Brilio.net - Mungkin sebagian dari kamu menyergitkan dahi, ketika mendengar es krim untuk sarapan. Pagi-pagi makan es krim? Apa ngak sakit perut? Namun menurut seorang peneliti dari Jepang sarapan es krim dapat meningkatkan intelegensi seseorang.

Seperti dilansir brilio.net dari telegraph.co.uk, Selasa (29/11) seorang profesor bernama Yoshihiko Koga dari Tokyo Kyorin University telah melakukan uji klinis kepada beberapa kelompok. Satu kelompok diberi perlakuan dengan memberi es krim sesudah bangun tidur. Sedangkan kelompok lainnya tidak.

Makan es krim bikin pintar © 2016 istimewa

Kedua kelompok dengan perlakuan berbeda, kemudian diberikan serangkaian tes mental pada komputer. Hasilnya cukup mengejutkan, kelompok yang mengonsumsi es krim untuk sarapan memiliki kemampuan dan reaksi terhadap tes lebih cepat.

Sarapan dengan es krim mampu meningkatkan kewaspadaan seseorang dan kinerja mental. Untuk mempertegas penemuannya, Profesor Koga melakukan uji serupa dengan air es atau air dingin. Hasilnya sama, tingkat kewaspadaan dan mental seseorang meningkat meski tak setinggi ketika makan es krim.

Loading...

Makan es krim bikin pintar © 2016 istimewa

Prof Koga menjelaskan bahwa ketika seseorang mengonsumsi sesuatu yang dingin, otak seseorang akan 'terkejut' karena suhu rendah dari es krim atau air es. Keadaan tersebut mengindikasikan adanya peningkatan kewaspadaan dan intelegensi seseorang.

Penelitian ini bukan untuk pertama kali, sebelumnya penelitian terkait es krim sudah dilakukan. Pada tahun 2005, ahli saraf di Institute of Psychiatry London melakukan scan otak terhadap penikmat es krim. Hasilnya, penikmat es krim mengalami "pleasure spots". Pleasure spots merupakan kondisi membahagiakan dan merelaksasi seseorang. Selain itu penelitian lain menyebutkan bahwa sarapan dengan makanan yang manis juga disarankan bagi manusia. Selain es krim, coklat juga disarankan untuk dikonsumsi jadi menu sarapan.

Tertarik mencoba?

RECOMMENDED BY EDITOR