Brilio.net - Hujan merupakan fenomena yang sudah sangat dekat dengan kehidupan masyarakat. Biasanya jika musim hujan tiba-tiba masyarakat akan siap-siap dengan berbagai bencana susulan seperti banjir dan tanah longsor. Jika hujan bisa menyebabkan bencana, maka fenomena hujan uang tentu membawa kebahagian bagi masyarakat. Tidak sekadar guyonan, hujan uang benar-benar pernah terjadi di enam negara berikut ini :

1. Dubai, Emirat Arab

Hujan uang pernah terjadi di enam negara ini, di mana saja? foto : monetastic.ning.com

Di awal tahun 2015 lalu, masyarakat Dubai, Emirat Arab, mendapatkan rezeki nomplok di sore hari. Ribuan lembar dirham pecahan 500 berhamburan di Jalan Jumeirah. Seperti yang dilansir dari Daily Mail (5/1), puluhan orang berkumpul memunguti yang yang sampai hari ini belum diketahui dari mana asalnya.

2. Bourges, Prancis

Loading...

Hujan uang pernah terjadi di enam negara ini, di mana saja?

foto : simbaba.we.id

Warga berkerumunan di jalanan Kota Bourges, Prancis, bukan untuk menghadiri sebuah acara penting kenegaraan, tapi masyarakat berkumpul untuk memunguti uang kertas pecahan 1.000 Franc senilai Rp 4,3 juta. Penyebab hujan uang di Prancis sampai hari ini belum diketahui.

3. Meshehera, Uni Soviet

Hujan uang pernah terjadi di enam negara ini, di mana saja?

foto : simbaba.web.id

Fenomena hujan uang pertama kali di dunia tercatat terjadi di Meshehera, Uni Soviet, pada tahun 1940. Menjelang perang dunia kedua itu, masyarakat Kota Meshehera dikejutkan oleh uang yang berjatuhan dari langit. Tidak ada yang mengetahui dari mana uang itu berasal, tapi ada dugaan itu adalah uang dari pemerintah komunis yang saat itu sedang berkuasa.

4. Redding, Inggris

Hujan uang pernah terjadi di enam negara ini, di mana saja? foto : simbaba.web.id

28 Mei 1982, fenomena hujan uang terjadi di salah satu kota kecil di Inggris yaitu Redding. Seluruh anak-anak di kota itu berhamburan kegirangan ke jalan dan memunguti koin yang berjatuhan dari langit. Sampai hari ini belum diketahui asal usul dari koin yang berjatuhan dari langit tersebut.

5. Distrik Wan Chai, Hong Kong

Hujan uang pernah terjadi di enam negara ini, di mana saja?

foto : simbaba.web.id

Pengalaman hujan uang juga pernah dialami oleh masyarakat Hong Kong khususnya di daerah Jalan Glouchester, Distrik Wan Chai, Hong Kong. Pagi hari masyarakat terkejut dengan beredarnya uang di sepanjang jalanan. Uang yang beredar itu diperkirakan berjumlah USD 2 juta atau senilai Rp 28 miliar. Setelah dilakukan penyelidikan ternyata uang yang bercecer itu adalah milik salah satu bank swasta terbesar di Hong Kong yang dalam proses penyuplainya menuju bank mengalami kesalahan teknis.

6. Ilnois, Chicago

Hujan uang pernah terjadi di enam negara ini, di mana saja?

foto : simbaba.web.id

Pada Desember 1975, negara bagian Ilnois sempat dihebohkan dengan fenomena hujan uang kertas yang bahkan dalam sejarah tercatat sebagai hujan uang terlama yang pernah ada. Melihat uang pecahan USD 1 tentunya membuat seluruh warga kota menjadi heboh dan berbondong-bondong memunguti uang tersebut. Total uang yang jatuh dari langit itu mencapai USD 588.

Pascakejadian, pihak berwenang berhasil menemukan penyebab terjadinya hujan uang tersebut. Hujan uang itu ternyata disebabkan oleh pesawat khusus yang membawa paketan uang dan tidak sengaja paketan uang itu terbuka. Pihak kepolisian menginstruksikan semua warga yang telah mengambil uang tersebut harus mengembalikannya.

RECOMMENDED BY EDITOR