Brilio.net - Taksi udara otomatis (automated aerial taxis/AAT) pertama di dunia diperkirakan akan diuji di Dubai pada akhir tahun ini. Dalam proyek itu, Otoritas Jalan dan Transportasi (RTA) Dubai bekerjasama dengan perusahaan Jerman Volocopter, yang merupakan spesialis pembuatan Kendaraan Bermotor Otonom (AAV).

Selama lima tahun ke depan, AAT dengan dua tempat duduk akan menjalani uji penerbangan dan pemeriksaan keamanan. Di saat bersamaan RTA dan Dubai Civil Aviation Authority (DCAA) menyiapkan regulasi untuk sistem transportasi baru tersebut seperti dikutip Gulf News, Rabu (9/8).

AAT ini mampu mencapai kecepatan udara maksimum 100 kilometer per jam dan memiliki waktu penerbangan non-stop paling lama 30 menit. Ditenagai listrik, AAT akan dilengkapi 18 baling-baling dan sembilan sistem baterai independen yang dapat diisi dalam waktu 40 menit.

Jika disetujui untuk digunakan, taksi udara akan mengubah cakrawala kota modern di Uni Emirat Arab. Penduduk UEA itu bakal menjadi yang pertama merasakan transportasi futuristik.