Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Jalan-Jalan
Yani Andriansyah (brl/red)

28 Agustus 2019 07:05

16 Strategi mencari tiket pesawat murah, ada tips aman juga lho

Jangan pernah mengunggah boarding pass ke media sosial.

16 Strategi mencari tiket pesawat murah, ada tips aman juga lho

View Image



Brilio.net/@yans_brilio

Brilio.net - Dulu mencari tiket pesawat boleh jadi sebagai salah satu pekerjaan yang bikin rumit. Kita mesti mendatangi agen resmi penjualan tiket yang ditunjuk maskapai. Namun di zaman yang serba canggih seperti sekarang, mencari tiket pesawat cukup menggunakan ujung jari.  

Selain tinggal membuka situs maskapai penerbangan yang ingin digunakan, terdapat banyak situs web dan aplikasi yang menawarkan layanan serupa dengan berbagai macam promo yang mereka berikan.

Banyak dari situs-situs web dan aplikasi tersebut yang menjanjikan harga tiket pesawat yang lebih murah dibanding harus membeli di situs web atau aplikasi pesaing mereka. Namun tetap saja, kita masih kesulitan untuk mendapatkan harga tiket pesawat yang lebih murah dibanding harga rata- rata.

Selain dengan keberuntungan dan harga promo yang diberikan oleh maskapai penerbangan, untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga yang relatif murah ternyata memerlukan strategi.

1. Tentukan tujuan

Loading...

Travel Internet © 2018 brilio.netBrilio.net/@yans_brilio

Jika tujuan kalian merupakan rute yang banyak dilalui maskapai penerbangan, seperti Bali, Yogyakarta, atau Singapura, kalian harus pintar-pintar membaca harga, karena harga tiket pesawat di rute tersebut cenderung fluktuatif. Ketika ada tiket termurah, saat itu juga disarankan langsung membelinya. Sangat mungkin sewaktu-waktu harga berubah karena permintaan tinggi. Tiket pesawat tersebut bisa naik kapan saja.

Sebaliknya jika rute tujuan kalian bukan yang menjadi incaran destinasi para turis dan jarang dilalui maskapai low-cost carrier, seperti Belitung, Tanjung Pinang, atau Riau, kapan pun kalian ingin membeli tiket sebelum tanggal keberangkatan, harga tiket pesawat rute tersebut tidak akan memperlihatkan kenaikan harga yang signifikan.

Karena maskapai yang melayani rute ini menerapkan sistem year-round-fare di mana harga tiket akan terus sama sepanjang tahun, kecuali saat peak season tiba, seperti hari Lebaran, libur Natal, musim liburan dan liburan akhir tahun.

2. Cek maskapai yang akan digunakan

Makassar Backpacker © 2018 brilio.netBrilio.net/@yans_brilio

Jangan lupa untuk memerhatikan maskapai yang kamu pilih. Sebab harga maskapai penerbangan low-cost carrier lebih murah jika dipesan jauh-jauh hari dibanding membelinya mendekati jadwal keberangkatan. Harganya akan naik cukup tinggi.

Sebaliknya maskapai penerbangan full-service menerapkan kebijakan year-round fare pada harga tiket sehingga perbedaan harga tidak terlalu signifikan. Malah terkadang, harga tiket pesawat full-service bisa lebih murah jika dibeli mepet dengan waktu keberangkatan.

Beberapa maskapai penerbangan sering mengganti harga tiket pesawat mereka hingga 3 kali dalam sehari. Lion Air dan Air Asia, contohnya. Biasanya kedua maskapai tersebut mengubah harga pada waktu-waktu tertentu seperti di pagi hari, siang hari dan tengah malam.

Jika penerbangan yang akan kalian pilih meningkat harganya, jangan terburu-buru untuk melakukan pemesanan, tunggu saja. Biasanya beberapa jam kemudian, kedua maskapai tersebut akan mengubah harga tiket pesawat kembali ke harga normal. Tapi bisa saja, karena permintaan yang melonjak, harga tiket pesawat ke rute tersebut menjadi lebih tinggi.

3. Perhatikan periode keberangkatan

4 Fakta tiket pesawat murah maskapai LCC, dijual jam tertentu © 2019 brilio.netMerdeka.com

Yang juga harus diperhatikan adalah waktu perjalanan. Jika dilakukan saat periode peak season harga tiket pesawat pasti melambung cukup tinggi. Selain itu jadwal pergi dan pulang menentukan harga tiket pesawat. Jika ingin berlibur, cobalah pilih liburan di bulan September-November dan Februari–April. Lalu pilih jadwal keberangkatan-pulang pada hari Selasa-Kamis, Rabu-Jumat- Sabtu-Selasa dan Minggu-Rabu.

