Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Jalan-Jalan
(brl/pep)

13 Oktober 2019 23:59

11 Tempat wisata di dunia ini menginspirasi film kartun

Tidak semua tempat di dalam film kartun hasil imajinasi semata..

11 Tempat wisata di dunia ini menginspirasi film kartun

View Image



Brilio.net - Film kartun adalah salah satu jenis tontonan yang cukup populer. Bukan hanya di kalangan anak-anak, tapi juga remaja, orang dewasa, bahkan orang tua. Kartun memang sangat cocok ditonton sebagai hiburan yang ringan dan lucu. Jika kamu sering nonton kartun, kamu pasti setuju bahwa ada banyak hal unik di dalamnya. Mulai dari tokoh, gaya berpakaian, hingga latar tempat yang digunakan.

Meski terkadang apa yang ada di dalam film kartun terlihat mustahil, ternyata beberapa hal justru bisa ditemukan di dunia nyata. Di antaranya adalah latar tempat yang digunakan dalam film kartun. Tidak semua tempat di dalam film kartun hasil imajinasi semata.

Ada beberapa film kartun yang memiliki latar tempat yang terinspirasi dari dunia nyata loh. Tempat ini akan membuat kamu bingung, apakah kamu baru saja melangkah ke negeri dongeng.

Nah, berikut 11 tempat wisata di dunia yang menginspirasi film kartun, seperti yang dirangkum brilio.net dari brightside, Minggu (13/10).

1. Moana - Kepulauan Polinesia, Pasifik Selatan

Loading...

tempat wisata terinspirasi kartun istimewa

foto: brightside.me

Film Moana bercerita tentang seorang gadis remaja yang melakukan ekspedisi untuk menyelamatkan pulau dan penduduk Polinesia. Dari namanya saja sudah ketahuan kan lokasi film ini terinsiprasi dari mana? John Muske, salah satu sutradaranya mendapatkan ide untuk film tersebut dari sebuah buku yang menggambarkan pahlawan Polinesia. Dia pergi ke banyak pulau di pasifik selatan yang bernuansa paradisi dan melakukan penelitian tentang budaya, tradisi dan memproduksi pemandangan pulau Moana.

2. Mulan - Forbidden City, China

tempat wisata terinspirasi kartun istimewa

foto: brightside.me

The Emperor's Palace yang ada di film Mulan juga ada di dunia nyata. Tepatnya di Forbidden City, tempat di mana kaisar dari Dinasti Ming dan Qing tinggal. Film ini merupakan adaptasi dari kisah rakyat Tiongkok kuno, The Ballad of Hua Mulan yang berasal dari abad ke 5-6. Produser film Mulan melakukan penelitian sejarah dan menempatkan cerita di mana harusnya terjadi. Pemandangan terkenal yang digambarkan dalam film seperti Tembok besar China dan kota terlareang Beijing sudah dibangun saat itu.

3. Aladdin - Taj Mahal, India

tempat wisata terinspirasi kartun istimewa

foto: brightside.me

Siapa yang nggak kenal Taj Mahal? Monumen yang terletak di Agra, India, dan dibangun atas keinginan Kaisar Mughal Shah Jahan ini ternyata menjadi inspirasi di film Aladdin. Istana Jasmine dan Taj Mahal ini dangat mirip, karena itu dibagun selama kekaisaran Munghal, di mana Islam adalah agama resmi dan arsitektur muslim berlaku.

4. The Little Mermaid – Kastil Chillon, Swiss

tempat wisata terinspirasi kartun istimewa

foto: brightside.me

Kastil Chillon terletak di Danau Geneva, Veytaux, Swiss. Kastil yang diperkirakan sudah ada sejak tahun 1005 ini jadi inspirasi Istana Pangeran Eric dalam film The Little Mermaid. Kastil ini berada di sebelah danau, tidak benar-benar dekat dengan laut, tapi sangat mirip dengan yang ada di film. Kastil ini dikelilingi air, menara-menara lebar yang sama dengan yang ada di film, dan jendela-jendela sempit melengkapi tampilannya.

