Brilio.net - Negeri Paman Sam sedang dirundung duka. John Glenn, astronot pertama yang berhasil mengorbit bumi dikabarkan meninggal pada usia 95 tahun.

Sebagaimana diwartakan oleh laman DailyMail, Jumat (9/12), Glenn meninggal pada Kamis sore di University Wexner Medical Center, Columbus, Ohio, Amerika Serikat. Pria yang juga mantan senator itu menghembuskan napas terakhirnya setelah seminggu dirawat, sayangnya sampai Glenn meninggal belum diketahui penyakit yang dideritanya.

astronot pertama amerika serikat meninggal dunia © 2016 dailymail




Glenn meninggalkan seorang istri, anaknya yang bernama John Glenn Jr, Carolyn, dan cucu-cucunya. Kepergian Glenn tentunya menjadi duka tersendiri bagi rakyat AS.

Presiden Obama lewat pernyataan resminya mengatakan, "Astronot pertama telah meninggalkan kita. Lewat jasa dan teladannya, kita tahu bahwa masa depan kita di bumi ini mengharuskan kita untuk terus berusaha mencapai langit," ucap Obama.

astronot pertama amerika serikat meninggal dunia © 2016 dailymail




Sementara itu presiden AS terpilih, Donald Trump, selain mengungkapkan rasa kehilangannya, ia juga mengungkapkan rasa hormatnya terhadap jasa-jasa Glenn.

"Ketika Pearl Harbor diserang, seorang pria yang segera meminta untuk membela negaranya adalah John Glenn. Selama tujuh dekade berikutnya ia mengabdikan hidupnya untuk melayani AS lewat kokpit jet tempurnya. Masa-masa sulit. Dalam keheningan dari pesawat ruang angkasa Mercury-nya," ujar Donald Trump.

astronot pertama amerika serikat meninggal dunia © 2016 dailymail




Selama hidupnya, John Glenn pernah turut serta dalam Perang Dunia II. ia mengambil bagian dalam pertempuran sebagai pilot Korps Marinir dalam Perang Pasifik. Glenn juga pernah melakukan dua tugas tempur selama Perang Korea. Total, ia telah menjalani 149 misi tempur.

Setelah itu, Glenn lulus ujian untuk menjadi astronot NASA. Ia masuk dalam astronot group pertama yang tergabung dalam Proyek Mercury, sebuah proyek yang dipilih melalui kriteria yang sangat ketat oleh NASA.

astronot pertama amerika serikat meninggal dunia © 2016 dailymail




Pada 20 Februari 1962, bersama Friendship 7, John Glenn menjadi warga AS pertama yang mengorbit dan mengitari bumi sebanyak tiga kali.
Selain itu, John Glenn juga memegang rekor sebagai orang tertua yang pernah mengorbit ke luar angkasa.

Kemudian pada tahun 1998, John Glenn pernah dikirim kembali ke luar angkasa bersama pesawat Discovery. Saat itu usianya menginjak 77 tahun.