Brilio.net - Sulawesi Selatan merupakan salah satu provinsi yang terletak di selatan pulau Sulawesi. Makassar sebagai ibu kotanya tentu tidak asing lagi bagi kita. Kota yang dijuluki Angin Mammiri ini dikenal dengan kuliner yang lezat. Namun tahukah kamu jika Sulawesi Selatan memiliki wisata pantai menarik untuk dikunjungi?

Berlibur ke Sulawesi Selatan dijamin kamu tidak akan menyesal. Sebab, Sulawesi Selatan termasuk kategori destinasi wisata nasional yang tidak diragukan lagi pamornya. Destinasi wisata di Sulawesi Selatan ini sangat komplit.

Jika kamu sedang merencanakan liburan bersama keluarga ataupun teman ke Sulawesi Selatan, kalian bisa menjadikan pantai sebagai tujuan destinasi. Berikut 10 wisata pantai yang wajib dikunjungi.

1. Pantai Losari.

pantai sulsel Instagram

foto: Instagram/@endang_aloysiana_sinaga

Siapa yang tidak kenal dengan Pantai Losari. Pantai ini merupakan salah satu ikon kota Makassar yang wajib dikunjungi ketika pergi ke Makassar. Pantai Losari dijadikan untuk tempat bersantai sambil menikmati matahari terbenam. Pantai ini juga menyajikan berbagai kegiatan yang menyenangkan. Di sini kalian bisa memancing, naik banana bots dan sepeda air. Selain itu, kalian dapat melakukan jogging di pagi hari pada track yang ada setelah menikmati sunrise.

2. Pantai Tanjung Bira.

pantai sulsel Instagram

foto: Instagram/@kiao_ling

Pantai Tanjung Bira dikenal dengan pasir putih yang halus dengan air laut yang biru. Tanjung Bira terletak di Kabupaten Bulukumba, sekitar 200 km dari Kota Makassar. Pantai Bira telah dilengkapi fasilitas berupa penginapan seperti villa, hotel, bungalow dan restoran. Di sini pengunjung dapat menyaksikan matahari terbit dan terbenam. Selain itu, kalian juga dapat melihat keindahan dua pulau yang ada di depannya yaitu pulau Liukang Loe dan pulau tak berpenghuni.

3. Pantai Apparalang.

pantai sulsel Instagram

foto: Instagram/@bayooeart

Pantai Apparalang merupakan objek wisata di Tanjung Bira. Pesona Pantai Apaparalang ini memiliki tebing karang yang sangat unik. Banyak orang yang mengatakan pantai ini mirip dengan Raja Ampat Papua. Bagi kalian yang ingin menikmati pantai ini bisa menaiki menara biru yang menjulang tinggi. Dari puncak menara kalian dapat melihat keindahan air laut yang biru dan karang yang berada di antara air laut dan bebatuan. Pantai ini berada di balik tebing bebatuan yang menjulang tinggi.

4. Pantai Panrang Luhu.

pantai sulsel Instagram

foto: Instagram/@fhajrihh

Pantai ini terletak di Kabupaten Bulukmba, jarak pantai dari pusat kota sekitar 37 km. Pesona keindahanya tak kalah dari Tanjung Bira apalagi dikunjungi sore hari saat matahari terbenam. Panrang Luhu dalam bahasa setempat berarti pekuburan orang Luwu. Terlepas dari namanya yang sedikit seram, pantai ini menawarkan nuansa alami yang memanjakan mata. Pohon kelapa yang berjejer rapi di pesisir pantai menambah kesan alami pada pantai ini. Panrang Luhu juga dikenal sebagai tempat penghasil kapal phinisi. Begitu masuk area pantai kalian akan disambut pemandangan barisan kapal.

5. Pantai Seruni.

pantai sulsel Instagram

foto: Instagram/@agusgammar

Pantai Seruni di Kabupaten Bantaeng ini menjadi destinasi wisata favorit di Sulawesi Selatan. Pantai Seruni merupakan hasil reklamasi sepanjang 1,5 kilometer. Nama Seruni diambil dari nama sebuah bunga, yaitu bunga seruni yang memiliki arti emas. Pantai ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Kalian juga akan mendapatkan suasana pantai yang tenang dan eksotis. Pantai ini sangat cocok untuk kalian yang ingin berlibur tanpa keramaian. Ciri khas pantai ini adalah hamparan pasir putih.

6. Pantai Marumasa.

pantai sulsel Instagram

foto: Instagram/@jjs_makassar

Bicara tentang pantai di Kabupaten Bulukumba, tidak ada habisnya. Satu lagi pantai yang memiliki keindahan karang yang mengarah ke laut. Pantai yang memiliki panjang kurang lebih 150 meter ini memiliki spot keren yang sangat cocok bagi kalian yang suka selfie. Ada spot yang berbentuk hati, bunga matahari, ayunan, sepeda ontel, rumah adat, dan masih banyak lagi spot foto dengan latar birunya air laut.

7. Pantai Bibir.

pantai sulsel Instagram

foto: Instagram/@nike12antonio

Pantai Bibir adalah salah satu pantai indah yang ada di Kota Pare Pare. Menuju ke arah selatan kota, pantai ini memperlihatkan pemandangan sunrise dan sunset. Pantai ini banyak dikunjungi anak muda dan wisatawan asing. Pantai ini terletak di pusat Kota Pare Pare, sekitar persimpangan Jalan Bau Massepe dan Jalan Mattirotasi. Pantai ini memiliki pemandangan lepas ke arah teluk Pare Pare. Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap, seperti gazebo, taman, dan jogging track.

8. Pantai Ide.

pantai sulsel Instagram

foto: Instagram/@aashari.sd

Pantai Ide merupakan salah satu wisata pantai yang berada di kota kecil di Kabupaten Luwu Timur. Melalui jalan darat selama kurang lebih 15 jam dari Kota Makassar, kalian akan disuguhkan pemandangan khas Pantai Ide. Pantai ide berbeda dari pantai kebanyakan, pantai ide sumber airnya dari Danau Matano. Karena itu kita tidak akan menjumpai pasir putih di pantai ini. Namun pemandangan di Pantai Ide ini tidak kalah bagus dengan pantai-pantai yang memiliki pasir putih.

9. Pantai Tete Tonra.

pantai sulsel Instagram

foto: Instagram/@bhasryy

Pantai Tete terletak di Kabupaten Bone. Pantai berpasir putih ini tak pernah sepi dari wisatawan. Selain lokasinya yang sangat memesona, Pantai Tete merupakan saksi bisu peristiwa bersejarah angkatan bersenjata di Sulawesi Selatan. Pesona pasir putih ini semakin sempurna saat air laut mulai surut. Saat air laut surut, sebuah jalan setapak selebar 3-6 meter sepanjang 1 kilometer terbuka menghubungkan bibir pantai dengan pulau tak berpenghuni di timur Pantai Tete.

10. Pantai Punaga.

pantai sulsel Instagram

foto: Instagram/@s.vaniiii

Pantai Punaga terletak di Desa Barugaya, Kabupaten Takalar. Pantai ini merupakan pantai yang cukup indah, karena pantai ini memiliki air yang sangat jernih. Pantai ini sangat cocok digunakan untuk kegiatan snorkling, berenang, juga memancing. Pantai Punaga juga memiliki tebing yang mirip dengan Pantai Tanah Lot yang berada di bali. Namun yang harus kalian waspadai di sini yaitu batu karang yang sangat tajam dan licin.

Reporter: mgg/Gusti Ridani