5. Beauty and The Beast – Belle, Prancis

tempat wisata terinspirasi kartun istimewa

foto: brightside.me

Film ini didasarkan pada kisah asli yang ditulis Gabrielle Suzanne Barbot de Villeneuve, seorang penulis Perancis dari abad ke-19. Para produser memilih desa-desa seperti Colmar dan Eguisheim untuk menggambarkan kota Belle, sebab wilayah Prancis terkenal dengan desa-desanya yang indah.

6. Snow White and the Seven Dwarfs - Kastil Segovia, Spanyol

tempat wisata terinspirasi kartun istimewa

foto: brightside.me

Benteng Ratu dalam film Snow White terinspirasi dari kastil Segovia atau Alcazar of Segovia yang berada di Spanyol tengah. Kastil ini merupakan tempat tinggal raja Spanyol selama ratusan tahun. Penelitian menunjukkan bahwa kisah itu mungkin benar, bahwa hutan gelap, babi hutan, kurcaci, dan peti mati kaca semuanya menunjukkan peristiwa yang terjadi di sekitar Kastil Lohr dan Hutan Spessrt.

7. Frozen - Skandinavia, Norwegia

tempat wisata terinspirasi kartun istimewa

foto: brightside.me

Cerita ini terinspirasi penulis Denmark, Hans Christian Andersen, The Snow Queen. Jadi wajar saja kalau Michael Giaimo, direktur seni Frozen, pergi ke Skandinavia untuk mencari inspirasi. Kamu dapat melihat kemiripan dalam pemandangan alam, gereja-gereja kayu, arsitektur bata, dan pola tekstil. Ini diambil dari kota-kota pedesaan Norwegia dan fjord-nya yang megah.

8. Cinderella - kastil Neuschwanstein, Jerman

tempat wisata terinspirasi kartun istimewa

foto: brightside.me

Herbert Ryman yang merancang kastil asli Cinderella, kemudian dibangun sebagai bagian dari Disney World. Inspirasi utamanya adalah kastil Neuschwanstein di Jerman. Awalnya kastil ini dibangun Raja Ludwig II dari Bavaria sebagai rumah musim panas. Menara runcing tinggi, pintu masuk melengkung, dan hutan di sekitarnya sangat cocok dengan menara Kastil Cinderella's Prince.

9. Brave – Kastil Eilean Donan, Skotlandia

tempat wisata terinspirasi kartun istimewa

foto: brightside.me

Kastil Eilean Donan yang berada di Skotlandia menjadi inspirasi kastil yang ada di film Brave. Kastil Dunnottar yang dibagun pada abad pertengahan ini dikelilingi pedesaan hijau yang berfungsi sebagai tempat untuk petualangan Merida.

10. Pinocchio - Tuscan, Italia

tempat wisata terinspirasi kartun istimewa

foto: brightside.me

Film anak-anak The Adventures of Pinocchio oleh Carlo Lorenzini, yang memusatkan film di kota kelahiran ibunya, desa Collodi Italia. Kota itu begitu dekat dengan hati Carlo sehingga ia mulai menandatangani namanya, Carlo Collodi. Rumah-rumah mungilnya, jalan-jalan sempit berbatu, menjadikan desa Tuscan ini titik awal yang sempurna untuk merancang film Pinocchio.

11. UP – Air Terjun Angel Falls, Venezuela

tempat wisata terinspirasi kartun istimewa

foto: brightside.me

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan film yang satu ini. Film ini mengisahkan seorang kakek yang melakukan petualangan ke air terjun Angel Falls bersama dengan anak kecil dan seekor anjing dengan rumah yang dipenuhi balon udara. Air terjun di dalam film UP ini memang terlihat sangat indah. Air terjun ini ternyata terinspirasi dari air terjun Angel Falls yang berada di Venezuela.

reporter: mgg/gusti ridani

RECOMMENDED BY EDITOR

Pilih Reaksi Kamu



Tags

Destinasi Wisata Film Kartun Jalan-jalan
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE