Brilio.net - Setiap tahunnya Forbes merilis daftar orang-orang yang masuk ke dalam deretan orang terkaya di dunia dengan jumlah nominal kekayaan yang prestisius.

Meski setiap tahunnya daftar nama yang masuk sebagai orang terkaya mengalami perubahan, namun sejarah mencatat ada orang-orang tertentu yang kekayaannya belum bisa tertandingi sampai hari ini. Orang-orang itu kemudian dijuluki sebagai orang terkaya sepanjang sejarah.

PERLU KAMU BACA: 15 Hal yang dilakukan orang Indonesia kalau mendadak jadi miliarder

Siapa saja mereka? Lalu apa yang membuat mereka menjadi orang terkaya sepanjang sejarah?

Nah, berikut adalah 10 orang terkaya sepanjang sejarah seperti dilansir brilio.net dari Times, Senin (1/2):


1. Genghis Khan

Pemimpin kerajaan mongol, Genghis Khan, menjadi salah satu pemimpin yang paling berhasil di dunia. Kemampuannya di bidang militer tentunya tidak diragukan lagi. Kekuasaannya meliputi China hingga ke Eropa pada tahun 1227. Dia tercatat sebagai pemimpin yang paling murah hati dan banyak disukai. Barang rampasannya bernilai milyaran rupiah namun semua dibagikan kepada bawahannya.

"Salah satu kunci kesuksesan Khan adalah membagi barang rampasannya kepada prajurit dan komandonya," jelas Morris Rossabi, seorang sejarawan dari CUNY Queens College.


2. Bill Gates

Nama pendiri Microsoft, Bill Gates, juga hadir dalam deretan orang terkaya di dunia. Suami dari melinda Gates ini tercatat memiliki kekayaan sebesar USD 78,9 miliar atau senilai dengan Rp 1.059 triliun pada tahun 2015 versi Forbes.


3. Alan Rufus

Berasal dari Inggris, Alan Rufus mencatat dirinya sebagai salah satu orang paling kaya sepanjang sejarah dengan catatan kekayaan mencapai 11.000 poundsterling atau senilai dengan Rp 2.725 triliun.


4. John D Rockerfeller

Karir Rockerfeller di industri perminyakan dimulai pada tahun 1863 hingga 1880 yang ternyata membawa namanya ke dalam deretan orang terkaya sepanjang masa. Pada tahun 2014, dirinya tercatat memiliki kekayaan senilai USD 341 miliar yang jika dirupiahkan senilai dengan Rp 4.632 triliun.


5. Andrew Carnegie

Andrew Carnegie tercatat sebagai salah satu warga sipil Amerika Serikat (AS) yang terkaya sepanjang masa. Pada tahun 1901 dia menjual perusahaannya, AS Steel yang setara dengan USD 372 miliar atau senilai dengan Rp 5.362 triliun.

KLIK NEXT UNTUK LIHAT 5 ORANG PALING TAJIR LAINNYA.. SUMPAH BIKIN NGILER KALAU PUNYA HARTA KEKAYAAN SAMPAI SEGITUNYA ~

2 dari 2 halaman




6. Joseph Stalin

Pemimpin Uni Soviet, Joseph Stalin juga tak lepas dari daftar orang terkaya sepanjang masa. Dilihat dari data OECD, menunjukkan bahwa pada tahun 1950, pria yang hidup di tahun 1878 hingga 1953 ini, tiga tahun sebelum kematian Stalin, Uni Soviet mencapai puncak kejayaan dengan menyumbang pengaruh kepada ekonomi dunia sebanyak 9,5 %. Hingga tahun 2014 kekayaannya tercatat mencapai USD 7,5 triliun atau setara dengan Rp 101887,5 triliun. Angka yang cukup fantastis bukan?


7. Akbar I

Akbar I, salah seorang penguasa India pada saat Dinasti Mughal. Data ekonomi Branko Milanovic mencatat bahwa Akbar I adalah raja terkaya yang pernah memimpin India. Diperoleh dari hasil penelitian sejarawan ekonomi, Angus Maddison mencatat bahwa pengaruh Akbar I terhadap ekonomi dunia sebanding dengan Ratu Elizabeth dari Inggris.


8. Emperor Shenzong

Hidup antara tahun 1048 hingga 1085, Emperor Shenzong, tercatat sebagai salah satu orang terkaya sepanjang masa. Di bawah pimpinan Shenzong, Dinasti Song di China mengalami masa kejayaan dengan menyumbang antara 25% hingga 30% terhadap ekonomi dunia. Ronald A Edwards dari Tamkang University mencatat kekayaan kerajaan pada saat Dinasti Song datang dari inovasi teknologi dan keterampilan pemerintah China memungut pajak.


9. Augustus Caesar

Orang terkaya berikutnya adalah seorang penguasa dari Roma. Menurut Ian Morris, profesor dari Stanford University, kekayaan yang dimiliki oleh Augustus Caesar mencapai USD 4,6 triliun atau senilai dengan Rp 62.491 triliun. Bisa bayangin kan, seberapa kaya Augustus Caesar?
 
 
10. Mansa Musa

Kajian tentang kekayaan Mansa Musa pernah dilakukan oleh profesor dari University of Michigan bernama Rudolph Ware yang menjelaskan bahwa pria yang hidup dari tahun 1280 hingga 1337 ini adalah orang terkaya sepanjang sejarah. Dari catatan sejarah diperoleh bahwa Raja Timbuktu ini menguasai pertambangan emas terbesar di Afrika dan seluruh kerajaannya terbuat dari emas.