Brilio.net - Pernahkah kamu berkaca dengan fokus melihat telinga kamu, Sobat Brilio? Coba sekarang untuk beberapa detik perhatikan apakah kamu punya lubang kecil kayak foto di bawah ini?

preauricular sinus berbagai sumber

foto: Business Insider

Memangnya itu apa dan kenapa, ya? Inilah yang disebut preauricular sinus.

Sebagaimana dilansir brilio.net dari Mirror, Sabtu (26/11), di Inggris Raya cuma satu persen aja orang yang memiliki preauricular sinus. Di Amerika Serikat jumlahnya lebih sedikit ketimbang di Inggris Raya. Sedangkan di Asia dan beberapa negara di Afrika, ada sekitar 4-10% orang yang memiliki lubang kecil ini.

Loading...

Preauricular sinus merupakan malformasi tubuh, sama halnya kalau kamu punya lesung pipi gitu, deh. Jadi, preauricular sinus semacam cacat lahir yang pertama kali ditemukan oleh seorang ilmuwan bernama Van Heusinger pada 1864. Biasanya cuma ada preauricular sinus di satu sisi, tapi ada sampai 50% orang yang memiliki preauricular sinus di kedua telinganya.

Menurut laporan dalam Business Insider, salah seorang ahli biologi evolusi bernama Neil Shubin menyebutkan bahwa lubang ini merupakan "sisa-sisa evolusi dari insang ikan", lho. Wew.

Lalu, berbahaya nggak sih? Sama seperti lesung pipi, preauricular sinus nggak berbahaya, kok. Namun kalau ada masalah yang timbul dari luar sehingga lubang kecil ini infeksi, kamu bisa mengobatinya dengan obat yang sesuai atau periksa ke dokter kalau memang perlu penanganan lebih lanjut.

RECOMMENDED BY EDITOR