Brilio.net - Pangeran Harry dan Meghan Markle membuat keputusan yang mengejutkan publik. The Duke and Duchess of Sussex tersebut telah mengumumkan bahwa mereka mundur dari perannya sebagai anggota senior keluarga kerajaan. Pangeran Harry dan Meghan Markle melepaskan takhta Kerajaan Inggris setelah melalui refleksi dan diskusi internal selama berbulan-bulan.

Pasangan yang telah dikaruniai seorang putra ini ingin menghabiskan lebih banyak waktu di Amerika Utara. Pengumuman ini disampaikan kepada publik melalui akun Instagram @sussexroyal, Rabu (8/1).

Pangeran Harry sendiri diketahui berada di urutan keenam dalam takhta Kerajaan Inggris. Kendati demikian, dalam pengumuman kemundurannya tersebut, Pangeran Harry mengatakan ia dan sang istri berharap bisa memulai kehidupan yang mandiri secara finansial sambil melanjutkan beberapa tugas kerajaan. Ia juga meyakinkan akan tetap menghormati tugasnya untuk Ratu Elizabeth dan negara-negara persemakmuran Inggris.

Keputusan Pangeran Harry untuk mundur dari anggota kerajaan ini ternyata bukan yang pertama bagi Kerajaan Inggris. Sebelumnya, beberapa bangsawan juga memutuskan untuk mengundurkan diri dari takhtanya.

Brilio.net telah merangkum dari standard.co.uk, Jumat (10/1), 4 bangsawan Inggris yang lepas takhta kerajaan.

1. Edward VIII

Selain Pangeran Harry, 4 bangsawan Inggris ini lepas takhta kerajaan © 2020 royal.uk

foto: royal.uk

Paman buyut Harry, mantan Raja Edward VIII, turun tahta pada bulan Desember 1936 untuk menikahi janda asal Amerika Wallis Simpson.

Anggota kerajaan Inggris ini bertemu sosialita Wallis Simpson ketika dia masih menikah dengan suami keduanya Ernest pada tahun 1931. Mereka terlibat perselingkuhan, namun mengakhiri kisahnya dengan pernikahan.

Tetapi baik istana, pemerintah maupun gereja tidak terima seorang warga Amerika yang dua kali bercerai sebagai ratu.

Edward VIII mendorong untuk pernikahan morganatik, di mana istrinya tidak akan mengklaim hak-haknya tetapi pemerintah tidak akan menerimanya sehingga akhirnya raja memutuskan untuk turun tahta. Meninggalkan saudaranya Duke of York - ayah sang Ratu - untuk mengambil alih sebagai George VI.

2. Pangeran Andrew

Selain Pangeran Harry, 4 bangsawan Inggris ini lepas takhta kerajaan © 2020 instagram.com

foto: Instagram/@hrhthedukeofyork

Paman Pangeran Harry, Duke of York mengumumkan tahun lalu ia menarik diri dari tugas publik di masa mendatang setelah penampilan di BBC Newsnight yang membawa bencana baginya.

Upaya Andrew menjelaskan hubungannya dengan pakar keuangan Jeffrey Epstein, yang bunuh diri di penjara pada awal 2019, Jeffrey Epstein menjadi bumerang. Ia dikritik habis-habisan karena menunjukkan kurangnya empati terhadap korban (Epstein) dan penyesalan atas persahabatannya.

Duke yang hanya terlihat di beberapa publik kali sejak wawancara dan sejumlah besar patronages utamanya telah

Hal itu diumumkan Istana Buckingham pada Rabu, 20 November 2019, dengan mengatakan bahwa skandal itu menjadi "gangguan besar" bagi tugas keluarga Kerajaan Inggris dan bagi badan amal yang terkait Pangeran Andrew, salah satu ahli waris takhta dalam garis suksesi Kerajaan Inggris dan adik laki-laki dari Pangeran Charles.

3. Sarah, Duchess of York

Selain Pangeran Harry, 4 bangsawan Inggris ini lepas takhta kerajaan © 2020 instagram.com

foto: Instagram/@sarahferguson15

Mantan istri Andrew, Duchess of York dilaporkan telah dibekukan dari keluarga kerajaan ketika pernikahan mereka gagal.

Tapi Sarah Ferguson masih terlihat secara rutin di acara bersama putri mereka Beatrice dan Eugenie. Misalnya saja seperti menghadiri Royal Ascot. Dia juga terlihat menghadiri pernikahan Harry dan Meghan pada 2018.

4. Putri Diana

Selain Pangeran Harry, 4 bangsawan Inggris ini lepas takhta kerajaan © 2020 royal.uk

foto: royal.uk

Ibunda Pangeran Harry, Lady Di, Princess of Wales mengatakan pada tahun 1993 bahwa dirinya mengurangi keterlibatan resmi dan akan menjalani kehidupan yang lebih pribadi. Setelah pengumuman tahun sebelumnya dia dan Charles akan berpisah secara damai.

Setelah perceraian mereka pada Agustus 1996, Diana mengundurkan diri dari 93 badan amal tetapi mempertahankan hubungannya dengan enam badan amal termasuk Centrepoint, National Aids Trust dan Great Ormond Street Hospital untuk anak-anak. Diana juga dicopot dari gelar kerajaan setelah perceraian.