Brilio.net - Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti. Tak heran, pembicaraan mengenai penyebab kanker, pengobatannya, dan apa yang perlu dilakukan untuk mencegah penyakit ini selalu menjadi topik hangat.

Kanker terjadi ketika sel abnormal di dalam tubuh berkembang biak secara tidak terkendali. Akibatnya, jumlah sel tersebut akan semakin banyak dan mengganggu jaringan atau organ di sekitarnya.

Namun ternyata, masih cukup banyak mitos seputar kanker yang beredar dan dipercaya oleh masyarakat. Salah satunya adalah radiasi ponsel yang diyakini dapat memicu timbulnya sel kanker.

Menurut Dr Griska Lia Christine, Sp-PD, mengatakan bahwa telepon genggam sebenarnya hanya memancarkan radiasi yang sangat rendah, sehingga tidak sampai menyebabkan mutasi gen pada sel-sel tubuh.

Hingga saat ini, belum ada hasil penelitian yang bisa membuktikan bahwa radiasi telepon genggam dapat menyebabkan kanker.

Loading...

"Yang nggak disarankan itu kan, menaruh ponsel di kantong selama 24 jam karena ada panasnya. Tapi setahu saya (semua ponsel) sudah lewat quality check," ujarnya kepada media usai acara Watson Gelar Beauty Class dengan Penyintas Kanker di Jakarta, Selasa (4/2).

Dokter Griska menambahkan bahwa penyakit kanker banyak sekali sebabnya seperti gaya hidup yang tidak sehat, pola makan, dan aktivitas fisik yang kurang. Menurutnya, mulai sekarang masyarakat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat.

"Jauhi makanan berlemak dan makanan manis. Perbanyak buah dan sayur. Apalagi bagi penyintas kanker, usahakan untuk tidak mengonsumsi gula secara berlebih karena sel kanker itu suka dengan gula," tutupnya.

RECOMMENDED BY EDITOR