Brilio.net - Beberapa tahun terakhir, isu perebutan wilayah di Laut China Selatan (LCS) semakin memanas. Akar masalah sebenarnya adalah pada tahun 1970-an, China dan Vietnam terlibat konflik perebutan wilayah Kepulauan Spratly dan Paracels. Namun makin menggilanya ambisi China menguasai LCS membuat negara lain seperti Filipina, Malaysia bahkan Brunei merasa terancam. Penambahan armada perang masing-masing negara seakan memberi sinyal, perang siap terjadi kapan saja.

Sebenarnya apa sih yang ada di dalam wilayah LCS tersebut hingga terasa begitu istimewa dan jadi rebutan beberapa negara? Berikut 5 keistimewaan LCS yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (21/7).

1. Laut China Selatan merupakan lalu lintas perdagangan internasional. Setiap tahunnya, diperkirakan nilainya ribuan triliun rupiah.

LCS Rebut © 2016 brilio.net



2. Kaya akan cadangan minyak bumi dan gas alam. Menurut analisis Pemerintah Amerika Serikat disana setidaknya ada cadangan 11 Miliar barel minyak bumi dan 190 triliun kaki kubik gas alam.

LCS Rebut © 2016 brilio.net



3. 90% lalu lintas pengangkutan minyak bumi dari Timur Tengah ke Asia hingga 2035 diperkirakan melewati LCS. Seperti diketahui minyak bumi punya nilai yang wow dan fungsi yang luar biasa untuk menyuplai energi suatu negara.

LCS Rebut © 2016 brilio.net



4. Tempatnya sangat strategis karena berada di sekitar banyak negara. Menguasai LCS bisa berarti mengisolasi wilayah sekitar negara lain, secara militer.

LCS Rebut © 2016 brilio.net



5. Selain kaya minyak dan gas, di LCS terutama di Kepulauan Natuna yang merupakan milik Indonesia juga kaya akan sumber daya ikan.

LCS Rebut © 2016 brilio.net