Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Jalan-Jalan
Farika Maula (brl/guf)

26 Agustus 2019 20:03

10 Rekomendasi wisata di Penajam Paser Utara, ibu kota baru

Tak banyak yang tahu, ternyata daerah yang dipimpin oleh Abdul Gafur Mas'ud ini memiliki banyak destinasi wisata..

10 Rekomendasi wisata di Penajam Paser Utara, ibu kota baru

View Image



Brilio.net - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya resmi mengumumkan lokasi calon ibu kota baru Indonesia pada Senin (26/8). Setelah melalui berbagai macam riset dan pertimbangan, lokasi ibu kota jatuh di dua kabupaten di Kalimantan Timur. Yakni, Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian lagi terletak di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Bukan tanpa alasan, Presiden Jokowi memilih dua kabupaten ini karena lokasinya yang relatif lebih kecil terkena risiko bencana. Mulai dari banjir, gempa bumi, tsunami, kebakaran hutan, gunung berapi maupun tanah longsor. Selain itu, kedua kabupaten tersebut juga berlokasi strategis dengan jarak rata-rata ke seluruh Provinsi di Indonesia cukup pendek, yakni 893 kilometer.

Tak hanya itu, kedua kabupaten ini juga ada di dekat perkotaan yang sudah berkembang di Kalimantan. Yakni, Balikpapan dan Samarinda. Mengiringi keputusan ini, banyak publik yang semakin penasaran dengan kondisi serta penampakan calon ibu kota ini. Salah satunya Kabupaten Penajam Paser Utara.

Seperti diketahui, Kabupaten Penajam Paser Utara ini berjarak sekitar 66 kilometer dari Kota Balikpapan. Kabupaten ini bisa ditempuh dalam dua jam perjalanan darat dan air dari Balikpapan. Saat ini, Penajam Paser Utara berada dibawah pimpinan Bupati Abdul Gafur Mas'ud bersama Wakilnya, Hamdam.

Tak banyak yang tahu, ternyata daerah yang dipimpin oleh Abdul Gafur Mas'ud ini memiliki banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi. Mulai dari pantai hingga perkebunan. Penasaran bukan mana saja? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Senin (26/8).

Loading...

1. Air Terjun Rimbawan.

Rekomendasi wisata di Penajam Paser Utara  © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@portalbalikpapan

Air Terjun Rimbawan ini merupakan salah satu destinasi wisata air terjun. Air terjun ini berada di kawasan konservasi hutan yang masuk dalam area Hak Guna Usaha PT ITCI Hutani Manunggal, Kabupaten Penajam Paser Utara Kalimantan Timur.

Rute untuk menuju Air Terjun Rimbawan ini ada banyak cara. Bisa melalui Kabupaten Penajam Paser Utara, atau langsung dari Balikpapan dengan nyebrang dengan perahu kelothok. Di sekitar Air Tejun Rimbawan ini juga ada air terjun lainnya, yaitu Air Terjun Tembinus yang lebih dulu dikenal oleh wisatawan setempat.

2. Penangkaran Rusa Penajam.

Rekomendasi wisata di Penajam Paser Utara  © 2019 brilio.net

foto: Facebook/Kota Penajam

Lokasi penangkaran rusa itu berada di Jalan Provinsi KM 32, Desa Api-api, Kecamatan Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. Di destinasi ini, warga cukup membayar karcis masuk bisa melihat ratusan anak rusa dari berbagai jenis.

Lokasinya berada dipinggir jalan menuju Kabupaten Grogot dan Banjarmasin. Bisa ditempuh menggunakan roda dua dan roda empat. Selain bisa menikmati aktivitas rusa, pengunjung bisa langsung memberikan makanan kepada rusa-rusa tersebut.

3. Ecotourism Mangrove Kampung Baru.

Rekomendasi wisata di Penajam Paser Utara  © 2019 brilio.net

foto: Google Foto/Siti Amidah

Bertempat di Ekowisata Mangrove Penajam Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Penajam, Kebupaten Penajam Paser Utara (PPU) para pengunjung bisa berswafoto di Jembatan yang dikelilingi mangrove. Tak dipungut biaya.

Jika beruntung, para pengunjung pun bisa melihat dari dekat hewan-hewan yang hidup di sekitar Ekowisata Mangrove Penajam Paser Utara. Pada pintu masuk mangrove para pengunjung bisa menikmati es kelapa yang segar, karena beberapa warga menghidupkan ekonomi dengan menjual es kelapa segar dan makanan lainnya.

4. Pantai Corong.

Rekomendasi wisata di Penajam Paser Utara  © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@hndrarwl

Pantai Corong terletak di Kelurahan Tanjung Tengah, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara ini menjadi satu kawasan favorit yang sering dikunjungi oleh para warga lokal. Ketika hari libur atau pada akhir pekan, banyak warga lokal yang datang bersama keluarga untuk bersantai menikmati keindahan Pantai Corong.

