Brilio.net - Kuliner menjadi salah satu ikon setiap daerah maupun suatu negara. Indonesia sendiri sudah dikenal dengan kulinernya yang beragam dan menggugah selera. Sebut saja rendang dan nasi goreng atau sate yang sudah dikenal mendunia. Belom lagi tempe, yang juga menjadi makanan dari Indonesia yang digemari orang dari negara lain.

Namun, Indonesia bukan cuma punya rendang atau nasi goreng saja lho tapi juga punya aneka kuliner dengan nama-nama yang unik. Seperti 20 nama makanan asli Indonesia ini unik dan akan aneh jika diartikan dengan makna yang sebenarnya. Penasaran apa saja? Berikut penjelasannya seperti yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (27/2).

1. Kue tete

foto: Instagram
Kue yang kena sensor KPI. ehh

2. Rengginang

foto: wikimedia
Beras nggak cuma diolah jadi nasi saja lho Guys. Dibikin camilan rengginang gini juga enak.

3. Kerak telor


foto: jajanpinggiran

Cuma di Indonesia kerak nasi bisa dibikin enak gini. Jadi kangen makan kerak telor nih..

4. Kue pancong


foto: ittacook

Bentuknya setengah lingkaran, dibuat dari santan, tepung besar, kelapa, dan garam.

5. Kue cubit


foto: majalahkuliner

Kue aja dicubit masak kamu enggak? Ehh, apa sih!

6. Dadih


foto: goodnewsfromindonesia

Yoghurt asli Indonesia ini tepatnya berasal dari Minangkau yang dibuat dari susu Kerbau. Dadih sendiri dalam bahasa Minang artinya adalah bubur. Loh jadi ini bubur atau yogurt?

7. Nasi kentut


foto: galamedianews

Duh, dari namanya saja apa kamu masih selera buat makan?

8. Sate kere


foto: brilio.net

Sate biasanya ya dari daging ayam atau sapi tapi ini kok malah kere? Kere dalam bahasa Jawa artinya melarat atau miskin.

9. Tahu gimbal


foto: makanajib

Bukan cuma rambut saja lho yang bisa gimbal, tahu juga bisa.

10. Kuku macan


foto: pegipegi

Jangan takut dulu dengar namanya, ini bukan kuku macan dalam arti yang sebenarnya. Kuku macan merupakan makanan semacam kerupuk khas Balikpapan.

SUDAH MULAI LAPAR? KLIK NEXT BIAR MAKIN BANYAK PILIHAN

2 dari 2 halaman


11. Kue ketawa


foto: infokuliner

Kue ini mirip seperti onde-onde tapi bentuknya sekilas seperti orang tertawa.

12. Rondo royal


foto: cookpad

Rondo dalam bahasa Jawa artinya adalah janda. Namun rondo royal sendiri adalah makanan yang berasal dari tape yang digoreng dengan tepung.

13. Nasi kucing


foto: elradithstorybegan

Bagi warga Yogyakarta pasti sudah familiar dengan nasi kucing. Nasi ini bukan berarti menggunakan kucing untuk lauknya, kan nggak boleh. Tapi nasi yag biasanya dibungkus dengan daun pisang ini porsinya sama seperti porsi makan kucing.

14. Otak-otak


foto: travels4yum

Nah, jangan berfikir yang enggak-enggak dulu ya. Otak-otak ini sungguh bukan olahan "otak" yang sebenarnya. Makanan berbahan dasar ikan tenggiri dan dibungkus daun pisang.

15. Rawon setan


foto: tokomesin

Rawon setan diidentikan dengan tingkat kepedasan dari rawon tersebut sehingga setan dimaknai sebagai tingkat kepedasannya.

16. Kerupuk melarat


foto: cirebonsatu

Kerupuk melarat ini untuk siapa saja kok, nggak cuma orang melarat (miskin) aja yang boleh makan. Dan tenang aja, makan kerupuk ini nggak bikin hidupmu langsung melarat juga. Ini hanya soal namanya saja.

17. Pempek kapal selam


foto: memecomic

Nggak diragukan lagi,memang orang Indonesia itu kreatif-kreatif bahkan ada yang nemuin pempek kapal selam juga. Tapi jangan kamu artikan sebagai kapal selam yang sesungguhnya lho Guys.

18. Mi lendir


foto: masakandapurku

Lendir? ihh, kedengarannya menjijikkan ya? Tapi lendir disini cuma penggambaran saja dari kentalnya kuah mie asal batam ini.

19. Roti dollar


foto: ensiklopediaindonesia

Bukan harganya yang tinggi hingga berdolar-dolar, tapi kue asal Surabaya ini memiliki bentuk pipih yang mirip sekali dengan koin Indonesia pada jaman dahulu.

20. Nasi gandul


foto: menuresepmasakan

Olahan unik nasi asli Jawa Tengah satu lagi adalah nasi gandul. Gandul yang artinya menggantung, tapi jangan salah sebut dengan mengganti namanya menjadi nasi menggantung ya.