Brilio.net - Efisiensi adalah hal utama bagi pembangkit listrik industri. Proses yang efisien memastikan produksi listrik berlangsung secara optimal dan penggunaan energi yang minimal. Solusi digital dari GE tidak hanya dapat meningkatkan efisiensi sistem pembangkit listrik industri, tetapi juga meningkatkan keandalan dan menekan biaya operasi.

Sebagaimana dilansir brilio.net dari laman GE Reports Indonesia, Minggu (25/6), solusi digital GE untuk pembangkit listrik terutama didasarkan pada Predix. Predix merupakan platform digital untuk aplikasi Internet of Things (IoT), yang menggabungkan kerja mesin-mesin dengan program berbasis data.

Optimisasi operasi membantu perusahaan yang mengelola pembangkit listrik dengan memberikan rekomendasi proaktif berdasarkan data pembangkit listrik, baik data historis maupun data saat ini, serta juga data eksternal. Sehingga pada ujungnya, pemanfaatan data dan hasil analitiknya bisa membantu meningkatkan pendapatan pengelola pembangkit listrik.

Solusi digital GE memungkinkan pengelola pembangkit listrik untuk meningkatkan produksi, mengidentifikasi proses, melakukan konfigurasi, atau pengaturan operasional yang paling optimal, dan mengidentifikasi waktu yang tepat bagi pembangkit listrik untuk bisa dijalankan lebih sering.

Secara umum tujuan pengelola adalah meminimalisasi waktu pemadaman. Namun di lain pihak pengelola juga perlu melakukan pencegahan terhadap risiko kegagalan generator yang tidak direncanakan. Karena itu pengelola pembangkit listrik membutuhkan waktu pemadaman dan pemeliharaan yang paling optimal.

Pendapatan pengelola pembangkit listrik juga dapat dimaksimalkan melalui solusi digital ini. Tidak jarang pembangkit listrik memiliki kelebihan daya yang tidak dibutuhkan oleh konsumen utamanya. Di berbagai negara, pembangkit listrik independen dibolehkan menjual kelebihan listriknya ke jala-jala listrik yang lebih luas.

Penjualan daya listrik berlebih ini bisa dikelola dengan lebih efisien menggunakan sistem perdagangan energi yang didasarkan pada platform Predix. Dengan sistem ini, proses penjualan energi bisa diotomatisasi, berdasarkan kinerja generator.

Antisipasi lewat identifikasi masalah

Kemampuan pengumpulan data, integrasi, dan analitik bisa dipadukan untuk meningkatkan keandalan dan ketersediaan aset.

Pembangkit listrik tidak hanya harus berjalan dengan biaya murah, tetapi juga harus berjalan tanpa gangguan. Ini berarti pemeliharaan pembangkit secara teratur perlu dilakukan untuk mengantisipasi munculnya masalah.

Solusi dari GE adalah General Health Monitoring (GHM). Yakni sebuah sistem pemantauan online untuk pembangkit listrik yang memungkinkan pemeriksaan dan penilaian keadaan terkini untuk bisa mengidentifikasi masalah secara dini.

Pemantauan seperti ini memungkinkan pengelola pembangkit listrik untuk menerapkan strategi pemeliharaan yang bisa meningkatkan keandalan dan ketersediaan, dan mengurangi biaya.

Implementasi solusi digital di satu sisi bisa meningkatkan efisiensi, tetapi di sisi lain membuatnya rentan terhadap serangan siber (cyber attack). Serangan terhadap keamanan siber infrastruktur penting seperti pembangkit tenaga listrik tidak hanya merugikan bisnis, tetapi juga kenyamanan warga, dan bisa dianggap sebagai ancaman terhadap keamanan nasional.

Malware atau perangkat lunak jahat pada saat ini bisa menginjeksi perintah yang tidak terotorisasi ke dalam peranti ICS/SCADA, atau mengambil alih sistem kendali pembangkit listrik. Skenario ancaman keamanan siber lain mencakup seperti serangan ransomware (penawanan data), serta pembobolan akun administrator pada sistem.

Profesional security dari GE bisa membantu pemilik pembangkit listrik untuk mengidentifikasi ancaman, mengelola keamanan dan mengurangi risiko.

Sebagai contoh kasus solusi digital ini kita bisa melihat solusi yang diimplementasikan GE pada pembangkit listrik di Whitegate, Irlandia, yang berkapasitas 445 megawatt dan memasok 10 persen listrik untuk negara itu. GE memasang solusi pemantauan yang menggunakan total 141 sensor, memungkinkan para insinyur di Whitegate memantau pembangkit listrik tersebut selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu.

Dipadukan dengan perangkat lunak dari GE, solusi ini menawarkan rekomendasi operasional kepada para insinyur Whitegate. Sebagai contoh kasus, sistem ini bisa mendeteksi kesalahan pemasangan komponen pada pembangkit listrik. Koreksi pemasangan komponen ini bisa menghemat konsumsi bahan bakar sebanyak 25%.

 

RECOMMENDED BY EDITOR