Brilio.net - Komisi Perdagangan Federal Amerika Serikat (AS)/Federal Trade Commission (FTC) telah mengajukan kembali gugatannya terhadap Facebook. Dilansir brilio.net dari Independent pada Jumat (20/8), FTC meminta Facebook Inc untuk menjual layanan Instagram dan WhatsApp karena dinilai telah melanggar undang undang antitrust (antipakat).

Facebook disebutkan telah memonopoli jejaring sosial di AS dan mempersulit perusahaan lain untuk bersaing. Pada gugatannya, FTC juga berpendapat bahwa Facebook sudah melakukan strategi untuk mengurangi kompetisi dengan membeli kompetitornya. Dalam hal ini yang dimaksud adalah membeli WhatsApp pada tahun 2014 dan Instagram pada tahun 2012.

Facebook diminta jual Instagram dan WhatsApp © 2021 brilio.net

foto: freepik

 

Kasus ini mengacu pula pada email dari Mark Zuckerberg yang dikirim pada 2008. Saat itu Mark Zuckerberg mengatakan "lebih baik membeli daripada bersaing."

Dari sini, Facebook dipandang telah memanfaatkan dominasi pasarnya untuk mengumpulkan data pengguna, pendapatan iklan, hingga keuntungan-keuntungan lainnya.

Pada awalnya, FTC meminta agar Facebook dilarang beroperasi selama 10 hari. Namun yang terbaru, FTC meminta agar Facebook menjual Instagram dan WhatsApp.

FTC berharap Facebook tidak melakukan pembelian perusahaan lain di masa depan, agar semua perusahaan bisa saling bersaing dengan baik.