Perhatikan juga tanggal keberangkatan, maskapai penerbangan biasanya memberikan harga lebih rendah ketika memasuki tanggal 20-an ke atas. Maskapai penerbangan menganggap, momen tersebut merupakan tanggal tua.

Memesan tiket pada hari Selasa juga cenderung lebih murah dibanding biasanya. Namun jika kalian akan melakukan penerbangan domestik, carilah tiket pada hari Selasa, Kamis dan Sabtu di waktu happy hour pada jam 10.00–14.00 waktu setempat. Maskapai cenderung memberikan harga yang rendah di periode ini.

4. Beli program paketan dari agen travel online

Safe Travel © 2018 brilio.netBrilio.net/@yans_brilio

Jika kalian berencana menginap di hotel, beberapa situs travel seperti Traveloka, menawarkan paket tiket pesawat plus hotel. Paket promo seperti itu mempunyai harga yang lebih murah dibanding harus membeli tiket pesawat dan booking hotel secara ketengan. Apalagi paket-paket promo seperti ini termasuk sebagai bagian program pemerintah untuk mengakali harga tiket pesawat yang sulit turun sejak Desember 2018 lalu.

5. Beli tiket secara terpisah

Travel Internet © 2018 brilio.netBrilio.net/@yans_brilio

Jika kalian pergi liburan dengan rombongan, usahakan untuk membeli tiket secara terpisah. Karena harga tiket setiap kursi pesawat berbeda- beda. Jika kalian membeli tiket pesawat untuk lima orang sekaligus, situs-situs maskapai penerbangan dan travel akan menunjukan harga tiket yang sama dengan memberikan harga yang paling tinggi.

Namun, jika kalian membelinya secara terpisah, situs-situs tiket pesawat akan menampilkan variasi harga yang berbeda. Gunakanlah beberapa browser atau tab untuk mencari tiket pesawat. Lalu cari secara bersamaan. Kemudian pilih harga yang termurah di antara harga tiket pesawat yang ditawarkan.

6. Berlangganan newsletter

Solo Traveling © 2019 brilio.netpandotrip.com

Berlangganan newsletter juga ada baiknya. Kalian akan tahu kapan maskapai memberikan tiket promo. Jangan lupa untuk mengikuti sosial media mereka. Karena ada beberapa maskapai yang hanya mengumumkan tiket promo di sosial media saja, terutama Facbeook dan Instagram.

7. Beli menggunakan mata uang lokal

Malaysia Travel © 2019 brilio.netforexindonesia.org

Jika kalian berencana pergi liburan ke luar negeri, belilah tiket pesawat dengan mata uang lokal. Harga yang diberikan maskapai akan lebih murah dibanding membayar memakai mata uang negara asal kita. Trik ini hanya berlaku untuk kalian yang akan berlibur ke luar negeri saja, tidak berlaku untuk tiket penerbangan domestik.

8. Gunakan maskapai yang berbeda

Tiket Pesawat © 2019 brilio.netBrilio.net/@yans_brilio

Jangan gunakan maskapai yang sama untuk pergi dan pulang. Maskapai penerbangan cenderung memberikan harga tiket pergi lebih murah dan harga tiket pulang yang lebih tinggi jika kalian memakai maskapai penerbangan yang sama. Gunakanlah waktu kalian untuk meriset terlebih dahulu sebelum memutuskan menggunakan maskapai penerbangan yang sama untuk perjalanan pulang-pergi kalian.

9. Pakailah mode incognito

Bandara Soetta © 2017 brilio.netBrilio.net/@yans_brilio

Mengecek harga tiket pesawat terlalu sering untuk membandingkan harga tiket juga bisa membuat kalian diberikan harga tiket pesawat yang lebih tinggi dibanding sebelumnya. Karena setiap situs web maskapai penerbangan menggunakan cookies yang tersedia di browser untuk memaksa kalian melakukan transaksi. Gunakan VPN yang terpercaya atau mode incognito yang tersedia pada browser- browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, dan Safari.

10. Jadi member maskapai penerbangan

Garuda Miles © 2019 brilio.netBrilio.net/@yans_brilio

Menjadi member sebuah maskapai penerbangan akan memberikan kalian banyak keuntungan. Kalian juga diberikan kesempatan mendapatkan diskon, penukaran poin, atau bahkan harga khusus untuk pembelian tiket pesawat yang lebih murah dibanding dengan harga regular.

