Brilio.net - Tubuh manusia memiliki banyak rahasia. Namun tak semua rahasia tersebut sudah terungkap oleh proses penelitian. Rahasia tersebut tentunya bisa saja mengejutkan diri kita karena tak terbayangkan sebelumnya.

Mungkin kita hanya fokus dengan fungsi tubuh manusia yang tampak oleh panca indera kita. Namun ternyata, tubuh kita mempunyai rahasia yang menakjubkan. Meskipun terlihat sederhana, sebagian fakta tersebut sangat penting bagi keseimbangan tubuh.

Ada pula fakta yang sebenarnya ringan, mungkin kita nggak menyadari hal tersebut. Bisa jadi kita tak bisa mengukurnya secara pasti dan akurat. Tak hanya terdengar menakjubkan, ada fakta tubuh kita yang malah membuat kita bergidik sendiri lho!

Nah, berikut ini brilio.net tunjukkan beberapa fakta tersembunyi tubuh manusia yang perlu kamu ketahui, dikutip dari brightside.me, Rabu (16/10).

1. Payudara pria dapat menghasilkan susu.

fakta tersebunyi tubuh manusia Brightside

foto: brightside.me

Semua manusia, apa pun jenis kelaminnya memiliki kelenjar, saluran, dan puting susu. Selama ini, yang kita pahami yang bisa mengeluarkan susu hanyalah perempuan. Namun, tahukah kamu bahwa puting pria dapat diusahakan untuk menghasilkan susu. Keluarnya susu dari puting pria juga dapat terjadi karena ketidakseimbangan hormon yang disebabkan stres berat.

2. Seorang wanita mampu melahirkan lebih dari 40 anak.

fakta tersebunyi tubuh manusia Brightside

foto: depositphotos.com

Wajarnya orang di dunia ataupun di Indonesia hanya memiliki beberapa anak. Ada orang yang mempunyai anak hingga puluhan, namun telah jarang sekali ditemukan. Faktanya, wanita bisa melahirkan lebih dari 40 anak.

Hal ini bisa terjadi lantaran genetik yang mendukung. Beberapa wanita mampu melahirkan dan membesarkan beberapa puluh anak. Catatan resmi dipegang seorang wanita Rusia yang diduga melahirkan 69 anak pada abad ke-18.

3. Sidik jari wanita 99% berbeda dari sidik jari pria.

fakta tersebunyi tubuh manusia Brightside

foto: brightiside.me

Kulit wanita mengeluarkan asam amino dua kali lebih banyak daripada kulit pria. Asam amino dialirkan ke jari-jari secara berbeda. Itu sebabnya para ilmuwan mengetahui jenis kelamin seseorang hanya lewat sidik jari.

4. Fakta cara kita menyatukan tangan.

fakta tersebunyi tubuh manusia Brightside

foto: brightiside.me

Seringkali kita melakukan gerakan tangan di tengah aktivitas. Namun, kita tak terlalu memahami bagaimana fakta yang terkandung di dalamnya.

Jari kanan di atas berarti belahan kanan dominan. Sebaliknya, jari kiri di atas membuktikan bahwa belahan kiri lebih aktif. Belahan kanan bertanggung jawab atas emosi dan imajinasi. Belahan kiri bertanggung jawab atas pemikiran analitis dan logis.

Satu persen orang akan meletakkan jari mereka sejajar satu sama lain. Orang-orang ini disebut ambidextrous. Para ilmuwan mengatakan bahwa untuk orang ambidextrous tidak ada belahan otak yang dominan. Dalam hal ini, keduanya sama-sama dikembangkan.

5. Cairan yang keluar dari hidung.

fakta tersebunyi tubuh manusia Brightside

foto: brightiside.me

Cairan yang bocor melalui hidung kita bisa menjadi cairan otak. Cairan otak terletak di sekitar otak dan ditahan selaput khusus. Terkadang bisa bocor melalui hidung dalam jumlah kecil sebagai cairan bening.

6. Bentuk unik anggota tubuh.

fakta tersebunyi tubuh manusia Brightside

foto: brightiside.me

Semua orang mempunyai keunikan masing-masing, termasuk dalam hal bentuk anggota tubuh. Biasanya kita langsung merujuk pada bentuk sidik jari. Namun ternyata beberapa anggota tubuh mempunyai bentuk yang berbeda, seperti bentuk telinga dan bentuk lidah.

7. Wanita hidup lebih lama.

 

fakta tersebunyi tubuh manusia Brightside

foto: freepik.com

Sistem kekebalan wanita mengatasi lebih baik menghadapi ancaman internal dan eksternal. Tak hanya itu, sel-sel wanita juga menua lebih lambat, sehingga bekerja lebih efisien. Itu sebabnya wanita lebih sering hidup sampai usia lanjut dan lebih jarang sakit daripada pria.

8. Jantung wanita berdetak lebih cepat.

fakta tersebunyi tubuh manusia Brightside

foto: pixabay.com

Ilmuwan Kanada mengungkapkan bahwa jantung wanita berjalan lebih cepat. Kecepatannya berkisar 1,7-2,3 jam di depan jantung pria. Denyut total wanita sekitar 10 denyut lebih per menit.

9. Hati memiliki lebih dari 500 fungsi.

fakta tersebunyi tubuh manusia Brightside

foto: Depositphotos.com

Hati memiliki banyak fungsi untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Hati kita melakukan segalanya mulai dari menyaring darah, memecah dan menyerap lemak, hingga memproses kolesterol dan beberapa vitamin. Masih banyak lagi fungsi hati yang tak kita kira sebelumnya.