Brilio.net - Pimpinan Katalan Carles Puigdemont mengatakan kepada BBC bahwa wilayahnya akan segera mengumumkan kemerdekaannya dari Spanyol pada hari yang tepat.

Ini setelah pemerintah setempat mendapatkan hasil referendum. Dari referendum yang dilaksanakan, 90 persen dari 2,26 juta orang yang memberikan suara memilih untuk merdeka dari Spanyol.

Nah, untuk mengetahui seperti apa Katalan dan bagaimana krisis yang terjadi sehingga membuat masyarakatnya memilih merdeka dari Spanyol, berikut enam fakta yang dihimpun brilio.net dari sejumlah sumber.

1. Punya Bahasa Sendiri.

Katalunya © 2017 brilio.net-Katredal of Saint Eulalia, Barcelona. (foto: Wikipedia)

Loading...

Meski masuk wilayah Spanyol, masyarakat Katalan tidak menggunakan bahasa nasional sebagai bahasa resmi mereka. Pada masa kekuasaan Jenderal Francisco Franco sempat diperintahkan kepada masyarakat Katalan memakai bahasa nasional Spanyol. Tetapi pembangkangan diam-diam dilakukan masyarakatnya.

Pada sensus 2001 ditemukan 75 persen masyarakat Katalan bicara dengan bahasa Katalan. Dan bahasa tersebut menjadi bahasa utama di sekolah-sekolah wilayah tersebut.

2. Katalan Sumbang 20% GDP Spanyol.

Katalunya © 2017 brilio.net

Park Guell, Barcelona. (foto: wikipedia)

Wilayah ini menjadi penyumbang 20% GDP Spanyol. Nilai ekspor dari Katalan berada di kisaran 25 persen dari total aktivitas ekspor Spanyol. Meski sumbangsih ekonominya terbilang tinggi, tapi pemerintah Spanyol dinilai tidak memberikan kontribusi berarti bagi kesejahteraan Katalan.

3. Isu Keuangan.

Katalunya © 2017 brilio.net

foto: express.co.uk

Masih berkaitan dengan ekonomi, salah satu yang menjadi alasan utama pro-kemerdekaan Katalan berpisah dari Spanyol adalah jurang atau perbedaan penerimaan yang diterima Katalan. Pihak pro-kemerdekaan menilai antara pajak yang dibayarkan masyarakat Katalan dengan apa yang mereka dapat dari layanan pemerintah cuma mencapai tidak lebih dari 10 juta euro.

4. Terbagi 4 Provinsi, Barcelona paling terkenal.

Katalunya © 2017 brilio.net

foto: wsj.net

Jika menyebut Katalan, maka ingatan orang hanya akan tertuju kepada Barcelona. Tetapi, selain Barcelona yang memiliki populasi terbesar 5,5 juta jiwa, Katalan juga memiliki tiga provinsi lainnya, Girona (752 ribu populasi), Lleida (439 ribu), dan Tarragona (805 ribu).

5. Memiliki Simbol Nasional Sendiri.

Katalan © 2017 brilio.net

foto: pixabay.com

Selain mempertahankan bahasa Katalan, wilayah ini juga memiliki simbol nasional sendiri. Benderanya disebut Senyera, Hari Nasionalnya diperingati tiap 11 September. Lagu nasionalnya adalah Els Segadors. Katalan juga memiliki tradisi St George's Day yang biasa dirayakan di seluruh kota Katalan. Perayaan diisi tukar buku dan mawar di antara pasangan atau anggota keluarga.

6. Markasnya Barcelona.

Katalunya © 2017 brilio.net

foto: espn.com

Penggila bola sudah barang tentu mengenal klub sepak bola Barcelona. Nah klub ini masuk ke dalam wilayah Katalan. Sudah barang tentu jika Katalan benar-benar merdeka, maka nasib Lionel Messi dkk di kompetisi La Liga Spanyol menjadi pertanyaan.

Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu menyatakan pihaknya akan melakukan langkah diskusi kemungkinan meninggalkan La Liga jika Katalan benar-benar memilih merdeka dari Spanyol. Barca disebut-sebut bisa saja bermain di liga lain Eropa, seperti Inggris, Prancis dan Italia.

Wah, wah, seru ya membaca peristiwa aktual dunia. Jadi sedikit tahu kan bagaimana krisis kebangsaan sejatinya melanda belahan dunia manapun imbas dari masifnya informasi dan dunia yang semakin terbuka.

RECOMMENDED BY EDITOR