Yuk kenalan sama baso aci, kuliner asal Garut yang lagi ngehits

Yuk kenalan sama baso aci, kuliner asal Garut yang lagi ngehits

Brilio.net - Kalau bakso yang terbuat dari daging sapi, ayam atau ikan sih sudah biasa ditemukan. Nah tapi kalau bakso yang terbuat dari tepung tapioka alias tepung aci, kamu sudah pernah coba belum?

Buat kamu yang baru pertama kali denger nama kuliner unik ini, mungkin akan merasa pesimis dan ragu sama rasanya. Memang penampilannya cenderung mirip dengan panganan yang sama-sama terbuat dari aci yaitu cimol, tetapi kamu bakal menemukan sensasi yang berbeda dibanding bakso lainnya ketika menyantap baso aci.

Kuliner ini mulai menjadi perbincangan banyak orang setelah sebuah kedai bernama Baso Aci Ganteng di Bandung berdiri pada bulan Februari tahun 2016 lalu. Namun sebenarnya panganan yang biasanya disajikan dengan ceker ayam ini merupakan makanan khas asal kota Garut, Jawa Barat.

Yuk kenalan sama baso aci, kuliner asal Garut yang lagi ngehits

foto: Instagram/@basoaciganteng

Pada awalnya Baso Aci Ganteng ini didirikan oleh dua orang pemuda asal Bandung yang menemukan baso aci di Garut dan akhirnya mereka mencoba untuk membuka usaha baso aci di Bandung. Sejak saat itu makanan berkuah hangat dan pedas ini semakin ramai dibicarakan, terutama di media sosial.

Yuk kenalan sama baso aci, kuliner asal Garut yang lagi ngehits

foto: Instagram/@basoaciganteng

Kuliner ini pas banget dinikmati ketika cuaca sedang hujan, makannya kenapa baso aci ini sangat ramai dicari orang di Bandung yang hawanya memang cenderung dingin. Dalam satu porsi biasanya kamu akan mendapatkan beberapa buah baso aci, cuanki, ceker ayam dan sukro cikur (kencur). Tapi kalau buat kamu yang mau mencicipi toping lain, kamu bisa menambah dengan daging tetelan sapi dan cuanki tahu.

Jadi tunggu apa lagi nih? Buat yang ada di sekitar Bandung kamu bisa menemukan beberapa penjual baso aci di sana. Nah buat yang berada di luar daerah Bandung, jangan khawatir, karena baso aci ini sekarang sudah bisa dipesan untuk pengiriman luar kota.

(brl/ton)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya