Brilio.net - Jalan tol adalah jalur alternatif untuk menghindari kemacetan. Namun kini jalur bebas hambatan ini kerap tak lagi bebas hambatan. Kondisi tol seringkali macet sama seperti jalan raya bukan tol. Hal semacam ini ternyata tak hanya dialami di Indonesia. Di beberapa negara lain, kemacetan di jalan tol pun dialami. Salah satunya adalah di negeri der Panzer.

Namun, ada yang keren di jalan tol Jerman. Yaitu ketika macet terjadi, para pengendara berinisiatif membuat antrean kendaraan di sisi jalan raya. Mereka sengaja membuat ruang kosong di tengah jalan. hal ini dimaksudkan untuk memberikan tempat bagi kendaraan emergency semisal ambulance supaya bisa lewat. Foto ini diunggah oleh facebook Mercedes-Benz W204 Community Indonesia.

tol jerman  © 2016 brilio.net



Jong Hee menambahkan di kolom komentar, "Bro & Sis, ini namanya "Rettungsgasse". Wajib hukumnya ketika anda melihat ada lampu dan suara sirine dari Rettungswagen (mobil ambulans) atau mobil Polisi. Semua pengendara di Jerman yang memiliki SIM tau aturan ini, karena apa? Karena ada di materi pengajaran di driving school ketika kita ingin mengambil ujian SIM. Wajib hukumnya dan ada dendanya ketika anda terbukti menghambat jalannya penyelamatan suatu kecelakaan. Memiliki SIM di Jerman itu benar benar sulit, harus menghadiri kelas teori wajib yang lama, minimum latihan praktek 12 jam dan lulus ujian teori & praktik yg super sulit. Dan biaya yg gak murah, untuk pemula dari nol harus mengeluarkan biaya total sekitar 1500 euro (hampir 20jt an rupiah!!!)"

"Kalau di indo begitu emergency car lewat yang lain ikutan nyodok di belakang emergency car nya biar cepet jalannya..." tulis Iwan Kameswara Partha Mandira diikuti emoticon tertawa.

"Berdasarkan pengalaman gue (di jalan tol menuju München) mobil2 saat macet tetep menggunakan jalan seperti biasa. Tapi begitu ambulance lewat mereka langsung minggir, ngasih jalan. Begitu juga di Berlin, padahal jalan raya cukup kecil & lu,ayan crowded dan itu lagi lampu merah tapi semua tetep langsung minggir begitu feuerwehr/pemadam kebakaran sama ambulance lewat. Salut," tulis Nadia Millati Ismail diikuti emoticon jempol.

Pada foto yang diunggah ini, pengelola akun Mercedes-Benz W204 Community Indonesia menyebutkan bahwa di negara Amerika Serikat tidak terjadi hal yang serupa dengan di Jerman. Namun pernyataan tersebut dibantah. Marini Ballard mengungkap, "Salah. Di Amerika juga seperti ini. Klo denger sirene, semua mobil langsung menepi dan stop di jalan tol atau jalan kecil,"

Sementara itu Donna Dudley menyanggah, "Di America Ada tempat untuk emergency di samping Jalan tol. Kalau di Jalan biasa, semua kendaraan harus berhenti di pinggir".