Brilio.net - Menghitung wisata yang ada di Jogja tentunya tak ada habisnya. Pasalnya Kota Gudeg ini menyimpan sejuta wisata yang memesona, dari wisata budaya, kuliner hingga wisata alamnya. Nah, jangan ngaku petualang sejati kalau belum mengeksplore wisata-wisata yang ada di sekitar Jogja.

Banyak tempat wisata alam Jogja yang asri dan asik untuk kamu kunjungi. Salah satunya destinasi wisata gua yang tak kalah keren dan hits dari wilayah lain. Mayoritas gua-gua yang ada di Jogja, merupakan gua kapur yang memiliki pemandangan stalaktit dan stalakmit yang begitu menawan. Kamu bisa menghilangkan stres dan lebih menenangkan pikiran dengan menyaksikan pemandangan alam yang menakjubkan ini.

Selain menkmati keindahannya, di gua-gua ini juga siap menantang adrenalin kamu. Salah satunya di gua pindul kamu dapat melakukan river tubing. Untuk kamu yang ingin berlibur ke Jogja, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Jumat, (13/9), destinasi wisata gua di Jogja keren dan hits.

1. Gua Jomblang.

10 Destinasi wisata gua di Jogja keren dan hits Instagram

Loading...

foto: Instagram/@beautifuldestinations

Ada istilah jika berwisata ke gua jomblang ini bak melihat cahaya dari surga. Gua Jomblang terletak di Pedukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Gua ini merupakan sebuah gua vertikal yang memiliki sungai bawah tanah. Keberadaan sungai itulah yang membuat penggemar caving senang berkunjung ke Gua Jomblang. Ketika kamu menuruni gua ini, kamu juga akan melihat dan merasakan keindahan hutan purba di dasar bumi.

Gua ini sangat cocok untuk kamu yang suka tantangan. Karena dibutuhkan keberanian dan nyali untuk turun ke dalam gua dengan kedalaman 60 meter. Di siang hari antara pukul 10.00-13.00 WIB, cahaya matahari masuk ke dalam gua melalui lubang di atas gua dan memberikan pemandangan yang sungguh menakjubkan. Lokasinya yang sulit dan membutuhkan pemandu serta alat keselamatan yang lengkap, tak heran jika harganya cukup mahal. Satu orang dibandrol Rp 450 ribu dan hanya dibatasi 40 orang per harinya.

2. Gua Pindul.

10 Destinasi wisata gua di Jogja keren dan hits Instagram

foto: Instagram/@goapindulofficial

Ke Jogja belum lengkap kalau belum mengunjungi salah satu destinasi wisata unggulan dan terkenal di Gunungkidul. Gua pindul terletak di Wonosari, Gunungkidul. Gua ini semakin terlihat keren dan memesona dengan keberadaan sungai oya yang mengalir di bawahnya. Untuk mengunjungi gua pindul jangan khawatir tersesat, karena di pinggir-pinggir jalan banyak orang-orang yang akan menawarkan paket guide ke Gua Pindul. Di wisata ini kamu bisa melakukan aktivitas seperti cave tubing atau wisata air susur gua dengan menggunakan ban, dan helm.

3. Gua Kalisuci.

10 Destinasi wisata gua di Jogja keren dan hits Instagram

foto: Instagram/@wisatajogjamantap

Gua Kalisuci merupakan sebuah kawasan karst yang di bawahnya terdapat sungai yang mengalir dengan arus tenang. Tempat ini salah satu wisata untuk cave tubing terbaik selain gua Pindul. Panjang gua kalisuci sekitar 600-700 meter dengan memakan waktu sekitar 2 jam. Kamu bisa menyusuri lorong-lorong gelap di dalam gua, dengan menggunakan perahu karet yang disediakan di wisata tersebut. Serunya lagi ada beberapa gua yang terhubung di sekitar kawasan karst kalisuci, yang semuanya dapat ditelusuri dalam satu waktu. Gua-gua tersebut yaitu gua glatikan, gua suci, gua buri omah, gua gelung dan gua brubug.

4. Gua Cokro.

10 Destinasi wisata gua di Jogja keren dan hits Instagram

foto: Instagram/@roh_kyt

Gua cokro terletak di Dusun Blimbing, Desa Umbulharjo, Kecamatan Pojong, Gunungkidul, Yogyakarta. Gua ini merupakan gua vertikal dengan kedalaman 18 meter. Gua cokro memiliki dua mulut gua yang berbentuk sumuran dengan jarak antar sumuran sekitar 8 meter. Diameter lubang tersebut sekitar 1 meter. Dinding gua yang terpahat alami dari air yang menetes membawa sensasi tersendiri, dimana banyak ukiran mineral di batuan karst. Ketika cuaca cerah kamu bisa mendapatkan sebuah fenomena Ray of Light, sinar matahari yang masuk dari lubang lainnya. Untuk masuk ke gua cokro ini minimal harus 10 orang dengan biaya Rp 1 juta.

