Brilio.net - Kamu pasti sering mengonsumsi buah dan sayur kan? Tapi tahu nggak kalau ternyata buah dan sayur yang ada sekarang ini bentuknya sudah banyak mengalami perubahan jika dibandingkan dengan bentuknya yang dulu.

Kalau zaman sekarang para ilmuwan bisa mengubah genetik sebuah makhluk dengan menggunakan alat canggih dengan waktu yang cukup singkat, genetik buah dan sayur ini diubah secara alami oleh para petani dengan proses waktu lama.

Soal ukuran dan bentuknya yang berubah dikarenakan seleksi yang dilakukan oleh para petani. Sejak ribuan tahun lalu, para petani memilih buah dan sayur yang lebih enak dari segi rasa dan tekstur dari hasil panen dan memutuskan untuk membudidayakannya. Lewat proses yang lama ini sekarang buah dan sayur yang kita lihat sudah beda banget.

Dilansir dari Bussines Insider, berikut 6 buah dan sayur yang dulunya beda banget bentuk dan ukuran.

 

1. Wortel

Buah Purba © 2017 brilio.net
foto: Business Insider/Science Alert


Kalau sekarang wortel di pasar berwarna orange dan berbentuk panjang, pertama kali dibudidayakan wortel bentuknya beda banget. Pada abad ke-10, bentuknya seperti akar kecil. Uniknya sayuran yang awalnya dibudidayakan di Turki ini dulunya cuma mempunyai dua warna, putih dan ungu. Beda banget.

 

2. Pisang

Buah Purba © 2017 brilio.net
foto: Business Insider + Science Alert


Pisang dulunya merupakan hasil persilangan antara Musa Acuminata dan Musa Balbisiana, jenis pisang yang ditemukan di Papua Nugini sekitar 6.000 tahun yang lalu. Pisang ini dulunya berbiji dan jumlahnya banyak. Kalau di Indonesia pisang seperti ini masih ada kan?

 

3. Semangka

Buah Purba © 2017 brilio.net
foto: Business Insider + Science Alert


Kalau bentuk luar buah ini 400 sampai 500 tahun lalu sama sperti sekarang, tapi dalamnya beda banget. Bentuk dagingnya terlihat lebih kering membentuk lingkaran dengan warna yang lebih ke putih. Bijinya juga masih banyak dan besar. Kalau sekarang bijinya udah hampir gak ada dan daginya mengandung lebih banyak air.

 

4. Persik

Buah Purba © 2017 brilio.net
foto: Business Insider


Buah yang nggak banyak dibudidayakan di Indonesia ini dulunya kecil banget, dengan ukuran biji sepertiga dari ukuran buah. Kalau sekarang ukuran buah ini 64 kali lebih besar dan 4% lebih manis. Diperkirakan buah ini pertama kali diperkirakan pertama kali dibudidayakan 4 ribu tahun sebelum masehi.

 

5. Terung

Buah Purba © 2017 brilio.net
foto: Business Insider + Hidupsegaralami.bologspot


Buah ini dulunya sebelum dibudidayakan berbentuk bulat, bukan lonjong seperti sekarang. Selain itu, terung juga memiliki berbagai warna, mulai dari putih, kebiruan, ungu dan kuning.

 

6. Jagung

Buah Purba © 2017 brilio.net
foto: Business Insider/Science Alert


Kalau kita bisa memutar waktu kembali sebelum abad ke-14, sayur satu ini tidak mungkin dikenali. Masyarakat Meksiko menjadi yang pertama untuk membudidayakan sayur ini. Ukuran jagung dulu tidak lebih besar dari jari kelingking, keras dan tidak se-juicy sekarang.

Nah, bahaimana Sobat Brilio, selama ini buah dan sayur yang kita makan ternyata hasil perubahan genetik selama beribu-ribu tahun.