Brilio.net - Tegal merupakan daerah kecil yang berada di pesisir utara Jawa. Meskipun daerah kecil, tapi Tegal sudah dikenal dunia dengan berbagai macam keanekaragamannya.

Dimulai dari bahasanya yang ngapak, makanan, hingga destinasi wisata. Dengan slogan 'Tegal Laka-laka' membuat daerah ini makin bikin penasaran orang lain akan ada apa saja di Tegal.

Tegal mempunyai banyak sekali tempat wisata yang bagus-bagus, baik di kota maupun kabupaten. Bahkan sudah ada yang terkenal banget seperti pemandian air panas Guci. Selain Guci, Tegal juga punya tempat wisata yang bagus, menarik dan gratis lho.

Buat kamu yang ingin berwisata gratis ke Tegal, berikut brilio.net ulas 12 tempat wisata gratis dan terbaik di Tegal, dilansir dari berbagai sumber, Selasa (14/1).

1. Danawarih.

wisata tegal istimewa

foto: instagram/@pesonategal

Jembatan gantung di Kali Gung ini tempat yang instragamable banget. Di sana kamu akan disuguhi pemandangan dari jembatannya yang warna-warni dan pepohonan yang lebat dan hijau. Jembatan ini bertempat di Desa Danawarih Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal.

2. Slumpring.

wisata tegal istimewa

foto: instagram/@pasarslumpring

Bagi kamu yang pengen jajanan atau makanan zaman dulu, bisa ke Slumpring. Slumpring merupakan tempat wisata kuliner khas Tegal.

Tempat ini hanya buka tiap Minggu pukul 07.00-12.00 di Desa Cempaka, Bumijawa, Kabupaten Tegal. Untuk masuknya kamu tidak akan dikenai biaya. Aneka makanan yang dijual, harganya pun murah.

3. Telaga Air Cempaka (tuk mudal).

wisata tegal istimewa

foto: instagram/@pasarslumpring

Selain Slumpring, di Desa Cempaka juga ada telaga air yang indah. Air telaga yang jernih dan dingin ini biasanya untuk tempat foto-foto dan kamu juga bisa berenang di telaga itu.

4. Kebuh Teh Bumijawa.

wisata tegal istimewa

foto: instagram/@syadiaerna

Tegal juga punya kebun teh yang menyajikan panorama indah.

5. WKJ Kalibakung.

wisata tegal istimewa

foto: instagram/@ichannel_id

Wisata Kesehatan Jamu (WKJ) Kalibakung merupakan tempat wisata untuk mengenal berbagai jenis jamu. Kalian juga akan disuguhkan dengan pemandangan sawah cantik serta sungai kecil yang suara airnya mampu menenangkan jiwa. Di tempat ini kamu bisa mengetahui banyak hal tentang jamu dari dokter atau apotek yang ada.

6. Taman Rakyat Slawi Ayu (TRASA).

wisata tegal istimewa

foto: instagram/@athaya_klambimuslim

Taman yang ada di daerah Slawi ini sering dikunjungi masyarakat Kabupaten Tegal. Di tempat ini banyak objek permainan dan kuliner khas Tegal.

7. Taman Poci Kota Tegal.

wisata tegal istimewa

foto: instagram/@destinasipariwisatajateng

Taman di kota Tegal ini biasanya dijadikan tempat nongkrong anak-anak muda Tegal. Taman yang bertempat di dekat Stasiun Tegal ini salah satu spot terbaik untuk kamu yang hobi foto-foto.

8. Taman Tegalsari.

wisata tegal istimewa

foto: instagram/@taman_tegalsari

Tegalsari biasa dikenal dengan kampung nelayan karena mayoritas penduduknya berkerja sebagai nelaya. Kampung itu punya taman yang dijadikan tempat wisata masyarakat Tegal.

Penataan tempat yang bagus menghasilkan pemandangan yang indah. Sehingga, taman ini sering dikunjungi untuk bersantai atau berfoto-foto ria.

9. Pulau Kodok.

wisata tegal istimewa

foto: instagram/@erun19

Pulau atau Pantai Kodok ini merupakan pantai yang dikelola masyarakat sekitar. Di pantai ini terdapat patung kodok yang merupakan ikon pantai itu sendiri. Pantai ini bertempat di dekat perkampungan Martoloyo.

10. Pantai Batam Sari.

wisata tegal istimewa

foto: instagram/@pantai_batamsari

Bertempat sebelahan dengan Pulau Kodok, pantai ini memberikan pemandangan yang juga bagus. Jika kamu penikmat senja atau pencari sunset, pantai ini tempat yang pas untuk menikmati itu semua.

11. Danau Beko.

wisata tegal istimewa

foto: instagram/@salwagallery.id

Tempat ini berbentuk cekungan berisi air hujan sehingga menyerupai danau yang cantik untuk spot foto. Danau di Desa Karangasem, Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal ini bekas lokasi penambangan batu.

12. Pantai Muarareja.

wisata tegal istimewa

foto: instagram/@sugiatmo

Pantai Muarareja ini banyak dikunjungi para pemancing. Di pantai ini kamu bebas memancing ikan di laut dan membawa pulang hasil.

Reporter: mgg/Nazaroh Awalia Budiman