Brilio.net - Belakangan ini ramai di media sosial unggahan foto yang memperlihatkan tanaman padi yang berbeda dengan tanaman padi lainnya. Jika umumnya kita lihat tanaman padi berwarna hijau, kali ini tanaman padi ada yang berwarna ungu. Warnanya yang berbeda menjadi daya tarik tersendiri bagi khalayak umum, sehingga banyak yang berusaha untuk mengabadikannya dengan berswafoto dan diposting ke media sosial.

Tanaman padi ini tergolong unik karena batang dan daunnya berwarna ungu tua. Diketahui bibit padi ungu ini berasal dari daerah Asia Timur. Varietas padi ini juga dikenal dengan nama lain yaitu, Black Madras. Walaupun warna daunnya ungu, akan tetapi beras yang dihasilkan tetap berwarna putih seperti beras lainnya. Dikutip dari situs healthline.com, warna ungu tua yang menjadi daya tarik padi jenis ini kemungkinan besar merupakan hasil dari gen padi yang bermutasi.

penjelasan padi ungu © 2018 Instagram

foto: Instagram/@doankagus13

Usut punya usut ternyata padi ungu ini masuk ke Indonesia melalui penjualan online. Beberapa petani yang menanam padi unik ini mengaku mendapatkan bibitnya setelah melihat iklan bibit padi ungu yang banyak beredar di internet. Mereka membeli secara online karena penasaran dengan padi yang tak lazim di Indonesia ini.

Beberapa daerah di Indonesia seperti di Purworejo, Jawa Tengah dan Indramayu, Jawa Barat, terlihat mulai tertarik dan ikut mencoba menanam padi jenis ini.

Namun demikian, padi ungu ini tidak memiliki izin edar Balai Pengawas dan Sertifikasi Benih, karena berdasarkan hasil riset yang telah dilakukan Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (PPKP) Kabupaten Purworejo menunjukkan bahwa padi ungu peruntukannya bukan untuk dikonsumsi, melainkan sebagai tanaman sumber genetik untuk pemuliaan dan sebagai tanaman pembatas (border plant).