Brilio.net - Kabar tak menyenangkan datang dari Belgia, pasalnya Pangeran Joachim dilaporkan positif virus corona Covid-19. Dilansir brilio.net dari bbc.com, Senin (1/6), Menurut informasi dari istana, Pangeran Joachim melakukan perjalanan dari Belgia ke Spanyol untuk magang pada 26 Mei 2020.

Dua hari berada di Spanyol, Pangeran yang berusia 28 tahun itu mendatangi sebuah pesta di Cordoba, hingga akhirnya ia dinyatakan terjangkit virus corona.

Menurut laporan dari Spanyol, Pangeran Belgia yang merupakan keponakan Raja Philippe dari Belgia berada di sana bersama 27 orang lainnya.

Mengadakan pesta di Spanyol di tengah pandemi seperti sekarang ini sebenarnya sangat dilarang, bagi yang melakukannya dianggap langgaran aturan. Saat ini orang hanya boleh mengadakan pertemuan tak lebih dari 15 orang.

Polisi Spanyol telah melakukan penyelidikan terhadap pelanggaran aturan tersebut. Bagi mereka yang melanggar aturan lockdown akan dikenai denda sekitar Rp 163 juta.

Kini setiap orang yang hadir dalam pesta tersebut masuk dalam masa karantina. Pangeran Joachim, yang merupakan putra bungsu Putri Astrid dan urutan ke-10 di bawah takhta Belgia, dikatakan memiliki gejala virus corona ringan.

Rafaela Valenzuela, seorang wakil pemerintah Spanyol di Cordoba mengatakan sangat kesal dengan kejadian ini dan mengatakan mereka yang hadir di pesta tersebut benar-benar tidak bertanggung jawab.

"Saya sangat terkejut dan kesal mengetahui hal ini. Di mana dunia sedang berduka dan berjuang melawan pandemi yang telah merenggut banyak nyawa," ujarnya.

Pesta pelanggaran ini pertama kali dimuat di surat kabar Spanyol El Confidencial yang mengutip dokumen dari otoritas Andalusia. Namun, dalam laporannya tak dikutip nama Pangeran Joachim asal Belgia.

Sejak berita itu muncul, Belgia langsung mengonfirmasi bahwa Pangeran Joachim berada di Spanyol saat itu.
Pangeran Joachim sendiri diketahui telah meminta maaf atas apa yang ia lakukan, di mana ia telah melanggar aturan yang berlaku di Spanyol saat ini.

"Saya meminta maaf karena tak menghormati aturan karantina dalam perjalanan saya selama di Spanyol," ujarnya.

Kabar lain mencuat, di mana dikatakan bahwa Pangeran Joachim memiliki hubungan spesial dengan seorang wanita asal Spanyol, Victoria Ortiz. Namun belum diketahui dengan jelas mengenai kabar ini.