Brilio.net - Buat Sobat Brilio penggemar astronomi, bakal ada fenomena langit yang akan terjadi 7 Agustus 2017 mendatang yang mungkin menarik buat kalian, yaitu Gerhana Bulan Parsial. Ya, meski parsial, ternyata Indonesia menjadi tempat paling strategis untuk bisa menikmati sensasi saat bulan 'dimakan' matahari ini.

Dikutip brilio.net dari bmkg.go.id, Minggu (6/8), pada tanggal 7-8 Agustus masyarakat Indonesia bisa menikmati keindahan gerhana bulan sebagian atau yang disebut dengan GBS ini. Pada Senin 7 Agustus 2017, tepatnya pukul 22:50 WIB, gerhana bulan sebagian akan mulai terjadi hingga pada tanggal 8 Agutus 2017 pada pukul 03:50 WIB.

Saat gerhana terjadi, sebagian kecil permukaan bulan akan tertutup bagian tergelap bayangan inti bumi. Jadi wajah bulan, yang seharusnya dalam fase purnama, sebagian menjadi gelap. Hal ini membuat wajah bulan di bagian tepinya menjadi agak cekung.

Dilansir pula dari infoastronomy.org, gerhana ini termasuk dalam kategori seri Saros 119 dan merupakan gerhana ke-62 dari total 83 kali gerhana dalam seri tersebut. Dalam hal ini, gerhana seri Saros 119 selanjutnya atau yang ke-63 akan terjadi sekitar 18 tahun lagi dan tak terlihat dari sebagian besar wilayah Indonesia seperti di tahun ini. Jadi artinya, kamu kudu nunggu 18 tahun dulu untuk melihatnya lagi.

Buat kamu yang tertarik untuk menikmati keindahan gerhana ini, kamu bisa keluar pada tanggal tersebut dan melihatnya dengan mata telanjang karena tidak berbahaya untuk mata. Gimana? Siap untuk menikmati malam yang indah dengan cahaya gerhana bulan sebagian Senin depan?