5. Gua Tanding.

10 Destinasi wisata gua di Jogja keren dan hits Instagram

foto: Instagram/@infojogja.co

Tak jauh dari gua pindul terdapat gua yang memiliki penampakan keren. Lokasinya di Gelaran 2, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul. Ya wisata gua tanding tergolong masih baru. Namun, jangan salah jika kamu sudah menyusuri gua ini, kamu akan takjub dengan keindahan di dalamnya. Gua tanding juga memiliki sungai bawah tanah, dengan kedalaman air sekitar 3 meter. Panjang sungai bawah tanah ini sekitar 450 meter. Di wisata ini kamu bisa melakukan river boating di sungai bawah tanah Gua Tanding tersebut. Selain sensasi river rafting, kamu juga bisa mengamati ornamen gua yang masih hidup disana.

6. Gua Rancang Kencono.

10 Destinasi wisata gua di Jogja keren dan hits Instagram

foto: Instagram/@zfiqi

Setelah puas berbasah-basahan dengan mengunjungi beberapa gua yang ada di Gunungkidul, tak ada salahnya mampir ke gua rancang kencono. Gua ini terletak di Desa Bleberan, Kecamatan Playen. Gua Rancang Kencono termasuk gua purba, di dalamnya terdapat pohon klumpit besar yang usianya sudah ratusan tahun.

Setelah menyusuri beberapa anak tangga, terdapat tiga ruangan di dalam gua yang salah satunya berukuran besar menyerupai aula. Gua ini konon dulu digunakan untuk tempat persembunyian dan pertemuan Laskar Mataram. Mereka menyusun rencana strategi mengusir belanda dari Kasultanan Yogyakarta. Oleh sebab itu gua tersebut dinamai gua rancang kencono.

7. Gua Sriti.

10 Destinasi wisata gua di Jogja keren dan hits Instagram

foto: Instagram/@miracleofgunungkidul

Gua sriti berada di Dusun Gelaran I berbatasan langsung dengan Desa Karangmojo tepatnya di sebelah barat Gua Pindul. Oleh masyarakat sekitar dinamakan gua sriti karena dulu gua tersebut merupakan tempat bersarangnya burung-burung sriti. Keunikan dari gua ini adalah warna batunya yang putih.

Meski belum terlalu populer seperti gua yang lainnya, namun pesona gua ini tak kalah keren dengan gua lainnya.

8. Gua Cerme.

10 Destinasi wisata gua di Jogja keren dan hits Instagram

foto: Instagram/@angelinaadwi

Gua cerme berada di Dusun Srunggo, Desa Selapamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Yang menarik dari gua ini adalah terdapat air terjun kecil di dalamnya. Untuk sampai ke mulut gua ini kamu harus melewati 759 anak tangga. Jadi harus menyiapkan stamina fisik yang bagus ya sebelum kesana. Gua Cerme adalah gua horisontal yang juga tergolong panjang dengan kedalaman 1,5 kilometer. Di gua ini sama seperti gua pindul dan gua kalisuci karena memiliki aliran sungai bawah tanah. Ornamen di dalam gua cukup lengkap ada staglaktit, stalakmit, pilar dan banyak lainnya yang tersaji di Gua Cerme ini.

9. Gua Selarong.

10 Destinasi wisata gua di Jogja keren dan hits Instagram

foto: Instagram/@wahyurezkaf

Gua selarong merupakan sebuah gua bersejarah yang berlokasi di Bantul. Tepatnya di Dukuh Kembangputihan Kecamatan Pajangan. Dulu gua ini digunakan untuk markas gerilya Pangeran Diponegoro saat melakukan perlawanan terhadap Belanda. Kini gua bernilai histori ini dijadikan sebuah tempat wisata. Kondisi alamnya masih asri menjadikan wisata gua ini menjadi daya tarik. Untuk memasuki obyek wisata ini pengunjung dikenakan retribusi sebesar Rp 4 ribu saja.

10. Gua Kiskendo.

10 Destinasi wisata gua di Jogja keren dan hits Instagram

foto: Instagram/@jogjainfo

Tak hanya di Kabupaten Gunungkidul dan Bantul saja yang memiliki wisata gua. Di Kulon Progo terdapat sebuah gua yang cukup hits yaitu Gua Kiskendo. Gua ini menjadi tempat yang disakralkan dan memiliki cerita sejarah kaitannya dengan pewayangan. Di dalam gua terdapat stalakmit yang berbentuk lidah raksasa. Stalakmit ini dipercaya sebagai lidah dari dua raksasa yang pernah tinggal di gua ini yakni Mahesasura dan Lembusura. Tak jauh dari mulut gua kiskendo juga terdapat gua sumitro yang memiliki dua mulut vertikal dan horisontal.

RECOMMENDED BY EDITOR