Brilio.net - Ada berbagai macam akuarium yang tersedia di pasar yang bisa kamu beli dan menjadi hiasan di rumahmu. Namun, biasanya akuarium itu tak cukup untuk diisi banyak ikan karena ukurannya yang kecil. Nah, buat yang ingin menikmati akuarium dengan ukuran raksasa bisa berkunjung ke akuarium terbesar di dunia ini. Di sana kamu bisa melihat ikan berukuran besar seperti hiu bahkan ikan pari sangat dekat sekali.

Ini daftar 10 akuarium terbesar dan paling mengagumkan di dunia, seperti dikutip brilio.net dari Wittyfeed, Selasa (13/12):

1. Aquarium of Western Australia (AOWA), Perth, Australia.

akuarium terbesar di dunia © 2016 istimewa

Akuarium terbesar di Australia yang memiliki tangki terbesar di dunia dengan lebih dari 4 juta liter air. AOWA populer untuk makhluk pesisir Australia yang berada di dalamnya.

Buaya, hiu paus, ikan pari berbagi tempat di akuarium indah ini. Pengunjung juga dapat melakukan snorkling ditemani penyelam profesional untuk dapat berada lebih dekat dengan mereka.

2. AquaDom, Berlin, Jerman.

akuarium terbesar di dunia © 2016 istimewa

AquaDom adalah akuarium kaca silinder akrilik yang menampilkan built-in lift transparan. Fasilitas ini terletak di Radisson Blue Hotel di Berlin-Mitte. Dibuka pada tahun 2004, proyek ini menelan biaya sekitar 12,8 juta Euro dan memiliki tinggi 25 meter.

AquaDom ini jadi rumah bagi 1.500 ikan dari 97 spesies yang berbeda dan memiliki tangki silinder terbesar di dunia. Dibutuhkan sekitar 3-4 penyelam setiap hari untuk memberi makan ikan dan membersihkan tangki.

3. Ushaka Marine World, Durban, Afrika Selatan.

akuarium terbesar di dunia © 2016 istimewa

Ushaka Marine World terletak di Durban, Afrika Selatan. Di sana terdapat akuarium terbesar di Afrika dan memuat 32 tangki aquarium. Makhluk-makhluk laut yang dipelihara di akuarium berkisar dari kuda laut kecil sampai hiu dan lumba-lumba. Akuarium ini dibangun seperti kapal tua yang tenggelam dan berisi sejumlah restoran dengan dinding kaca berisi sejumlah hiu.

4. TurkuaZoo, Istanbul, Turki.

akuarium terbesar di dunia © 2016 istimewa

Akuarium TurkuaZoo ini terletak di dalam Forum Istanbul Shopping Mall, Istanbul. Akuarium tersebut memiliki terowongan sepanjang 80 meter di bawah air. Selain menampilkan hutan hujan tropis dan habitat lahan basah, TurkuaZoo adalah rumah bagi 10.000 spesies termasuk hiu macan, ikan pari raksasa serta piranha di 29 tangki berbeda. Tangki terbesar dapat menampung 5 juta liter (1,32 juta galon) air.

5. Okinawa Churaumi Aquarium, Okinawa, Jepang.

akuarium terbesar di dunia © 2016 istimewa

Akuarium ini dibuka pada tahun 2002 sebagai bagian dari Ocean Expo Park di Jepang. Okinawa Churaumi Aquarium adalah salah satu akuarium yang paling menakjubkan di dunia berisi hiu, paus, ikan pari bersama banyak spesies ikan lainnya. Tangki utama dari akuarium disebut Laut Kuroshio yang mampu menampung 7,5 juta liter (1.981.000 galon) air dengan panel kaca akrilik berukuran 8,2 x 22,5 meter dengan ketebalan 60 cm. Panel tersebut merupakan panel terbesar di dunia ketika akuarium dibuka.

6. Dubai Aquarium and Underwater Zoo, Dubai, UAE.

akuarium terbesar di dunia © 2016 istimewa

Dubai Mall adalah salah satu pusat perbelanjaan terbesar di dunia sekaligus bagian dari kompleks Burj Dubai. Pusat dari mal tersebut adalah tangki akuarium raksasa, dengan kapasitas 10 juta liter (2,64 juta galon) air dan panel berukuran 8,3 x 32,88 meter dan setebal 75 cm. Akuarium ini memiliki lebih dari 33.000 satwa laut termasuk lebih dari 400 hiu dan ikan pari.

7. Shanghai Ocean Aquarium, Shanghai, China.

akuarium terbesar di dunia © 2016 istimewa

Shanghai Ocean Aquarium jadi salah satu akuarium terbesar di Asia. Aquarium ini terdiri dari 9 zona pameran yang mewakili kehidupan laut dari berbagai daerah di seluruh dunia. Contohnya ada Zona China, Zona Antartika dan Zona Australia. Zona China adalah rumah bagi beberapa spesies yang terancam punah di perairan China, termasuk spesies langka dan berharga dari Sungai Yangtze. Daya tarik lainnya akuarium ini adalah terowongan bawah air yang memiliki panjang 155 meter dan dinobatkan sebagai terowongan bawah laut terpanjang di dunia.

8. L'Oceanografic, Valencia, Spanyol.

akuarium terbesar di dunia © 2016 istimewa

Jika mengunjungi Valencia, kamu harus melihat akuarium terbesar di Eropa yang terletak dalam sebuah kompleks yang dikenal sebagai Kota Seni dan Ilmu Pengetahuan. L’Oceanogràfic merupakan rumah bagi lebih dari 45.000 makhluk laut. Di dalamnya juga terdapat sembilan menara di bawah air, terstruktur pada dua tingkat yang mewakili beberapa ekosistem laut. Dua menara air dihubungkan dengan sebuah terowongan bawah air sepanjang 35 meter dan tangki tersebut dipenuhi dengan hiu, pari dan 7 juta liter (1,85 juta galon) air.

9. Monterey Bay Aquarium, Monterey, California.

akuarium terbesar di dunia © 2016 istimewa

Terletak di lokasi bekas tempat pengalengan ikan sarden di Monterey, California, akuarium ini memiliki dua tangki besar yang menjadi rumah bagi hampir 35.000 makhluk laut. Mulai dari ikan pari, ubur-ubur, berang-berang laut, dan berbagai spesies laut asli, yang dapat dilihat di atas dan di bawah permukaan air. Tangki utama Monterey Bay Aquarium sendiri dapat menampung 4,5 juta liter (1,2 juta galon) yang ditampilkan dari jendela tunggal dan merupakan salah satu terbesar di dunia.

10. Georgia Aquarium, Atlanta, Georgia.

akuarium terbesar di dunia © 2016 istimewa

Georgia Aquarium di Atlanta adalah akuarium terbesar di dunia dan satu-satunya tempat di luar Asia yang memiliki hiu paus. Hiu paus tersebut disimpan dalam sebuah tangki raksasa yang dapat menampung 24 juta liter (6,3 juta galon) air. Akuarium raksasa ini memiliki lebih dari 100.000 makhluk laut dan dibagi menjadi 60 bagian pameran dan 5 zona.