Brilio.net - Penggemar film pasti ingat adegan Andy Dufresne kabur dari penjara dalam film The Shawshank Redemption. Andy kabur lewat terowongan yang digalinya selama bertahun-tahun menggunakan palu kecil. Aksi tersebut sangat iconic dan membuat film ini tak pernah membosankan ditonton.

Tapi siapa sangka kejadian yang hampir sama dengan adegan tersebut terjadi baru-baru ini. Enam tahanan Palestina melarikan diri dari salah satu penjara paling ketat dan keamanan yang tinggi di Israel, Senin (6/9) malam waktu setempat.

The Jerusalem Post Senin (6/9) melaporkan, para tahanan mungkin melepaskan panel yang kurang aman dari sel mereka atau menggali terowongan selama beberapa bulan menggunakan sendok, hingga akhirnya melarikan diri melalui saluran pembuangan kotoran di penjara Gilboa.

 

Insiden itu terungkap setelah pihak berwenang menerima laporan dari para petani yang melihat mereka berlari melewati ladang. Para buronan itu termasuk mantan pemimpin kelompok militan Brigade Martir Al-Aqsa dan lima anggota Islamic Jihad.

"Semalam, kami menerima sejumlah laporan tentang sosok mencurigakan di ladang pertanian dan dari layanan penjara, yang dengan cepat menemukan bahwa tahanan hilang dari sel mereka dan enam orang melarikan diri," kata juru bicara polisi Eli Levy, dikutip dari The Jerusalem Post, Selasa (7/9).

Petugas Keamanan Shin Bet telah menempatkan sekitar 200 penghalan jalan di seluruh Israel untuk menangkap para tahanan yang kabur. Pasukan keamanan juga menggunakan unit khusus dalam pencarian yang melibatkan anjing pelacak.

"Tujuan kami adalah menangkap dan menangkap mereka. Selama ada kemungkinan mereka berada di Israel," katanya.

Keenam tahanan ini diyakini kabur dari sel tahanan mereka dengan menggali terowongan atau lubang di lantai kamar mandi. The Jerusalem Post mengungkapkan bahwa mereka menggunakan sendok berkarat yang mereka sembunyikan di balik poster.

Walla News mewartakan, hasil penyelidikan awal insiden tersebut menemukan bahwa sipir di menara penjaga sedang tertidur. Usai lepas dari penjara, keenam tahanan ini diyakini melarikan diri menggunakan mobil yang telah menunggu di luar.

Enam orang tersebut adalah tahanan di penjara Gilboa yang dinilai ketat dan memiliki keamanan tinggi. Mengutip Walla News, tahanan tersebut menggali terowongan selama setahun menggunakan sendok berkarat.