Brilio.net - Pemerintah China membangun rumah sakit khusus untuk pasien virus Corona. Rumah sakit ini dibangun dalam waktu yang cukup singkat demi menampung pasien terjangkit virus Corona. Salah satu rumah sakit yang dibangun yakni Rumah Sakit Huoshenshan di Wuhan.

Uniknya, rumah sakit yang dibangun kurang dari 10 hari ini arsiteknya kelahiran Indonesia lho. Ahli arsitektur bernama Profesor Huang Xiqiu diketahui lahir di Indonesia, 79 tahun lalu.

Ha ini diungkap oleh juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying dalam jumpa pers di Beijing.

arsitek rumah sakit virus corona kelahiran Indonesia © 2020 berbagai sumber

foto: uia-phg.org

Loading...

"Profesor Huang Xiqiu lahir di Indonesia 79 tahun lalu dan kemudian dia pulang ke China. Dia menguasai betul arsitektur, terutama aristektur medis dan sudah menyumbangkan peran penting dalam memerangi SARS dan wabah ini," kata Hua, seperti dilansir laman resmi Kementerian Luar Negeri China, Sabtu (8/2).

"Tentu saja Prof Huang punya kenangan indah atas tempat kelahirannya. Kami berharap hubungan China-Indonesia akan semakin erat dan membuahkan hasil yang lebih baik."

arsitek rumah sakit virus corona kelahiran Indonesia © 2020 berbagai sumber

foto: merdeka.com

Rumah Sakit Huoshenshan mulai dibangun pada 25 Januari lalu dan rampung pada 3 Februari lalu alias dalam 10 hari di atas tanah seluas 60.000 meter persegi.

Tim konstruksi rumah sakit ini sendiri melibatkan 7.000 pekerja dengan sejumlah peralatan seperti truk dan kendaraan ekskavator. Pemerintah kota perlu membangun rumah sakit darurat dengan cepat menggunakan unit prefabrikasi untuk mengurangi kekurangan tempat tidur rumah sakit dan persediaan medis.

Rumah sakit itu memiliki daya tampung 1.000 hingga 1.600 tempat tidur dan dijalankan oleh 1.400 pekerja medis militer serta memiliki 30 unit ruang perawatan intensif.

RECOMMENDED BY EDITOR