini menyuguhkan tempat yang rindang, sejuk, dan sangat tenang. Terdapat sebuah terowongan warna oranye yang sangat estetik di tengah taman ini. Kamu bisa berjalan di bawah terowongan itu sambil berfoto selfie.

17. Alun-alun Batu.

wisata gratis Malang instagram

foto: Instagram/@ridhosyahrozy

Saat menyebut Malang pasti terlintas di benak adalah Kota Batu. Pasalnya Alun-alun ini terdapat di Kota Batu. Alun-alun ini didesain sedemikian rupa indahnya. Di sini juga disuguhkan bianglala yang bisa kamu naiki. Dari atas bianglala, kamu akan melihat indahnya Kota Batu.

18. Masjid Raya Jami Malang.

wisata gratis Malang instagram

foto: Instagram/@sari_syadiah

Masjid Raya Jami Malang ini terletak dekat dengan pusat kota Malang. Tepatnya berada di seberang Alun-alun Malang. Wisata religi ini kerap ramai setiap harinya, apalagi ketika libur sekolah. Kamu bisa beribadah sembari beristirahat di masjid ini.

19. Pantai Clungup.

wisata gratis Malang instagram

foto: Instagram/@tripindonesia_arthenistravel

Pantai ini berada di daerah Sendang Biru, Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing. Sekita 70 km dari pusat Kota Malang. Pantai ini baru dikenal pada 2017 lalu. Pantai yang indah ini masih tergolong sepi pengunjung dibandingkan dengan lainnya. Pantai ini memiliki air yang jernih dengan pasir putih yang sangat indah.

20. Pantai Kondang Merak.

wisata gratis Malang instagram

foto: Instagram/@yoiki_malang

Pantai ini berjarak 64 km dari Kota Malang. Di sini kamu bisa menikmati hamparan pasir putih dan bermain air di pinggir pantai. Ombak di pantai ini cukup tenang dan tak terlalu kencang. Pantai Kondang Merak cocok untuk kamu kunjungi bersama teman dan keluarga.