Brilio.net - Kebiasaan menyimpan makanan di dalam lemari es biar lebih awet dan tetap segar, masih sering dilakukan oleh banyak orang. Kamu pasti juga kan?

Namun hal ini tak berlaku bagi beberapa jenis makanan, salah satunya kentang. Pasalnya, suhu dingin lemari es dapat mengubah rasa, tekstur, dan kematangan kentang akan serta menyimpan potensi berbahaya bagi kesehatan.

Ketika kentang disimpan dalam lemari es, pati yang ada dalam kentang akan berubah menjadi gula. Ketika dipanggang atau digoreng, gula tersebut akan bercampur dengan asparagin asam amino. Percampuran keduanya akan menghasilkan kimia akrilamida yang diketahui berbahaya bagi kesehatan.

Akrilamida adalah bahan kimia yang digunakan dalam proses industri seperti produksi kertas, pewarna, dan plastik. Jejak akrilamida juga bisa kamu temukan dalam makanan, terutama makanan kemasan. Keripik kentang dan kentang goreng adalah jenis makanan yang mengandung akrilamida lebih tinggi dibandingkan dengan makanan lainnya.

BACA JUGA: 22 Aksi 'orang gila' mendekatkan diri dengan maut, bikin ngelus dada

Bahaya akrilamida telah dikaitkan dengan kemunculan berbagai jenis kanker. Seperti dilansir brilio.net dari mirror.co.uk, Sabtu (19/3), penelitian yang dilakukan pada tikus telah menemukan bahwa paparan akrilamida menimbulkan risiko untuk penyakit kanker. Namun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk melihat efek paparan akrilamida yang jelas.

Jadi, mulai sekarang hindari menyimpan kentang di dalam lemari es, ya. Cara terbaik untuk menyimpan kentang adalah dalam ruangan bersuhu kamar, tempat sejuk dan kering. Kamu juga bisa membungkusnya dengan kantong kertas dan menyimpannya di lemari dapur.