11. Manfaatkan rute transit

Ponsel Said Didu © 2018 brilio.netBrilio.net/@yans_brilio

Terbang langsung ke tempat tujuan yang jauh akan membuat kalian mendapatkan harga tiket yang lebih mahal. Oleh karena itu, jika kalian pergi liburan ke luar negeri, manfaatkan rute transit. Jika kalian akan pergi ke Bali dari Jakarta, pesawat biasanya akan transit lebih dahulu di Surabaya.

Untuk memanfaatkan rute transit, kalian bisa membeli tiket pesawat Jakarta–Surabaya dan meneruskan perjalanan Surabaya–Bali menggunakan maskapai penerbangan yang berbeda. Cara ini akan menghemat pengeluaran kalian untuk tiket, tapi jangan lupa untuk selalu mengecek setiap periode penerbangan kalian.

12. Beli tiket dari pihak ketiga

Safe Travel © 2018 brilio.netBrilio.net/@yans_brilio

Memesan tiket pesawat lewat agen travel online bisa membuat kalian mendapatkan harga tiket lebih rendah dibanding membeli tiket langsung di situs maskapai penerbangan. Situs dan aplikasi mobile agen travel online biasanya mempunyai program pemotongan harga khusus setiap bulan, jika membeli tiket lewat aplikasi atau situs web mereka.

Beberapa agen travel online menyediakan program seperti tiket pesawat plus hotel, tiket pesawat plus hotel dan arena bermain serta potongan harga jika kalian telah menjadi langganan di agen travel online tersebut.

13. Jangan foto oarding pass

Boarding Pass © 2019 brilio.netabc.net.au 

Nah, jika kalian berhasil mendapatkan harga tiket yang murah, jangan pernah sombong dengan mempelihatkan foto boarding pass kalian di media sosial. Pasalnya, mengunduh boarding pass ke media sosial adalah hal yang penuh risiko.

Barcode yang ada di boarding pass menyimpan banyak data seperti nama, nomor penerbangan, kota keberangkatan dan tujuan, nomor kursi, bandara kedatangan dan pergi, gate, nomor kursi, hingga nomor kartu kredit yang kalian gunakan untuk membayar tiket tersebut.

Hal ini membuat identitas kalian rawan dicuri dan disalahgunakan pihak-pihak yang iseng sampai kriminal yang serius. Tapi jika kalian masih ngotot untuk mengunduh boarding pass ke media sosial, ya siap-siap saja, risiko yang bakal kalian hadapi.

14. Pencurian identitas

Boarding Pass © 2019 brilio.netAirhelp.com

Data kalian bisa dicuri begitu saja lewat barcode yang tertera di boarding pass yang kalian unduh di media sosial. Kode booking yang disebut PNR (Passanger Name Record), merupakan titik lemah yang bisa dimanfaatkan para pencuri identitas.

Satu baris kode tersebut menyimpan secara detail data penerbangan kalian mulai dari kode booking, tempat duduk, kota tujuan hingga alat pembayaran yang kalian pakai. Pencuri identitas ini bisa saja menyalahgunakan identitas kalian untuk tujuan mereka. Oleh karena itu, pikir ulang lagi untuk memposting boarding pass kalian ke media sosial.

15. Tiket bisa diubah

Hacker Airport © 2019 brilio.netgizblog.it

Data yang tertera pada barcode menyimpan banyak detail mengenai informasi yang kalian masukkan sata memesan tiket pesawat. Lewat foto boarding pass tersebut, detail data kalian yang dimasukan saat membeli tiket bsa saja disalahgunakan oleh pihak- pihak yang tak bertanggung jawab. Mereka bisa saja mengganti nomor kursi, memindahkan kalian ke penerbangan yang lain hingga membatalkan jadwal penerbangan kalian.

16. Menukar keutungan yang kalian dapat dari maskapai

Hacker Airport © 2019 brilio.netthenextweb.com

Para peretas dapat dengan mudah mengakses akun kalian dan mengotak-atik poin miles yang sudah kalian kumpulkan untuk kepentingan dirinya. Para peretas dapat dengan mudah menukar berbagai promo yang disediakan maskapai untuk kalian. Bahkan para peretas juga bisa membeli tiket pesawat untuk dirinya.

RECOMMENDED BY EDITOR

Pilih Reaksi Kamu



Tags

Jalan-jalan Tiket pesawat mahal Tiket Maskapai Penerbangan Traveling Travel
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE