Brilio.net - Mengamankan data-data rahasia telah menjadi tantangan tersendiri di era digital sekarang ini. Data adalah “harta” yang sangat berharga. Serangan Cyber menjadi ancaman bagi semua industri, bahkan pemerintah.

Bahkan, Industrial Control System Cyber Emergency Response Team (ICS-CERT) melaporkan, dalam kurun 12 bulan (Oktober 2013-September 2014) telah terjadi sedikitnya 245 kali serangan Cyber pada sistem-sistem pengendali industri di Amerika Serikat. Dari serangan tersebut, 32% di antaranya adalah industri di sektor energi, dan 27% di antaranya pada industri manufaktur kritikal.

Sistem Cyber Security pun terus dikembangkan agar para pengguna teknologi bisa mengelola informasi atau datanya secara aman. GE yang sejak beberapa tahun terakhir menekuni bisnis digital industrial bahkan mengakuisisi satu perusahaan khusus yang bergerak di bidang Cyber Security. Keamanan cyber merupakan suatu urgensi bagi perusahaan industrial raksasa yang hampir seluruh teknologinya berbasis big data; terutama dengan adanya PREDIX.

Lantas bagaimana GE menjamin keamanan data para pelanggannya yang menggunakan PREDIX? Simak uraiannya dalam petikan wawancara dengan Alvin Ng, General Manager GE Digital ASEAN di Jakarta, sebagaimana dilansir brilio.net dari GE Reports Indonesia, Rabu (21/6).

Mari kita berbincang tentang keamanan Cyber. Tapi sebelumnya, bisakah Anda menjabarkan PREDIX dan bagaimana cara kerjanya?

OK. Ketika Anda membayangkan apa itu PREDIX di dunia internet, PREDIX layaknya iOS milik Apple pada sebuah iPhone.

Ada tiga lapisan. Yang pertama adalah market place dimana Anda menempatkan aplikasi-aplikasi di dalamnya. Yang kedua adalah developers environment, dimana developer dapat masuk, membangun aplikasi, memanfaatkan perangkat yang ada pada PREDIX.

Dan yang ketiga, PREDIX adalah sebuah environment, sebuah operating system dimana Anda mencerna dan menganalisa data dan membuat model analitik. Jadi, PREDIX itu sendiri adalah sistem operasi berbasis cloud untuk internet industri.

Jadi apakah ini sebuah sistem yang memungkinkan seluruh elemen industri untuk terhubung?

Benar sekali, jadi PREDIX adalah sebuah platform merumahi setiap aliran data yang ada. PREDIX hadirdi setiap rantai pasokan data. Jadi, PREDIX memungkinkan seluruh strategi transformasi digital terjadi, menarik data ke lapisan platform yang dapat Anda monitor, analisasa, hingga menjadi sebuahwawasan, yang dapat membantu perusahaan mencapai hasil produksi yang optimal.

Dengan segala sesuatunya yang terhubung, bagaimana Anda melakukan pendekatan keamanan Cyber?

Tentu jika Anda memerhatikan Cyber dalam internet industri, Anda menghubungkan dunia IT (Information Technology) dan OT (Operational Technology). OT sebagai environment teknologi operasional. Jadi, seperti jaringan SCADA (Supervisory Control and Data Acquisition, yakni sistem pengendali industri berbasis komputer). Dan pada jaringan ini, saat ini tidak ada solusi Cyber yang benar-benar mampu melindungi environment tersebut.

Di GE kami memiliki solusi keamanan Cyber OT yang memungkinkan aset infrastrukturvterlindungdari serangan Cyber. Hal tersebut sangatlah penting saat Andavmengumpulkan data dari aset dan perangkat infrastruktur. Ini adalah solusi untuk mengekspos dan mengolah aset terutama pada ranah internet industri. Dan sebagai hasilnya, solusi tersebut menjadi sangat berpengaruh bagi environment OT.

Jadi seiring SCADA berkembang, begitu pula dengan kebutuhan akan keamanan Cyber, benar begitu?

Tepat sekali, karena semakin Anda tingkatkan, semakin banyak informasi yang terhubung ke internet. Semakin banyak informasi terhubung, akan semakin stabil Anda dalam menghadapi serangan cyber, dan semakin Anda ingin melindungi aset Anda.

Adakah divisi tertentu di GE yang menangani keamanan Cyber?

Sebenarnya, keamanan Cyber ditangani oleh semua pihak di GE. Seperti layaknya sebuah basis dari keinginan untuk membangun solusi, menindaklanjuti hasil akhir yang ada pada platform, juga serangkaian solusi serta kapabilitas yang GE miliki.

Dan pada saat Anda berpegang pada kapabilitas dan solusi yang kami sediakan, Cyber menjadi semacam sebuah batu besar, sebuah pilar yang menyangga sebagai bagian dari keamanan. Jadi, pada dasarnya, Cyber adalah komponen inti dari segala sesuatu yang kami lakukan dan terutama pada saat kami menerapkan sebuah solusi untuk mencapai hasil akhir yang diinginkan.

Ketika GE menjual teknologi Digital Twin ke pelanggan yang relatif lebih kecil, bagaimana tentang sistem keamanannya?

Ya, yang saya dengan Cyber OT dapat diimplementasikan di mana pun. Baik infrastruktur pemerintah, pembangkit listrik, transmisi listrik, dll. Jadi teknologi keamaan Cyber ada di mana pun, baik untuk perusahaan kecil, besar atau pun dalam pemerintahan.

Keamanan Cyber, OT Cyber bervariasi formatnya. Bisa saja dalam bentuk software, hardware, dan kami memiliki kemampuan untuk melindungi seluruh jaringan OT. Jadi ini diperuntukkan bagi semua pihak.

Apa yang terjadi ketika ada yang menerobos masuk ke dalam jaringan?

Jadi, jika ada yang melanggar dan Anda telah menerapkan keamanan Cyber. Dua hal yang harus dilakukan, yaitu baik kita memotongsumber serangannya, kami putus jaringannya atau bisa juga mengaktifkan opsi waspada. Tindakan yang diambil tergantung apakah serangan itu berbahaya atau tidak, dan siapa yang menerobos.

Jadi, pada intinya, sebagai sebuah perusahaan, ini bukan semata-mata menyangkut solusi keamanan Cyber, melainkan pendekatan keamanan secara menyeluruh. Ini mencakup proses, termasuk solusi Cyber itu sendiri, bagaimana Anda bereaksi terhadap hal tersebut, kebijakan dan orang-orang yang tergabung dalam kepemimpinan perusahaan Anda.

Jadi, ketika Anda berbicara tentang keamanan Cyber, sebenarnya itu adalah sebuah pandangan holistik dan keamanan mendalam secara keseluruhan, termasuk kepemimpinan, segala proses yang kami lakukan maupun adopsi, solusi itu sendiri dan juga kerangka kerja dan kedisiplinan yang Anda terapkan, serta bagaimana Anda mengelola environment Anda.