Brilio.net - Siapa yang nggak suka marshmallow, sih? Teksturnya yang lembut sedikit kenyal jadi favorit banyak orang. Marshmallow bisa jadi campuran dalam olahan kue maupun minuman, bikin lidah para penggemarnya bergoyang. Kamu juga?

Nah, sebagai penggemar marshmallow kamu wajib tahu lima faktanya. Mau tahu apa aja? Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, berikut informasinya buat kamu:

1. Aslinya adalah tanaman.

foto: photomazza.com

Marshmallow yang kamu ketahui selama ini adalah manisan kenyal yang merupakan campuran gula atau sirup jagung, putih telur, gelatin, gom arab, dan perasa makanan. Nah, aslinya marshmallow adalah tanaman bernama ilmiah Altea atau Althaea officinalis. Manfaat tanaman ini bukan cuma untuk makanan, tapi juga obat-obatan, lho.

2. Manfaat tanaman marshmallow.

foto: gdnonline.com

Daun dan akar tanaman marshmallow bisa untuk obat nyeri dan pembengkakan pada selaput lendir yang melapisi saluran pernapasan. Selain itu bisa untuk obat batuk kering, diare, sakit maag, sembelit, radang saluran kemih, dan batu di saluran kemih.

Bahkan ada yang mengobati radang kulit atau luka bakar dengan mengoleskan daun dan akar marshmallow yang sudah dijadikan salep. Kalau terkena gigitan serangga atau kulit pecah-pecah, bisa juga diolesi salep dari akar marshmallow.

Nah, kalau dalam campuran makanan, tanaman marshmallow dijadikan bahan penyedap. Sari akar tanaman ini pula yang menjadi salah satu bahan dalam resep asli pembuatan manisan kenyal, sehingga disebut marshmallow. Bentuknya ya seperti yang kamu tahu sekarang ini, guys.

3. Ladang tanaman marshmallow.

foto: aphotoflora.com

Tanaman marshmallow banyak tumbuh di tempat yang lembap, area basah, termasuk padang rumput dan rawa-rawa di Inggris. Bunganya terdiri dari lima kelopak, warnanya merah muda pucat, dan berkembang pada bulan Agustus dan September.


Apa ya fakta selanjutnya? KLIK NEXT aja!

2 dari 2 halaman


4. Cara mengonsumsi.

foto: zipfires.ie

Marshmallow sering dimakan setelah dipanggang sehingga bagian luarnya akan berbentuk karamel dan bagian dalam sedikit mencair. Tak jarang marshmallow disajikan dalam olahan minuman atau makanan ringan.

5. Produsen marshmallow pertama dalam bentuk makanan.

foto: haikudeck.com

Alex Doumak mendirikan perusahaan yang memproduksi marshmallow sebagai manisan kenyal dalam skala besar pada tahun 1961. Namun dia sudah memulai merintis usahanya ini sejak tahun 1921 di Los Angeles, California, Amerika Serikat. Di bawah bendera Doumak Inc, marshmallow menjadi makanan yang bisa dikonsumsi banyak kalangan. Perusahaan ini berbasis di Illinois, Amerika serikat.