Brilio.net - Barangkali kamu belum mengenal Arunachalam Muruganantham, tapi di India dia sangat terkenal karena penemuannya. Arunachalam Muruganantham adalah lelaki yang menemukan pembalut murah dan higienis untuk perempuan India yang kurang mampu.

Ide ini ditemukan Arunachalam Muruganantham setelah pernikahannya pada 1998.  Dia melihat istrinya menggunakan karpet tua saat menstruasi. Arunachalam Muruganantham mencoba membuat pembalut dengan berbagai cara, bahkan dia sampai dikira maniak seksual karena hal tersebut. Istrinya sampai meninggalkannya karena merasa malu.

Awalnya, Arunachalam Muruganantham menggunakan bantalan dari kapas tapi itu ditolak oleh istri dan saudara perempuannya. Dia terus mencoba sampai istrinya meninggalkannya karena malu, dia kemudian meminta bantuan seorang relawan perempuan tapi relawan tersebut menyerah. Di India pembahasan mengenai menstruasi memang masih tabu, hal ini menyusahkan dia untuk berbicara dengan perempuan-perempuan di desanya.

Akhirnya Arunachalam Muruganantham menggunakan darah hewan dan cairan kandung kemih untuk mencoba produknya. Akhirnya dia menemukan cara paling tepat membuat pembalut yaitu dengan serat selulosa yang berasal dari batang kayu pinus. Dia membagikan produknya secara gratis kepada mahasiswi di perguruan tinggi asalkan mereka mau kembali padanya setelah menggunakan untuk memberi pendapat.

Produknya ini kemudian teruji secara kesehatan dan harganya yang murah mampu dijangkau oleh perempuan India. Istrinya kembali padanya dengan bangga. Penelitian ini juga mendapat banyak penghargaan dan membuka lapangan kerja untuk banyak perempuan di India. Sebuah penemuan yang mengharukan sekaligus luar biasa.

Nah, berikut video kisah pembuatan pembalut oleh Arunachalam Muruganantham yang dibuat oleh Aljazeera English.