Brilio.net - Pasien terakhir yang menderita Covid-19 dan dirawat, sudah keluar dari rumah sakit di Wuhan. Kota industri penting di China Tengah itu pun mendeklarasikan tak ada lagi pasien corona.

Semua pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit di Wuhan, pusat pandemi virus corona, telah dipulangkan dari rumah sakit. Hal ini disampaikan juru bicara Komisi Kesehatan Nasional (NHC) China, Mi Feng pada Minggu (26/4).

"Dengan upaya bersama profesional medis dari Wuhan dan dari seluruh negeri, per 26 April, semua pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit di Wuhan telah sembuh," jelas Mi, dilansir CNN, Senin (27/4).

Wuhan adalah kota pertama di dunia yang menerapkan pengurungan (lockdown) karena virus corona. Kota ini secara perlahan mulai kembali berjalan normal, setelah berbulan-bulan dilanda ketakutan dan kecemasan.

Namun bekas wabah virus, yang selama 76 hari menutup kota di China dan sebagian besar di Provinsi Hubei di sekitarnya, masih dirasakan. Banyak warga khawatir tentang wabah kedua dan dunia usaha tengah berjuang untuk bangkit kembali.

Loading...

Kasus pertama virus corona terdeteksi di Wuhan pada pertengahan Desember tahun lalu. Beberapa pekan kemudian, angka kasus meningkat dan dari 23 Januari sampai 8 April, penduduk tak bisa meninggalkan kota itu karena pemerintah China berusaha menghentikan wabah.

Kendati berbagai upaya telah dilakukan untuk menghentikan wabah, virus telah menyebar ke seluruh dunia, dan menginfeksi hampir 3 juta orang di seluruh dunia. Virus itu juga mengakibatkan 207.080 kematian, dan 882.482 pasien dinyatakan sembuh.

Sementara di China sendiri terdapat 82.830 kasus Covid-19, 4.633 kematian, dan 77.474 orang sembuh. Menteri Kesehatan China Ma Xiaowei mengatakan fakta ini ada sebuah kemenangan besar.

"Menyelesaikan semua kasus parah menandai kemenangan dari pertempuran untuk melindungi Wuhan," katanya dikutip dari televisi pemerintah China Central Television.

Meski corona di Wuhan hilang, bukan berarti China selesai menghadapi corona. China masih berurusan dengan masuknya kasus baru dari luar negeri (imported case).

RECOMMENDED BY EDITOR