Brilio.net - Para peneliti di American Academy of Pediatrics merilis panduan untuk menanggulangi kematian mendadak saat tidur. Yang bikin kaget, ada hasil penelitian yang menyebutkan bahwa bayi berusia setahun harusnya sudah tidur terpisah dengan orangtuanya untuk mengurangi risiko kematian mendadak saat tidur. Waduh!

Bayi seharusnya tidur satu ranjang dengan orangtuanya paling tidak selama enam bulan sejak kelahirannya. Saat berusia setahun, meski masih diperbolehkan sekamar namun dianjurkan untuk menempati tempat tidurnya sendiri karena tidur satu ranjang dengan orangtuanya menambah risiko Sudden Infant Death Syndrome (SIDS).

SIDS © 2016 brilio.net

Dalam penelitian tersebut juga disebutkan bahwa tempat terbaik bayi saat tidur adalah di boks bayi tanpa kasur yang terlalu lembut, guling ataupun bantal. Dengan tidur terpisah dari orangtuanya, setidaknya akan mengurangi 50% risiko terkena SIDS.

"Berbagi tempat tidur membawa potensi berbahaya bayi terserang SIDS dan yang paling penting untuk bayi berusia di bawah empat bulan dan lahir prematur dan berat badan yang rendah," ungkap Dr. Lori Feldman-Winter seperti dilansir brilio.net dari Dailymail, Kamis (27/10).

Loading...

SIDS menjadi salah satu masalah serius dalam beberapa dekade terakhir dan menjadi penyebab utama kematian bayi yang menewaskan 3.500 bayi setahun di Amerika Serikat, menurut penelitian AAP. Kematian ini disebabkan beberapa faktor seperti ketidaknormalan fungsi otak dan masalah sistem pernapasan seperti tidur tengkurap atau terlentang.

SIDS © 2016 brilio.net

"Mayoritas masalah SIDS ini timbul ketika bayi tidur dengan perut sebagai tumpuan utama atau dengan alas yang terlalu lembut dan berbagi tidur dengan orangtua atau keluarga lainnya," tambah Dr. Fern Hauck, peneliti dari University of Virginia yang telah meneliti 12 ribu kasus kematian karena SIDS dari tahun 2004 sampai tahun 2014.

Peneliti juga menekankan pentingnya bayi mendapat aliran udara yang baik dengan cara menghindarkan bayi dari bantal, selimut yang lembut dan objek lembut lainnya dari tempat tidurnya.

RECOMMENDED BY EDITOR