3 Bumbu halus dasar ini wajib jadi stok, masak lebih praktis

3 Bumbu halus dasar ini wajib jadi stok, masak lebih praktis

Brilio.net - Masakan Indonesia memang sudah terkenal lezat dari bumbu rempah-rempahnya. Meski menggunakan bahan yang berbeda, berbagai masakan khas nusantara biasanya menggunakan bumbu-bumbu dasar yang sama.

Bumbu dasar bisa menjadi bahan yang sangat dibutuhkan oleh orang-orang dengan hobi memasak maupun pedagang makanan. Contohnya seperti pedagang nasi goreng keliling, biasanya mereka sudah menyiapkan bumbu dasarnya terlebih dahulu. Sehingga dapat memudahkan saat memasak.

Sama halnya dengan yang senang memasak di rumah. Bisa juga membuat bumbu dasar untuk disimpan di kulkas agar dapat mempersingkat waktu saat memasak. Bumbu dasar ini pun bisa tahan lama disimpan di dalam kulkas karena sudah dimasak menggunakan minyak.

Jadi, nggak perlu ribet lagi membuat bumbu setiap ingin memasak. Tinggal gunakan stok bumbu yang sudah dibuat sesuai kebutuhan. Apa saja itu? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, tiga bumbu dasar yang bisa dijadikan stok di rumah agar memasak menjadi lebih praktis pada Senin (24/5).

1. Bumbu dasar putih.

3 Bumbu halus dasar ini wajib jadi stok, masak lebih praktis

foto: freepik.com

Bumbu dasar putih merupakan bumbu dasar yang utama. Selanjutnya untuk membuat bumbu dasar merah dan kuning, tinggal menambahkan bahan lainnya. Nah, untuk membuat bumbu dasar putih, bahan-bahan yang kamu butuhkan antara lain adalah bawang merah dan putih, kemiri, jahe, lengkuas, dan minyak goreng.

Semua bahan kemudian dihaluskan dan ditumis sampai matang. Cara untuk mengetahui apakah bumbu sudah matang yaitu melalui minyaknya. Jika minyaknya sudah terlihat memisah dari campuran bumbu, itu berarti bumbu dasar putih sudah matang.

Bumbu dapat dimasukkan ke dalam wadah tertutup dan disimpan di kulkas saat sudah tidak panas lagi. Bumbu dasar putih ini cocok banget untuk berbagai masakan seperti sayur lodeh, kuah bakso, soto, opor ayam, perkedel, dan masih banyak lagi.

2. Bumbu dasar merah.

3 Bumbu halus dasar ini wajib jadi stok, masak lebih praktis

foto: freepik.com

Bumbu dasar merah ini praktis banget untuk digunakan pada masakan seperti nasi goreng, tumis balado, rendang, sambal goreng, dan makanan dengan cita rasa pedas lainnya.

Nah, untuk membuat bumbu dasar merah, bahan-bahan yang digunakan sama saja dengan bumbu dasar putih, hanya ditambahkan dengan cabai sesuai selera. Jika kamu pencinta pedas, kamu bisa gunakan cabai rawit yang banyak.

3. Bumbu dasar kuning.

3 Bumbu halus dasar ini wajib jadi stok, masak lebih praktis

foto: freepik.com

Kalau bumbu dasar kuning yang satu ini juga sepertinya wajib ada di dapur. Karena bumbu dasar kuning ini cocok banget digunakan untuk membuat soto, nasi kuning, bumbu kari, dan ayam goreng.

Bumbu dasar kuning juga sama cara pembuatannya, yaitu dengan menggunakan bahan-bahan utama pada bumbu dasar putih. Namun, tambahkan juga cabai dan kunyit. Tingkat kepedasannya menyesuaikan dengan selera kamu, ya.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya