Brilio.net - Sudah pernah mendengar desa yang dipenuhi pria-pria berotot? Atau desa tanpa sinyal ponsel, Wi-Fi dan radio di Ameria Serikat? Eh, kalau desa Spielplatz yang dihuni oleh kaum telanjang pernah dong?

Nah, di dunia ini ternyata ada banyak sekali desa aneh dengan keunikan tersendiri yang tak biasa kamu temui di daerah lain. Ingin tahu desa apa saja yang termasuk di dalamnya? Berikut 11 desa unik dan aneh yang sudah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (2/12):


1. Desa pikun Hogewey - Belanda

Selain ada desa telanjang, 10 desa ini juga nggak kalah unik dan aneh! foto: medicaldaily.com

Desa Hogewey terletak di Weesp, tak jauh dari kota Amsterdam di Belanda. Desa yang dibangun oleh Yvonne van Amerongen dan rekan-rekannya ini diperuntukkan khusus bagi lansia pengidap alzheimer yang mengalami demensia alias pikun. Desa Hogewey sebenarnya adalah sebuah panti jompo yang didesain menyerupai sebuah desa. Sengaja dibuat demikian agar para pasien merasa bahwa mereka bisa menjalankan aktivitas layaknya kehidupan orang normal. Mereka bahkan tidak tahu kalau desa itu dipantau selama 24 jam untuk menjamin kesehatan dan keselamatannya.


2. Lembah Boneka Nagoro - Jepang

Selain ada desa telanjang, 10 desa ini juga nggak kalah unik dan aneh! foto: momentsjournal.com

Nagoro adalah nama sebuah desa terpencil di Jepang yang terkenal dengan julukan Lembah Boneka. Sebab nyaris seluruh penduduk desa tersebut adalah boneka. Awalnya, Nagoro adalah desa biasa. Namun seiring berjalannya waktu, banyak penduduk yang pindah dan meninggal menyebabkan jumlah penduduk semakin berkurang hingga kurang dari 50 orang. Lantas wanita berusia 64 tahun bernama Ayano Tsukimi mulai membuat satu boneka untuk mempresentasikan setiap orang yang meninggalkan desa itu.

Tiap kali ada tetangganya yang meninggal atau meninggalkan desa, Tsukimi akan segera membuat boneka tiruan mereka, lalu memposisikan boneka-boneka tersebut seperti sedang melakukan aktivitas yang biasa dilakukan oleh tetangganya. Ia membuatkan boneka anak-anak dan guru untuk diletakkan di gedung sekolah, boneka para manula lengkap dengan kursi roda yang sedang menunggu bus di halte, dan berbagai boneka anak-anak serta orang dewasa yang tampak sedang beraktivitas di rumah mereka.


3. Noiva do Cordeiro – Brasil

Selain ada desa telanjang, 10 desa ini juga nggak kalah unik dan aneh! foto: resources2.news.com.au

Tak salah rasanya jika menyebut Noiva do Cordeiro sebagai desa wanita Amazon modern karena hanya ditinggali oleh kaum perempuan. Dengan penduduk lebih dari 600 orang yang semuanya adalah wanita muda yang cakap dan mandiri. Mereka mengerjakan segala urusan tanpa bantuan laki-laki. Beberapa perempuan di Noiva do Cordeiro ada yang sudah menikah dan punya keluarga, namun suami dan anak lelaki yang sudah dewasa dilarang tinggal di sini. Mereka hanya boleh pulang di akhir pekan. Kini desa tersebut sangat membutuhkan pria.


4. Asola dan Fatehpur Beri - India

Selain ada desa telanjang, 10 desa ini juga nggak kalah unik dan aneh! foto: i2.cdn.turner.com

Kedua desa di negara India ini terkenal sebagai desa 'pria kuat'. Dilaporkan Oddity Central, desa Asola dan Fatehpur Beri memang dipenuhi pria-pria berotot. Hampir 90 persen laki-laki dari desa itu bekerja sebagai bodyguard di klub malam di kota-kota terdekat seperti New Delhi. Sisanya membentuk tubuh untuk mempersiapkan diri sebagai atlet profesional.

"Di desa ini, tidak ada seorang anak lelaki pun yang tidak pergi ke gym. Semua anak laki-laki berolahraga. Mereka sangat berhati-hati terhadap tubuh mereka. Tidak ada yang mengonsumsi minuman keras atau tembakau," kata Vijay Pahelwan, kepala pelatih di akhada, sebutan untuk gym.

Kebanyakan anak laki-laki mengikuti gulat pada usia yang sangat muda dengan harapan bisa mengikuti ke olimpiade. Namun jika gagal biasanya mereka banting setir menjadi tukang pukul atau bodyguard.


5. Desa terapung Uros – Peru & Bolivia

Selain ada desa telanjang, 10 desa ini juga nggak kalah unik dan aneh! foto: test.prositehosting.co.uk

Jika berkunjung ke danau Titicaca yang berada di perbatasan negara Peru dan Bolivia, kamu akan menemukan sebuah keunikan yang berbentuk pulau-pulau terapung yang terbuat dari jerami. Pulau yang dinamakan Uros ini sekaligus berfungsi sebagai desa pemukiman suku Uru. Uros ini terbuat dari sejenis alang-alang bernama totora. Suku Uru menjalankan hampir seluruh aktivitas di atas Uros. Meskipun bahan pembuatannya sangat sederhana ternyata fasilitasnya cukup lengkap dengan adanya rumah-rumah untuk setiap keluarga, sekolah, dan bahkan ada stasiun radio.

Anehnya, desa tersebut memang sengaja dibuat mengapung agar mudah memindahkannya jika diserang oleh musuh. Karena dulunya pemukiman ini difungsikan sebagai tempat tinggal sekaligus benteng pertahanan yang mudah dipindah-pindahkan. Jika musuh mendekat, penduduk suku tinggal melarikan diri bersama dengan rumah mereka.


6. Desa telanjang tertua - Inggris

Selain ada desa telanjang, 10 desa ini juga nggak kalah unik dan aneh! foto: dailystar.co.uk

Ada sebuah perkampungan yang terlihat seperti desa kecil yang tenang di tengah sabuk komuter London, tapi ada hal tentang kehidupan yang sangat berbeda. Desa itu bernama Spielplatz yang di dalamnya dihuni oleh kaum nudis atau kaum yang ogah memakai pakaian alias telanjang. Desa yang berlokasi di Bricket Wood, Hertfordshire adalah rumah koloni tertua kaum telanjang di Inggris dan sudah lama menjalani tradisi nudis, bahkan sejak desa itu didirikan tahun 1929 atau sekitar 86 tahun silam oleh seorang berkebangsaan Jerman.


7. Desa di atas batubara yang membara - India

Selain ada desa telanjang, 10 desa ini juga nggak kalah unik dan aneh!
foto: pinterest


Jharia dan desa tetangga Bokapahari, di negara bagian Jharkhand, terletak dalam salah satu cadangan batubara terbesar di India. Batubara kokas penting bagi perekonomian India karena lebih dari 70% pasokan listrik di negara itu berasal dari batubara. Tapi untuk 90.000 orang yang tinggal di sekitar Jharia, tidak ada manfaatnya. Kebakaran batubara mengamuk di bawah permukaan tanah dan gas beracun termuntahkan dari celah di dalam dan sekitar rumah.


8. Desa yang dihuni ribuan ular - Kanada

Selain ada desa telanjang, 10 desa ini juga nggak kalah unik dan aneh! foto: pinterest

Lubang-lubang ular di Narcisse (Narcisse Snake Pits) terletak 6 km sebelah utara dari pedesaan Narcisse di provinsi Manitoba di Kanada. Lubang-lubang ini dihuni oleh konsentrasi terbesar dari ular jenis red-side Garter (Thamnophis sirtalis parietalis) di dunia.

Selama musim dingin, ular-ular ini berhibernasi di dalam gua-gua bawah tanah yang dibentuk oleh air di daerah berbatu kapur. Tak lama setelah salju mencair pada akhir April dan awal Mei, puluhan ribu ular tersebut merayap keluar dari sarang-sarang batu kapur dan mereka akhirnya 'nongkrong' di permukaan tanah melakukan ritual kawin dalam tumpukan kusut yang besar.


9. Desa tanpa sinyal ponsel, Wi-Fi dan radio - Amerika Serikat

Selain ada desa telanjang, 10 desa ini juga nggak kalah unik dan aneh! foto: pinterest

Green Bank, di Pocahontas County di Virginia Barat, Amerika Serikat, adalah salah satu tempat hunian yang tenang di bumi. Disini sama sekali tidak ada sinyal ponsel, tidak ada sinyal Wi-Fi, bahkan di sini tidak ada gelombang radio dan televisi yang dapat ditangkap. Tapi Green Bank bukannya tertinggal dalam teknologi. Sebaliknya, daerah ini adalah rumah bagi salah satu teleskop radio terbesar di dunia yang bernama Robert C Byrd Green Bank Telescope (GBT), yang dioperasikan oleh National Radio Astronomy Observatory. GBT inilah alasan kenapa kota ini hening dari keramaian elektromagnetik.


10. Dusun Kasuran - DI Yogyakarta

Selain ada desa telanjang, 10 desa ini juga nggak kalah unik dan aneh! foto: brilio.net

Nama sebuah daerah seringkali mewakili kebiasaan atau keadaan masyarakat yang menghuni lingkungan tersebut. Namun untuk daerah yang satu ini justru berkebalikannya. Adalah Dusun Kasuran, sebuah daerah yang mayoritas penduduknya selalu tidur tidak menggunakan kasur. Warga di dukuh yang terletak sebelah barat perempatan Sayegan Margodadi, Sleman, DI Yogyakarta ini hanya menggunakan tikar untuk tidur.

Bukan karena tidak mampu membeli kasur, tetapi karena kepercayaan masyarakat di sana terhadap mitos. "Dulu orangtua saya bilang jangan tidur di kasur. Sebagai anak saya patuh dan ternyata masyarakat di sini juga 90% tidak pakai kasur, cuma tikar aja," kata Wartilah (53), Kepala Dukuh Kasuran kepada brillio.net beberapa waktu lalu.


11. Kampung Idiot - Ponorogo

Selain ada desa telanjang, 10 desa ini juga nggak kalah unik dan aneh! foto: antara news

Dusun Kates Desa Pandak Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo sempat menjadi sorotan media dan pemerintah pada bulan Juni 2015 lalu. Lantaran penduduk yang menghuni desa ini bukan orang-orang biasa. Di dusun ini terdapat 55 penderita tunagrahita, yang sebagian besar berusia produktif. Karena hal itu, mereka tidak bisa beraktivitas banyak karena kemampuan mereka yang sangat terbatas.

Desa Pandak tergolong daerah yang gersang. Saat musim kemarau, tidak sedikit sumur penduduk desa yang kering.
Kini, kampung ini pun menjadi terkenal, bahkan dijuluki dengan nama 'Kampung Idiot' atau 'Kampung Tunagrahita'.


Hmmm, beneran unik kan desa-desanya? Kamu berminat mengunjungi desa yang mana dulu nih?