Tidak hanya itu, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara sering juga menyelenggarakan beberapa acara besar di Pantai Corong, salah satunya adalah Festival Layang-layang bertaraf Internasional.

5. Terusan Pantai Tanjung Jumlai

Rekomendasi wisata di Penajam Paser Utara  © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@emera_1811

Pantai Tanjung Jumlai bisa dikatakan pantai terlama yang ada di Penajam Paser Utara. Pantai Tanjung Jumlai merupakan wisata andalan warga Penajam dan sekitarnya. Pantai yang keberadaannya sudah puluhan tahun ini masih saja ramai dikunjungi warga.

Sekitar pantai selain ramai dengan permukiman warga, di pantai ini juga terdapat banyak pusat kuliner, mulai bakso, gado-gado dan makanan lainnya. Disaat libur lebaran dan hari besar lainnya pantai ini sangat padat dikunjungi wisatawan. Tak dipungut biaya untuk masuk ke pantai ini. Namun disarankan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat, kerana dari jalan Protokol masuk ke pantai lumayan jauh

6. Taman Bunga Rozeline.

Rekomendasi wisata di Penajam Paser Utara  © 2019 brilio.net

foto: Google Foto/Muh Kholidin

Bagi kalian warga Penajam Paser Utara sudah tak asing lagi dengan Taman Bungan Rozaline. Taman yang dibangun didekat Kantor Bupati Penajam Paser Utara ini bisa dinikmati pengunjung kapan saja.

Tak dipungut biaya, para pengunjung bisa berswafoto di taman ini. Taman yang baru dibangun pada masa jabatan Bupati Yusran Aspar ini menjadi alternatif warga Penajam untuk menghabiskan waktu libur. Di Taman Bunga Rozaline selain gazebo, ada beberapa fasilitas bermain lainnya, sejuknya Taman Bunga Rozaline ini lengkapi pepohonan yang rindang dan danau ditengah-tengah taman

7. Waduk Sesulu.

Rekomendasi wisata di Penajam Paser Utara  © 2019 brilio.net

foto: Google Foto/Bukhoro Utomo

Waduk Sesulu terletak Kabupaten Penajam Paser Utara di Provinsi Kalimantan Timur. Tepatnya di Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Di peta navigasi terdapat pilihan apakah memakai kendaraan umum, jalan kaki, atau pakai mobil.

8. Nipah-Nipah Beach.

Rekomendasi wisata di Penajam Paser Utara  © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@ypaulin72

Kabupaten Penajam Paser Utara memang terkenal dengan wisata pantainya. Bagaimana tidak, hampir separuh wilayah Kecamatan Penajam dikelilingi laut. Jika ada acara besar, biasa Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara sering mengadakan acara di sepanjang Pantai.

Pantai Nipah-nipah lokasinya tidak begitu jauh dari pusat kota. Berada disekitar kilometer 6 dan Kilometer 7 kelurahan Nipah-nipah, Kecamatan Penajam. Jika ke pantai ini, para pengunjung disambut dengan deburan angin yang sejuk, dan suara ombak.

9. Air Terjun Niagara Tembinus.

Rekomendasi wisata di Penajam Paser Utara  © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@anakmudapenajam

Air Terjun Niagara Tembinus adalah tempat wisata air terjun yang terletak di kawasan Hak Guna Usaha (HGU) PT. ITCI Hutani Manunggal, hutan konservasi di Penajam Paser Utara (PPU). Menuju Air Terjun Niagara Tembinus di Penajam Paser Utara ini cukup melelahkan karena kamu harus melewati jalan logging selama kurang lebih satu jam.

Tidak hanya itu, untuk mencapai air terjun ini kamu juga harus menyusuri jalan setapak sejauh kurang lebih satu kilometer. Berada di kawasan hutan konservasi, Air Terjun Niagara Tembinus memberikan pesona alam yang luar biasa yang bisa kamu kunjungi.

10. Bangkirai Hills Balikpapan.

Rekomendasi wisata di Penajam Paser Utara  © 2019 brilio.net

foto: Facebook/Hanny Havitdema

Objek Wisata dengan suasana Hutan Hujan Tropis sudah sangat jarang ditemui. Di pulau-pulau tertentu bahkan sudah tidak memiliki hutan lagi dan dipenuhi dengan rumah-rumah penduduk. Namun, di Pulau Kalimantan sebelah Timur, tepatnya di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, sebuah obyek wisata Hutan Hujan Tropis yang lebih sering dikenal dengan Bukit Bangkirai memiliki Hutan Hujan tropis yang masih sangat alami.

RECOMMENDED BY EDITOR

Pilih Reaksi Kamu



Tags

Jalan-jalan Pariwisata Indonesia Wisata Unik Kalimantan Timur Pemindahan Ibu Kota Penajam Paser Utara
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE